Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Apakah Benjolan Pada Payudara Merupakan Kanker Payudara?

Benjolan Pada PayudaraApakah Benjolan Pada Payudara Merupakan kanker payudara? – Memiliki benjolan pada bagian payudara ini bukan berarti juga memiliki kanker pada payudara, kebanyakan dari orang memiliki kepanikan yang berlebih sehingga menimbulkan stress dan memberikan peluang untuk berbagai penyakit mudah untuk masuk kedalam tubuh. Benjolan pada payudara ini juga dapat merupakan tumor jinak yang tidak berbahaya bila di tangani dengan segera. Pada benjolan benjolan dari payudara ini memiliki bentuk yang berbeda, perhatikan dari bentuk benjolan pada kelainan payudara di bawah ini.

  • Kista

Kista merupakan suatu kantung yang berisi cairan. Pada keadaan kista ini dapat di deteksi dengan mudah ketika perkembangan dari  kista ini semakin membesar. Memiliki ukuran sekitar 2,5-5 cm seseorang sudah dapat merasakannya adanya benjolan pada bagian payudara. Pada benjolan kista dan solid ini memiliki persamaan, sehingga menjadi sulit utuk di bedakan.

  • Fibrosis

Pada penelitian telah mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki kelainan pada fibrokistik  akan lebih mudah untuk terserang sel kanker pada tubuh. Dari fibrosis pada seseorang ini menimbulkan hasil yang beragam. Pada keadaan fibrosis ini hampir serupa dengan jaringan luka, bila di raba pada jaringan fibrosisi ini akan terasa kenyal, keras dan juga padat.

  • Kelainan fibrokistik

Biasanya munculnya benjolan yang berada pada payudara ini di sebabkan oleh kista maupun fibrosis yang merupakan perubahan sel sel yang tidak normal pada jaringan payudara yang bersifat kanker maupun non kanker.  Dari benjolan yang bersifat kelainan fibrokistik ini akan menimbulkan rasa sakit pada bagian payudara, dan bahkan pembengkakan pada bagian payudara.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah salah satu jenis tumor yang dapat dan sering di jumpai oleh kalangan wanita. Dari benjolan yang di akibatkan oleh fibroadenoma ini memiliki ciri ciri yang berpindah pindah tempat, bila benjolan tersebut di tekan akan terasa padat.  Pada benjolan fibroadenoma ini memiliki perkembangan yang dapat bertambah besar dengan cukup lama. Penelitian mengungkaplkan bahwa benjolan yang di sebabkan karena fibrroadenoma dapat meningkatkan resiko terkena kanker pada payudara di kemudian hari.

  • Intraductal papilloma

Pada benjolan ini termasuk suatu tomor jinak, yang bersifat non kanker yang dapat terjadi pada kelenjar susu. Intraductal papilloma ini biasanya akan menimbulkan benjolan yang besar yang terletak tidak jauh tang berada pada puting. Dari ukuran Intraductal papilloma ini dapat mencapai 1- 2cm dan tergantung dari mana benjolan tersebut itu tumbuh.

Baca juga info menarik tentang Tanda Pemulihan Dari Penyakit Kanker Payudara.

Penyebab dari munculnya kanker payudara

  1. Tidak dapat mengelola stress dengan benar
  2. Memiliki perubahan hormon pada seseorang
  3. Memiliki pola makan dan pola kehidupan yang kurang baik
  4. Memiliki postur tubuh yang berlebih
  5. Merokok dan selalu terpapar radiasi

Lihat lebih lengkap di Penyebab Payudara Bisa Terserang Kanker.

Pencegahan dari munculnya kanker payudara

Pencegahan ini sangat penting agar terhindar dari penyakit kanker payudara.

  1. Rajin melakukan olahraga
  2. Mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan hindari makanan yang memiliki bahan pengawet tinggi
  3. Lakkan jalan cepat
  4. Selalu melakukan olahraga pada bagian payudara
  5. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega -3

Saat seseorang memiliki hal sesuatu yang asing pada bagian payudarah , maka segeralah melakukan pengecekan terhadap dokter agar mendapatkan solusi yang terbaik dalam penanganan pada bagian benjolan yang terdapat di payudara. Mengetahui segera dari gejala dan penyebab kanker payudara ini akan membantu seseorang dalam menghindari terjadinya kanker payudara.

Source : breastcancer.org

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.