Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Cara Hidup Sehat Bagi Penderita Penyakit Asma

Cara hidup sehat penderita asmaAsma merupakan penyakit jenis kronis yang dapat menjadi akut karena menyerang saluran pernafasan manusia terutama pada anak anak sampai orang dewasa dapat mengalami serangan asma. Salah satu obat yang menjadi andalan ketika asma menyerang adalah obat asma inhaler sebagai pertolongan pertama agar saluran pernafasan terbuka. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sedikit informasi tentang cara hidup sehat bagi penderita asma yang dapat Anda terapkan sehari-hari.

Asma dapat disebabkan oleh beberapa situasi dan kondisi lingkungan bagi orang yang mengidapnya, atau juga dapat menyebabkan seseorang terkena asma. Obat obatan dan makanan yang mengandung zat kimia tertentu juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit asma.

Cara Hidup Sehat Yang Dapat Diterapkan Pada Penderita Asma

Kebiasaan dan gaya hidup Anda sehari hari dapat mempengaruhi serangan asma yang muncul, oleh karena itu sebisa mungkin hindari pemicu terjadinya serangan asma. Ini merupakan langkah penting supaya Anda terhindar dari komplikasi yang lebih akut dari serangan asma, berikut yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko serangan asma:

  1. Menggunakan AC untuk menyaring udara dalam ruangan yang terkontaminasi serbuk sari, debu, dan polutan lainnya. AC juga dapat mengurangi kelembaban karena dapat memicu tungau debu, jika tidak ada AC Anda harus menutup jendela ketika musim penyerbukan tanaman.
  2. Membersihkan dekorasi rumah dari debu, serbuk sari, dan tungau debug seperti sarung bantal / kasur, tirai, karpet, dan selimut. Cuci bersih dan gunakan penutup yang tidak menampung debu.
  3. Menjaga kelembaban ruangan supaya tidak terlalu tinggi karena kelembaban tinggi juga dapat menjadi pemicu serangan asma. Anda juga dapat menggunakan alat dehumidifier untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan.
  4. Mencegah tumbuhnya spora jamur pada daerah yang kurang bersih dan lembab seperti di kamar mandi, dapur, gudang, dll, buanglah sampah di luar rumah dan singkirkan kayu yang ditumbuhi jamur jika ada di halaman rumah Anda.
  5. Menghindari hewan peliharaan atau binatang yang memiliki bulu, serangan asma dapat dipicu karena alergi terhadap bulu hewan. Apabila Anda memiliki hewan peliharaan ada baiknya dimandikan dan dibersihkan secara teratur untuk mengurangi bulu di sekitar Anda.
  6. Membersihkan rumah secara teratur, bersihkan rumah Anda dengan menyapu dan mengepelnya minimal 2 hari sekali. Jika debu beterbangan ketika dibersihkan sebaiknya gunakan masker pelindung hidung dan mulut Anda.
  7. Hindari cuaca dingin dan kering, jangan keluar rumah jika suhu diluar ruangan cukup dingin atau terlalu kering sehingga memicu asma kambuh. Gunakan masker pelindung jika Anda harus keluar rumah.

Selain Langkah Di Atas, Ternyata Masih Ada Cara Hidup Sehat Penderita Asma Lainnya

Menjaga diri agar tetap sehat dan bersih juga penting untuk dilakukan karena asma merupakan penyakit yang berkaitan dengan pemicu serangan asma yang berasal dari lingkungan kurang bersih. Dengan menjaga kebersihan maka penderita asma akan tetap sehat dan dapat terhindar dari serangan asma yang lebih buruk. Berikut antara lain:

  1. Melakukan olahraga yang terjadwal secara rutin untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru paru sehingga saluran pernafasan akan semakin kuat dari alergen penyebab serangan asma. Jika Anda berolahraga di luar ruangan sebaiknya gunakan masker.
  2. Menjaga berat badan yang ideal, berat badan yang berlebihan dapat membuat gejala asma semakin buruk karena lemak menghambat metabolisme tubuh Anda. Selain itu dengan menjaga berat badan dapat mengurangi resiko terkena masalah kesehatan yang lain.
  3. Jaga kadar asam lambung Anda yang merupakan gejala dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) karena asam lambung ini dapat merusak saluran pernafasan paru paru jika naik ke tenggorokan dan memperburuk kondisi asma yang diderita. Jika Anda sering merasa mual karena asam lambung, maka konsulitasikan dengan dokter untuk mengobati masalah GERD ini sebelum gejala asma Anda semakin memburuk.

Dengan mengetahui cara untuk mengurangi frekuensi serangan asma akibat alergen / penyebab serangan asma dan melakukan gaya hidup sehat, maka Anda akan terbebas dari jerat penyakit asma yang menghantui Anda.

Baca informasi tentang 12 Langkah Mudah Agar Asma Tidak Kambuh Lagi

Itulah beberapa cara hidup sehat penderita asma yang dapat dilakukan di rumah, karena sebagian besar waktu Anda dihabiskan dalam rumah maka jagalah kebersihan tempat tinggal Anda. Sehingga serangan asma dapat dicegah dan penyakit Asma dapat disembuhkan dengan alami.

Sumber : www.webmd.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.