Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

11 Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung Bengkak

buah untuk mencegah jantung bengkak11 buah untuk mencegah jantung bengkak – Menjaga kesehatan jantung menjadi tugas penting bagi kita semua. Jantung merupakan organ yang sangat vital dimana fungsinya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dialirkan ke seluruh tubuh ini membawa nutrisi serta oksigen yang diperlukan oleh organ organ tubuh lainnya untuk menjalankan fungsinya.

Melihat pentingnya fungsi jantung bagi tubuh kita sangat perlu dijaga kesehatannya. Faktanya hingga saat ini gangguan kesehatan pada jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa penderitanya. Tak tanggung tanggung usia di bawah 50 tahun pun dapat menderita penyakit jantung. Penyakit gangguan pada jantung seperti jantung bengkak dan jantung koroner.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai buah buah yang dapat mencegah penyakit jantung bengkak. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat dimulai dari makan sehat dan teratur, rajin berolah raga serta menghindari rokok dan minuman beralkohol maka kesehatan jantung tetap terjaga.

Sebenarnya apa sih penyakit jantung bengkak itu? Jantung bengkak (kardiomiopati) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan terjadinya penebalan pada otot otot jantung. Otot jantung yang menebal ini dikarenakan kerja jantung yang ekstra kuat, biasanya akibat dari tekanan darah tinggi atau faktor lainnya.

Buah Yang Dapat Mencegah Jantung Bengkak

  1. Kulit Buah Manggis

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang memiliki antioksidan super. Antioksidan ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh manusia. Selain itu antioksidan dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah serta memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian kerja dari otot jantung berkurang dan resiko jantung bengkak semakin berkurang.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki khasiat yang ampuh seperti kemoterapi namun secara alami dan bahkan lebih kuat lagi. Daun sirsak memiliki senyawa acetogenins yang mampuh membunuh sel sel abnormal yang terdapat pada tubuh manusia, dapat mengontrol kadar kolesterol yang merupakan penyebab penumpukan plak pada pembuluh darah, dengan lancarnya peredaran darah dapat mengurangi kerja jantung.

  1. Buah Tomat

Buah berikutnya yang dapat mencegah jantung bengkak adalah buah tomat. Buah tomat mengandung senyawa yang bernama lycopenen dan flavonoid yang dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Dengan terkontrol nya kadar kolesterol dan trigliserida sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

  1. Buah Delima Merah

Buah delima memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang dapat menyehatkan organ jantung. Polifenol ini dapat mencegah aterosklerosis, mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengurangi kolesterol jahat / LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik / HDL.

  1. Buah Anggur

Buah anggur juga dapat membantu mengurangi resiko jantung bengkak. Karena kandungan flavonoid dan resveratrol dapat meningkatkan dan memperlebar pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

  1. Buah Apel

Buah apel mengandung fitonutrien serta pectin yang menjadi antioksidan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat /LDL dalam tubuh.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung senyawa kalium dan natrium yang memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

  1. Buah Stroberry

Buah stroberry kaya akan kandungan kalium, vitamin c dan kadar magnesium dimana bermanfaat dalam mengatur kadar tekanan dalam darah.

  1. Buah Mentimun

Buah mentimun mengandung beta-karoten. Yang dapat menjadi antioksidan dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.

  1. Buah Jeruk

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah jeruk juga mengandung hesperidin yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan dinding pembuluh darah.

  1. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta karoten dan glutathione yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko jantung bengkak.

Baca juga info penting mengenai Olah Raga yang Baik Bagi Penderita Jantung Bengkak.

Itulah ke 11 buah yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resiko jantung bengkak. Semoga informasi singkat ini dapat memberikan dampak yang besar bagi kesehatan kita semua terutama dalam mencegah penyakit jantung bengkak.

Sumber : www.health.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.