7 Menu Makanan Pencegah Kanker Darah atau Leukimia yang Alami

Penyakit kanker darah atau sering disebut dengan leukimia ini adalah salah satu penyakit mematikan yang menyerang sistem kekebalan manusia. Penyakit kanker ini merusak kinerja fungsi sel darah putih (leukosit), sistem limfatik, dan sumsum tulang belakang yang merupakan tempat sel darah putih diproduksi.

Leukimia akan merusak sistem produksi sel darah putih sehingga sel darah putih yang dihasilkan menjadi cacat dan tidak mampu bekerja dengan baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Penyakit kanker darah atau leukimia ini sering menyerang anak anak sampai remaja, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Penyebaran dari kanker darah atau leukimia ini bersifat sangat kompleks dan berlangsung dalam waktu yang relatif cepat. Oleh karena itu kanker darah atau leukimia ini termasuk kanker yang mematikan dan berbahaya apabila tidak segera ditangani.

Daftar Menu Makanan Pencegah Kanker Darah atau Leukimia yang Alami

Upaya pencegahan adalah yang terbaik untuk dilakukan bagi Anda sebelum terkena penyakit yang berbahaya ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan menu makanan pencegah kanker darah atau leukimia yang alami.

  1. Buah Stroberi

Berdasarkan hasil penelitian terhadap buah jenis berry satu ini ternyata stroberi mampu memberikan efek terapi pengobatan penyakit kanker darah atau leukimia. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat dua senyawa yang dapat menghambat sel kanker berkembang yaitu amine dan asam tanat.

Selain itu makanan pencegah kanker darah atau leukimia ini juga kaya akan nutrisi dan vitamin seperti asam amino, asam sitrat, zat pectine, vitamin C, monosakarida, dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Buah Tomat

Tidak dapat dipungkiri bahwa buah yang satu ini merupakan salah satu bahan makanan yang wajib ada di menu makanan masyarakat Indonesia. Ternyata buah tomat memiliki senyawa flavonoid dan likopen yang ampuh sebagai anti oksidan pencegah sel kanker.

Buah tomat yang berwarna oranye kemerahan menunjukkan kadar likopen yang tinggi dan akan lebih baik penyerapannya di dalam tubuh jika tomat dimasak terlebih dahulu daripada dimakan mentah mentah. Makanan pencegah kanker darah atau leukimia dari buah tomat ini sangat mudah untuk dikonsumsi setiap hari sebagai menu makanan anda.

Baca lebih lanjut : 20 Manfaat Buah Tomat

  1. Lobak

makanan pencegah kanker darahUmbi satu ini mungkin jarang difavoritkan kebanyakan orang untuk dijadikan menu makanan karena rasanya yang getir dan pahit. Namun dibalik rasanya yang tidak enak itu rupanya terkandung khasiat yang baik untuk mencegah penyakit kanker darah atau leukimia yang sedang kita bahas kali ini.

Di dalam umbi lobak terkandung senyawa sulforaphane yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menyehatkan sel darah putih sehingga dapat menolak tumbuhnya sel kanker. Sebagai contoh adalah masyarakat Korea dan Jepang yang menjadikan lobak sebagai menu makanan sehari hari, ternyata angka penderita kanker darah atau leukimia sangat rendah disana.

Lihat Juga : 5 cara mencegah penyakit kanker darah

  1. Kubis Merah

Jenis kubis yang baru baru ini dikenal sudah mulai banyak disukai oleh masyarakat untuk dikonsumsi, bentuk kubis ini sama dengan kubis hijau yang biasanya. Kubis merah ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan pencegah kanker darah atau leukimia yang ampuh karena adany kandungan zat sulforaphane di dalamnya.

Senyawa sulforaphane ini sangat baik dalam mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh manusia dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Cara mengkonsumsi kubis ini cukup dengan ditumis sebentar saja agar kandungan sulforaphanenya tidak hilang karena terlalu lama dimasak.

  1. Brussels Sprouts

Tanaman yang masih satu famili dengan kubis hijau itu termasuk ke dalam hasil persilangan tanaman yang berasal dari daerah Brussels dengan bentuk mirip kubis yang biasa ditemukan namun dengan ukuran yang lebih kecil dan warna lebih hijau. Berdasarkan hasil penelitian kubis ini memiliki senyawa sinigrin dan sulforaphane yang efektif untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kanker.

  1. Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui salah satu bumbu wajib masakan Indonesia itu termasuk dalam rempah rempah yang telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Di dalam bawang putih terdapat senyawa aktif yang dapat melawan sel kanker yaitu diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) yang merupakan senyawa sejenis sulfur yang dapat melindungi tubuh dari karsinogen penyebab kanker.

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang berbentuk tunas kembang ini kaya akan vitamin B dan zat kalsium yang banyak dijadikan olahan masakan karena cita rasa yang enak. Brokoli dapat menjadi makanan pencegah kanker darah atau leukimia yang efektif karena mengandung senyawa sulforaphane yang bekerja secara langsung ke aliran darah setelah melalui proses pencernaan di usus. Cukup rebus sebentar sayuran ini sampai cukup lunak untuk dimakan, karena terlalu lama merebus senyawa sulforaphane dapat menguap dan tidak berkhasiat lagi sebagai obat.

Lihat juga : Obat Herbal Kanker Darah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.