Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

9 Varian Buah Sebagai Sumber Vitamin C

Buah Sumber Vitamin CSalah satu penyusun sistem kekebalan tubuh pada manusia adalah vitamin C yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi sehai hari. Jika tubuh kita mengalami kekurangan vitamin C maka akan berdampak langsung terhadap daya tahan tubuh dan mudah mengalami inflamasi seperti sariawan, gusi berdarah, bibir pecah pecah, dan panas dalam.

Tentunya vitamin C menjadi nutrisi penting untuk tubuh yang perlu dipenuhi asupannya sehingga tubuh kita tetap sehat dan bebas dari masalah serta penyakit yang mengganggu. Dengan menjaga asupan vitamin C maka tubuh akan semakin kuat terhadap infeksi virus, jamur, dan bakteri penyebab penyakit.

9 Jenis Buah Sumber Vitamin C

Nah oleh karena itu kita pelru mengkonsumsi beberapa jenis buah yang merupakan sumber vitamin C, salah satunya adalah buah. Nah varian buah apa saja yang dapat menjadi sumber vitamin C untuk tubuh?

1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal buah dengan kulit berwarna jingga merona ini? Jeruk merupakan salah satu buah yang sering dijadikan jus untuk melepaskan dahaga  dan menyegarkan tubuh. Di dalam satu buah jeruk yang sudah matang mengandung 50 sampai 70 miligram vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sehari hari, selain itu jeruk juga mengandung anti oksidan, serat, dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah buahan tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dengan kadar air serta vitamin C yang tinggi ditambah asam folat (B9) dan vitamin A. Serat di dalam pepaya juga baik untuk melancarkan proses metabolisme pencernaan dalam melancarkan pembuangan air besar sehingga mencegah terjadinya sembelit.

3. Strawberry

Strawberry merupakan buah dengan kandungan anti oksidan tinggi serta vitamin C yang baik untuk tubuh dan sering diolah menjadi jus yang menyegarkan dengan cita rasa asam yang nikmat. Buahnya yang berwarna merah menandakan tingginya kadar anti oksidan dan serat alami yang baik untuk tubuh.

4. Kiwi

Buah kiwi merupakan buah khas negara australia dengan tekstur daging buah yang unik dan berwarna hijau ini sangat menarik jika melihatnya. Cita rasa asam manis yang dimilikinya menandakan kadar vitamin C yang tinggi serta kadar air dan serat alami yang baik untuk pencernaan.

5. Jambu Biji

Jus guava atau jambu biji merupakan salah satu minuman yang banyak diproduksi oleh produsen minuman kemasan karena rasanya yang khas dengan aroma yang menyegarkan ketika diminum. Kadar serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan sistem pencernaan.

6. Blewah

Vitamin C yang tinggi juga terdapat di dalam buah blewah, blewah ini bentuknya mirip dengan buah labu yang juga mengandung kadar serat tinggi ditambah pro-vitamin A dan kalium yang baik untuk pembuluh darah. Sehingga dengan mengkonsumsi blewah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan tekanan darah, dan menyehatkan fungsi ginjal.

7. Apel

Semua orang pasti mengenal varian buah yang satu ini karena rasanya yang menyegarkan dengan kadar anti oksidan jenis flavonoid yang tinggi. Apel juga mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan senyawa yang dapat mengoksidasi lemak jahat di dalam tubuh sehingga aman dari penyakit kolesterol yang berbahaya untuk tubuh.

8. Delima

Buah delima adalah buah yang banyak mengandung kadar air, serat dan vitamin C ditambah mineral lain seperti folat, serat, niasin, kalium, serta vitamin E, dan vitamin A. Anti oksidan antosianin di dalam delima dapat meredakan peradangan yang terjadi dan menghancurkan radikal bebas seperti plak kolesterol dan karsinogen penyebab kanker.

9. Alpukat

Buah yang kaya lemak nabati ini sangat baik untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh ditambah vitamin E dan zat besi yang dapat menutrisi kulit dan pembentukan sel darah merah. Selain itu alpukat juga dapat menjadi varian buah yang dapat menjadi sumber vitamin C bagi tubuh.

Baca juga artikel kesehatan lainnya Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Nah itulah 9 varian buah sumber vitamin C yang dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat Biasakanlah mengkonsumsi buah sebelum makan supaya nutrisinya terserap secara maksimal oleh tubuh.

Sumber : www.health.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.