4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes Tipe 2

diabetesMakanan Penyebab Diabetes – Memilih makanan yang tepat sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama sangat berpengaruh terhadap resiko terjadinya penyakit diabetes. Hal tersebut terungkap pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 20.000 orang di negara Belanda, yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition. Hal ini menunjukan mengkonsumsi junk food seperti minuman ringan, kentang goreng, keripik dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 70 persen.

Seorang medical director of Amitabha Medical Clinic in California, Dr. Ishak Eliaz mengungkapkan diet merupakan yang paling penting. “Jika seseorang ingin mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2, maka harus melakukan strategi dengan merubah pola makan, kemudian bersamaan melakukan olah raga dan mengatur tingkat stres.” Untuk mengatur pola makan yang sehat, patut dihindari keempat jenis makanan ini, keempat jenis makanan ini dapat memicu resiko diabetes tipe 2.

Makanan yang dapat memicu penyakit diabetes tipe 2

1.Kadar karbohidrat yang tinggi

Tingginya kadar karbohidrat seperti yang terdapat pada tepung putih, gula putih, nasi putih, apabila dikonsumsi berlebihan maka dapat memicu tingginya kadar gula dalam darah. “Kalori tanpa nutrisi dengan kadar gula yang tinggi merupakan pemicu utama penyakit diabetes,” Kata Eliaz. Untuk itu harus sebisa mungkin mengurangi makanan yang mengandung kadar karbohidrat yang tinggi, karena karbohidrat mudah dicerna sehingga dapat menyebabkan naiknya kadar gula dan kadar insulin.

Baca Juga : Cara Mengetahui Gejala Diabetes

Sebuah study dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2007, mengkonsumsi karbohidrat yang tinggi meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 21 % pada wanita cina. Untuk itu batasi asupan makanan yang terbuat dari karbohidrat seperti roti, muffin, kerupak, dan pasti.

2. Minuman gula/manis

Minuman manis seperti soda, teh manis, dan limun sangat berhubungan dengan meningkatnya resiko seseorang terkena diabetes tipe 2,” ungkap Jill Weisenberger, MS, RD, CDE, dan seorang penulis buku Diabetes Weight Loss: Week by Week,” mungkin karena berlebihnya kadar kalori menyebabkan obesitas dan karena kadar gula dalam darah tinggi dapat meningkatkan resistensi insulin.

Menurut sebuah hasil study pada tahun 2010 di diabetes care, mengkonsumsi 1 hingga 2 gelas minuman manis per hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 26 %, dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi kurang dari satu porsi per hari. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah dengan mengurangi asupan minuman manis, termasuk jus buah yang manis manis.

3. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, kolesterol tinggi merupakan faktor resiko penyakit diabetes. Lemak trans terdapat pada makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng di restoran, sementara lemak jenuh dapat ditemukan pada daging berleak, mentega, susu dan keju.

Weisenberger menyarankan, untuk mengurangi lemak jenuh, mengkonsumsi makanan yang dimasak dan dipanggang dengan minyak zaitun dan minyak canola, cemilan kacang, pilih daging tanpa lemak dan tanpa kulit.

4. Daging merah dan daging olahan

Makanan terakhir yang dapat memicu diabetes adalah daging merah dan daging olahan. Daging olahan seperti bacon, hot dog, dan daging deli sangat buruk bagi kesehatan karena mengandung kadar natrium dan nitrit yang tinggi.

Sebuah study pada tahun 2011 dari The American Journal of Clinical Nutrition, para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi 3 ons daing merah per harinya dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 19 %. Untuk itu sebisa mungkin mengurangi mengkonsumsi makanan daging merah dan daging olahan agar terhindari dari penyakit diabetes.

Baca juga artikel terkait tentang Faktor faktor yang dapat menyebabkan diabetes.

Untuk itu hindari makanan penyebab diabetes diatas dan beralih lah ke makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi seperti, ikan salmon, ikan keceil seperti sarden, daging ayam dan telur, sangat baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menghindari terjadinya penyakit diabetes pada diri Anda.

sumber : www.healthline.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.