Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Cara Penanganan Penyakit Asma Yang Tepat Pada Anak

Penanganan asma pada anakPenyakit adalah salah satu masalah terbesar dalam hidup kita. Penyakit tidak pernah luput dari kehidupan manusia mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Ketika penyakit terjadi pada anak-anak tentunya sangat membuat khwatir orang tuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyakit asma pada anak dan akan terfokus pada bagaimana cara yang tepat dalam menangani penyakit asma pada anak.

Asma memang bukan penyakit mematikan namun dapat berdampak buruk pada anak jika tidak segera di obati. Penyakit asma yang tidak segera diobati dapat menjadi asma permanen dikemudian harinya. Penyakit asma yang terjadi pada anak sangat membuat si anak menderita dimana mereka akan mengalami kesulitan saat bernafas dan pastinya membuat orang tua sedih dan khwatir.

Penanganan Asma Pada Anak

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membantu menangani asma pada anak sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan penyakit asma yang terjadi pada anak. Berikut cara penanganan asma pada anak :

  1. Penanganan Dini Menggunakan Inhaler

Cara penanganan tercepat adalah menggunakan inhaler. Pada saat anak terkena asma umumnya dokter akan memberikan obat khusus penderita asma yagn disebut inhaler. Dimana inhaler berfungsi meringankan sistem pernapasan pada anak dan dapat membantu anak bernafas seperti biasanya. Penggunaan inhaler merupakan penanganan awal yang baik dan tepat untuk anak yang menderita asma.

2. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Anak Yang Menderita Asma

Cara penanganan penyakit asma pada anak berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita asma pada anak. Makanan sehat yang dikonsumsi sangat berperan penting dalam proses penyembuhan asma pada anak. Beberapa jenis makanan malah dapat memicu dan memperparah penyakit asma tersebut. Untuk itu sangat penting mengetahui makanan apa yang baik. Berikut daftar makanan yang baik bagi penderita asma pada anak.

  • Wrotel

Makanan pertama yang sehat bagi penderita asma pada anak adalah wortel. Wortel mengandung senyawa beta karotin yang tinggi yang dapat membantu mengurangi asma pada anak. Selain itu wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga menjadikan lebih sehat.

  • Apel

Buah yang satu ini memiliki segudang manfaat salah satunya dapat mencegah penyakit asma. Buah apel mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan kenyamanan sistem pernapasan dengan alamiah. Selain itu senyawa khellin pada buah apel dapat membantu memperlancar saluran pernapasan, sehingga buah apel sangat tepat digunakan untuk anak yang menderita penyakit asma.

  • Alpukat

Selain memiliki rasa yang lezat ternyata buah alpukat juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat mencegah asma pada anak. Buah alpukat mengandung senyawa glutathin yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta memperlancar sistem pernapasan. Selain itu senyawa tersebut juga dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan tbuh dan mencegah penyakit asma.

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu dari bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat salah satunya dalam mencegah penyakit asma. Bawang putih telah terbukti efektif dalam menangani masalah saluran pernapasan.

Baca juga artikel tentang 5 Makanan Sehat Untuk Penderita Asma

3. Hindari Pemicu Asma

Penanganan berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari pemicu terjadinya penyakit asma. Alangkah baiknya jika menghindari pemicu asma agar penyakit asma tidak semakin memburuk. Berikut hal-hal yang dapat memicu penyakit asma :

  • Debu
  • Asap roko, asap pabrik, asap kendaran
  • Bulu hewan, seperti kucing, anjing, dll.
  • Udara yang kotor
  • Serbuk bunga

Beberapa faktor pemicu asma diatas sebaiknya dihindari selama proses pengobatan asma pada anak, dengan demikian proses pengobatan pada anak penderita asma semakin baik.

4. Penanganan Dengan Metode Herbal

Tidak semua metode herbal tidak ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk salah satunya penyakit asma pada anak. Terdapat beberapa bahan bahan alami yang ternyata sangat ampuh dalam mengobati penyakit asma yang diderita oleh anak. Bahan-bahan alami tersebut antara lain : Buah zaitun, ekstrak kulit manggis, buah delima merah,  Acai berry, dan lain-lain. Bahan bahan alami tersebut memiliki kandungan senyawa yang sangat ampuh dalam mengobati penyakit asma pada anak serta dapat meningkatkan sistem pernapasan pada tubuh manusia. Baca juga Obat Herbal Asma Alami Yang Ampuh dan Berkhasiat Tinggi.

Itu lah beberapa cara penanganan yang dapat dilakukan terhadap anak yang menderita asma. Dengan demikian dapat membantu mengoptimalkan proses pengobatan sehingga anak dapat sembuh dan terbebas dari penyakit asma tersebut.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi sebaik-baiknya mengenai cara penanganan penyakit asma pada anak.

Sumber : Www.mayoclinic.org

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.