Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

7 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang terdapat didalam tubuh serta dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Banyak jenis makanan yang sangat baik untuk melindungi tubuh terhadap bahaya oksidasi termasuk dalam program diet bagi penderita penyakit gagal ginjal.

Makanan yang sehat dibantu dengan program diet dari ahli diet ginjal sangat penting bagi penderita penyakit gagal ginjal. Selain menjaga kesehatan ginjal, juga dapat mengurangi resiko penyakit lainnya seperti penyakit kardiovaskular. Berikut adalah makanan makanan sehat bagi penderita gagal ginjal.

1. Paprika merah

paprika makanan penderita gagal ginjal1/2 cangkir paprika merah mengandung = 1 mg sodium, 88 mg potasium, 10 fosfor mg

Parprika memiliki kandungan vitamin  C, vitamin A, Vitamin B6, Asam Folat dan serat yang baik bagi penderita penyakit gagal ginjal.  Selain itu paprika merah juga mengandung senyawa lycopene, sebagai antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari bahaya penyakit kanker.

2. Bawang putih

1 siung bawang putih memiliki kandungan = 1 mg sodium, 12 mg kalium, 4 fosfor mg

Selain sangat baik untuk kesehatan ginjal, bawang putih juga memiliki manfaat dalam membantu mencegah plak pada gigi Anda, menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan.

Baca Juga : Obat Herbal Gagal Ginjal Ampuh

3. Buah Apel

1 Buah apel dengan kulit = 0 natrium, 158 mg kalium, 10 fosfor mg

Buah apel dikenal berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol, mencegah sembelit, melindungi tubuh dari bahaya penyakit jantung serta mengurangi resiko penyakit kanker. Selain itu kandungan senyawa yang terdapat pada buah apel memiliki sifat anti-inflamasi serta dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan ginjal.

4. Blueberry

1/2 cangkir blueberry segar = 4 mg natrium, 65 mg potasium, 7 mg fosfor

Buah blueberry tinggi akan kandungan fitonutrien antioksidan yang terdapat pada senyawa anthocyanin, yang memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi. Selain itu buah blueberry juga kaya akan vitamin C, mangan (senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan tulang), dan serat.

5. anggur merah

1/2 cangkir anggur merah = 1 mg sodium, 88 mg kalium, 4 fosfor mg

Buah anggur merah memiliki kandungan flavonoid yang memiliki manfaat melindungi tubuh terhadap kerusakan ginjal, penyakit jantung serta mencegah terjadinya stres oksidasi dan mengurangi pembentukan pembekuan pada darah.  Sebuah flavonoid yang ditemukan pada buah anggur yaitu senyawa Resveratrol dapat meransang produksi oksida nitrat yang dapat membantu merileksasi sel sel otot pembuluh darah sehinggat aliran darah akan meningkat. Flavonoid ini juga dapat memberikan perlindangan terhadap kanker dan mencegah terjadinya peradangan.

6. Ikan

3 ons salmon liar = 50 mg sodium, 368 mg kalium, 274 mg fosfor

Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi serta kadar lemak yang sehat. Ikan memiliki kandungan omega-3, yaitu lemak sehat yang dapat membantu memerangi penyakit seperti jantung dan kanker serta memiliki sifat anti-inflamasi. Omega-3 juga membantu menurunjan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol barik).

The American Heart Association1 dan American Diabetes Association2 merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Kandungan omega-3 tertingga terdapat pada ikan tuna, herring, makarel, trout dan salmon.

Baca juga artikel mengenai Tanda tanda terkena gagal ginjal

7. Minyak zaitun

1 sendok makan minyak zaitun = kurang dari 1 mg sodium, kurang dari 1 mg kalium, fosfor 0 mg

Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat, asam lemak anti-inflamasi. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun melindungi terhadap stres oksidasi yang dapat merusak organ ginjal. Minyak zaitun kaya akan polifenol dan senyawa antioksidan yang dapat mencegah terjadinya peradangan dan stres oksidasi. Sebuah hasil study menunjukan pada sebuah populasi yang menggunakan minyak zaitun memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan kanker dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Bagi penderita ginjal memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, karena ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik dalam menyaring limbah dari hasil makanan yang kita makan. Untuk itu perlu diperhatikan menu makanan yang dimakan, dan masukan ke tujuh makanan sehat diatas agar dapat membantu proses pemulihan ginjal anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.