Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

20 MANFAAT TOMAT UNTUK MENJAGA KESEHATAN TUBUH

Manfaat Tomat

Tomat adalah buah yang memiliki 2 fungsi dalam kehidupan sehari-hari, yakni sebagai buah yang sering dijadikan jus dengan cita rasa menyegarkan dan dijadikan sebagai bahan pelengkap kuliner baik sebagai bahan utama maupun hanya hiasan yang bisa mempercantik masakan.

Buah yang banyak memberikan fungsi untuk kegiatan kuliner ini, ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian orang mungkin sudah tahu akan khasiat buah dengan kulit tipis dan licin ini sehingga sering mengonsumsi jus tomat setiap hari. Tomat tidak hanya mampu memberikan efek segar pada makanan tapi juga memberikan beberapa efek positif pada organ tubuh, seperti mampu menjaga mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi UV, menjaga kulit agar tetap segar dengan meregenerasi setiap sel kulit dengan sempurna.

Bahkan banyak wanita yang menggunakannya sebagai bahan untuk masker wajah karena dalam kandungan tomat terdapat senyawa aktif yang mampu menghentikan pertumbuhan jerawat dan mampu merawat setiap sel wajah.

Tomat memiliki banyak kandungan nutrisi, gizi dan senyawa aktif yang apabila dikonsumsi secara rutin dan dengan kadar yang pas mampu menjauhkan diri dari beberapa penyakit ganas serta memberikan kesehatan yang optimal.

Kandungan Buah Tomat
AirEnergi
ProteinKarbohidrat
SeratGula
KalsiumZat Besi
MagnesiumFosfor
KaliumSodium
SengVitamin C
Vitamin B1Vitamin B2
Vitamin B3Vitamin B-6
FolatVitamin B-12
Vitamin AVitamin E
Vitamin DVitamin K
Lemak JenuhLemak Tak Jenuh

Terhitung semua nutrisi yang tubuh butuhkan ada didalam buah tomat. Secara tidak sadar dengan Anda mengonsumsi buah dengan tinggi pohon maksimal 3 meter ini nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Kebanyakan orang mengonsumsi tomat dengan cara dimasak bersamaan dengan bahan makanan lain, ini akan cukup merugikan karena kandungan nutrisi dan gizi dalam buah tomat sudah berkurang karena proses memasak yang menggunakan suhu panas berlebih. Untuk itu apabila Anda menginginkan manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh lebih baik dikonsumsi secara langsung dan dengan sarat kondisi buah tetap segar dan tidak mengandung bahan kimia atau bakteri berbahaya.

Secara otomatis buah tomat akan memberikan manfaat untuk tubuh dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak. Karena setiap kandungan dalam buah tomat akan memberikan efek positif yang berbeda pada tubuh. Ada yang memperbaiki sel, menjaga organ dalam tubuh, menstabilkan hormon, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, meningkatkan fungsi organ dalam, menjaga usus dan lain sebagainya. Untuk lebih detailnya tomat akan memberikan manfaat berupa :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan lycopen dalam buah tomat mampu memperkuat sel imun serta menjadi antioksidan alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas.
  2. Membantu meningkatkan kinerja ginjal. Kandungan air yang ada didalam buah tomat akan melancarkan penyaringan insulin dalam ginjal.
  3. Menjaga usus dari bakteri yang dibawa oleh makanan yang dikonsumsi serta melancarkan sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh tidak akan mengalami diare atau penyakit sembelit.
  4. Tomat mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam darah sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia. Lihat Juga : 21 Manfaat Buah Zaitun
  5. Menjaga mata dari kerusakan retina serta mampu menjaga penglihatan mata agar tetap tajam.
  6. Menjauhkan tubuh dari pertumbuhan sel abnormal seperti kanker, kandungan lycopen yang menjadi sorotan para ahli dalam mencari fungsinya ini ternyata dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas dan kanker otak
  7. Buah tomat dapat dijadikan sebagai solusi untuk menurunkan berat badan, kandungan serat dan karbohidrat alami dapat memberikan efek kenyang serta sifatnya yang tidak akan memberikan asupan kalori dan kolestrol penyebab obesitas.
  8. Bisa digunakan sebagai antiinflamasi alami. Kebanyakan orang terdahulu menjadikan buah tomat sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan adanya peradangan. Kandungan bioflavonoid dapat mengurangi rasa sakit pada organ yang mengalami peradangan biasa maupun kronis.
  9. Sebagai cara untuk mengatasi hipertensi. Kandungan potasium atau kalium dalam tomat mampu menjaga kestabilan aliran darah.
  10. Mengencangkan pori-pori wajah sehingga wajah tidak akan mengalami minyak berlebih.
  11. Dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh.
  12. Kandungan Vitamin E dalam buah tomat akan berfungsi sebagai pelindung oksigen untuk sampai ke seluruh organ dalam tubuh.
  13. Menjadikan penyembuhan luka pada iritasi dengan cepat dengan kandungan seng didalam buah tomat.
  14. Seng dalam tomat juga mampu menjaga kaum pria dari kerusakan kelenjar prostat yang bisa saja menimbulkan kanker prostat yang berlebih.
  15. Tomat bisa digunakan sebagai cara untuk menyuburkan reproduksi pria maupun wanita karena tomat akan membantu spermatogenesis.
  16. Sangat bagus untuk masa kehamilan, tomat akan membantu penyempurnaan pembentukan gen DNA pada janin dengan bantuan Zinc atau seng didalam buah tomat.
  17. Membantu tulang dalam memperbarui sistem jaringannya sehingga tulang baru akan tumbuh secara sempurna. Alasannya adalah kandungan vitamin D yang melimpah dalam buah tomat.
  18. Dapat menghindarkan wanita dari penyakit kanker payudara karena tomat mengandung vitamin D yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan tidak memberikan ruang untuk sel kanker melakukan penggAndaan.
  19. Memperkuat ingatan otak dengan membantu transmisi sinyal saraf sehingga mudah untuk melakukan kegiatan secara spontan dan cepat.
  20. Mencegah terjadinya penyakit stroke, Vitamin K dalam tomat akan mencegah pembekuan darah sehingga aliran darah selalu lancar.

Sangat banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dengan mengonsumsi buah tomat secara rutin. Sebaiknya konsumsi tomat yang tidak mengandung radikal bebas dan tumbuh jauh dari polusi kota. Sebab tomat yang banyak mengandung virus malah akan memberikan efek buruk pada tubuh Anda.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh buah tomat, banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu bahan obat herbal. Salah satu contohnya adalah Amazon Plus yang memadukan tomat dengan ke 5 lima buah lainnya sehingga memiliki khasiat yang luar biasa.

Semoga dengan Anda membaca artikel tentang Khasiat Tomat Bagi Kesehatan tubuh akan senantiasa meningkatkan keinginan Anda untuk lebih menyukai buah tomat. ūüėČ

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.