11 Cara Paling Ampuh Mencegah Virus HIV AIDS

Pencegahan HIV AIDSHIV AIDS merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan di dunia ini, pasalnya hingga saat ini belum ada obat pasti yang dapat menyembuhkan penyakit ini. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang dapat mematikan sistem imunitas tubuh manusia. Hal ini lah yang membuat penderita hiv aids mudah terserang berbagai jenis penyakit, dan akan sangat sulit sembuh jika sudah terkena penyakit . Penyakit hiv aids akan terjadi lima hingga 10 tahun kedepan setelah tubuh terinfeksi virus HIV.  Untuk menghindari terinfeksinya virus HIV maka sangat penting untuk mengetahui cara pencegahan HIV AIDS yang baik dan tepat.

11 Cara Ampuh Mencegah HIV AIDS

  1. Yang paling penting anda harus memahami tentang hiv aids, bagaimana cara virus ini menyerang, bagaimana cara virus ini menular ke yang lain. Dengan demikian pencegahan akan lebih mudah dilakukan.
  2. Jangan melakukan hubungan seksual dengan sembarangan orang. Di sini sekaligus mengajarkan anda bagaimana caranya untuk belajar setia pada pasangan anda. Setia pada pasangan anda sangatlah penting sehingga menjauhkan anda untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan lainnya. Melakukan hubungan seksual dengan sembarangan orang, dan bila orang tersebut terinfeksi HIV AIDS maka virus tersebut dapat menular pada diri anda.
  3. Apabila ingin melakukan hubungan seksual, gunakan kondom yang berkualitas. Kondom berkualitas cukup efektif dalam mencegah penularan virus HIV.
  4. Ketahuilah apakah pasangan anda terinfeksi virus HIV, jika anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi virus HIV, maka virus tersebut akan menular pada Anda.
  5. Jangan sembarangan menggunakan jarum suntik. Bagi anda pencinta seni lukis tubuh (tatto), gunakan jarum suntik steril yang hanya sekali digunakan. Virus HIV dapat menular melalui penggunaan jarum suntik yang sebelumnya digunakan terhadap orang penderita HIV AIDS.
  6. Penggunaan jarum suntik lainnya seperti pada saat berobat ke rumah sakit atau melakukan tindik harus benar benar dengan jarum suntik yang steril hanya satu kali pakai. Penyebaran virus HIV AIDS paling cepat melalui penggunaan jarum suntik berulang kali, dimana jarum suntik tersebut sebelumnya digunakan oleh orang yang terinfeksi virus HIV.
  7. Hindari Narkoba, terutama yang menggunakan jarum suntik. Pecandu narkoba yang menggunakan jarum suntik biasanya saling bergantian dengan jarum suntik yang sama. Hal ini sangat beresiko besar apabila salah satunya positif terinfeksi HIV AIDS. Untuk itu sangat baik menjauhkan narkoba dari kehidupan anda. Baca juga info penting tentang Penyebab Timbulnya Penyakit AIDS.
  8. Khitan. Sebuah penelitian oleh National Institutes of Health pada tahun 2006 menunjukan pria yang melakukan khitan beresiko 53% lebih kecil terinfeksi Virus HIV dibandingkan yang tidak khitan.
  9. Pastikan pada saat melakukan donor darah bukan berasal dari orang yang terinfeksi virus HIV.
  10. Lakukan Tes HIV secara rutin untuk mengetahui apakah terdapat virus tersebut didalam tubuh anda. Minimal 1 tahun sekali adalah waktu yang paling baik untuk melakukan tes HIV. Diagnosa awal sangat membantu proses pencegahan dan penyembuhan.
  11. Bagi calon ibu, jika positif terinfeksi hiv maka sebaiknya melakukan perawatan medis selama proses kehamilan sehingga dapat meminimalisir resiko tertularnya virus HIV kepada calon bayi.

Tips tips pencegahan HIV AIDS diatas secara tidak langsung mengajarkan kepada anda untuk selalu setia kepada satu pasangan yang anda sayangi, melakukan hidup sehat seperti menjauhi narkoba. Dengan menerapkan cara cara pencegahan diatas diharapkan virus HIV akan menjauh dari kehidupan anda. Semoga tips tips pencegahan ini berguna bagi kehidupan anda maupun orang yang anda sayangi dan terhindar dari teror menakutkan HIV AIDS.

Baca Juga : Obat Herbal Hiv Aids Ampuh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.