Cara Alami Untuk Mengeluarkan Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penumpukan deposit mineral yang terjadi dalam organ ginjal atau bisa juga di dalam kandung kemih. Batu ginjal ini biasanya terbentuk dari bahan mineral tidak larut seperti kalsium, natrium, dll.

Ukurannya pun berbeda beda mulai dari seperti butiran pasir sampai sebesar bola pingpong dengan permukaan yang tidak beraturan. Apabila ukurannya cukup besar maka batu ginjal ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan rasa sakit pada ginjal.

Penyakit gagal ginjal pun merupakan komplikasi dari batu ginjal ini karena dapat merusak ginjal dengan mengikis dinding ginjal, pendarahan, dan infeksi saluran kemih. Penyakit ini dapat dikenali melalui terjadinya penumpukan mineral di dalam urine.

Baca Juga : Makanan Yang Mengandung Fosfat Tinggi

Rasa Nyeri Ketika Batu Ginjal Dikeluarkan.

Rasa nyeri yang amat menyakitkan dapat terjadi ketika batu ginjal yang terbentuk melewati saluran kemih yang dapat terjadi secara tiba tiba. Tekstur batu ginjal yang tajam akan memberikan rasa sakit yang menjalar dari punggung bawah daerah ginjal sampai ke saluran kemih dan berakhir di pembuangan urine (buang air kecil).

Umumnya rasa sakit akan menghilang setelah itu dan akan merasa lebih baik, dan biasanya penderita akan diberikan obat pereda nyeri ketika batu ginjal dikeluarkan. Namun dalam kasus batu ginjal yang lebih besar, hal ini tidak berlaku.

Bagimana Cara Untuk Mengeluarkan Batu Ginjal?

cara alami mengeluarkan batu ginjalUntuk komposisi dan ukuran batu ginjal yang lebih besar biasanya akan digunakan cara yang berbeda. Dalam dunia medis maka cara yang paling efektif adalah dengan melakukan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal yang berukuran besar lebih dari 8mm.

Sedangkan cara alami tanpa zat kimia atau sesuatu yang khusus untuk mengeluarkan batu ginjal. Tetapi dalam kasus batu ginjal yang berukuran terlalu besar, hal ini sulit untuk diterapkan dan berjalan dengan efektif.

Namun untuk mencegah batu ginjal semakin banyak dan bertambah besar, berikut cara cara alami yang dapat dilakukan dan terbukti membantu dalam mengeluarkan batu ginjal:

  1. Perbanyak Minum Air Putih dan Cairan Tubuh.

Dengan meningkatnya cairan tuubuh maka proses metabolisme pembuangan cairan akan lebih sering dan dapat mencuci ginjal dari terjadinya penumpukan mineral yang membentuk batu ginjal. Hal ini juga akan mencegah terjadinya pembentukan batu batu kecil dan melarutkan dengan aman melalui urine.

Dengan meningkatkan cairan sampai 12 gelas air sehari ditambhan dengan buah buahan yang mengandung kadar air tinggi sangat baik untuk dilakukan. Namun juga harus menghindari minuman yang bersoda dan berkafein tinggi.

  1. Menghindari Alkohol

Minuman dengan kadar alkohol dapat menyebabkan fungsi ginjal dan hati semakin berat untuk menyaringnya dan akan menyebabkan gejala batu ginjal menjadi lebih buruk. Menghentikannya adalah solusi terbaik untuk mencegah batu ginjal berkembang di masa mendatang dan meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Melakukan Diet Mineral.

Pembentukan batu ginjal sangat ditentukan oleh keberadaan mineral dari makanan yang dikonsumsi, dengan begitu pembentukan batu ginjal dapat dicegah. Mengkonsumsi makanan yang bersifat diuretik alami seperti asparagus, kubis brussel, tomat, selada, dan blueberry dapat merangsang ginjal untuk memproduksi urine lebih banyak.

Kandungan dari makanan tersebut biasanya mengandung kalium dan mangan yang tinggi untuk membantu ginjal dalam mengeluarkan cairan melalui urine Anda. Anda dapat mengolahnya dengan menjadikannya dalam bentuk salad segar untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal baru.

Baca juga : Obat Herbal Penghancur Batu Ginjal

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.