CIRI-CIRI ANDA TERKENA GAGAL GINJAL

Ciri-ciri Gagal Ginjal – Berikut ini artikel yang khusus membahas cara mudah untuk anda mengenal orang atau Anda sendiri terkena penyakit gagal ginjal. Sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter Anda juga bisa mendiagnosis sendiri dengan melihat ciri ciri awal ginjal mengalami penurunan fungsi. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda lebih yakin dengan gejala yang dirasakan, apakah gejala tersebut benar karena ginjal yang rusak atau karena adanya penyakit lain.

Selain itu dengan Anda mengetahui ciri-ciri gagal ginjal keterlambatan penanganannya pun akan ikut terminimalisir, karena kebanyakan dari mereka yang menderita penyakit gagal ginjal baru memeriksakan diri setelah mereka merasakan rasa sakit yang cukup parah dibagian perutnya atau karena gagal ginjal telah kronis.

ciri ciri gagal ginjal

Apabila anda sudah yakin bahwa yang anda rasakan sekarang itu karena ginjal anda mengalami kerusakan segeralah melakukan pemeriksaan kerumah sakit terdekat. Semakin cepat penanganannya maka proses penyembuhan pun akan lebih cepat pula.

Cobalah lakukan perbandingan mengenai ciri-ciri penyakit gagal ginjal berikut dengan yang anda alami. Apakah ginjal anda sehat atau mengalami kerusakan.

  1. Mengalami penurunan nafsu makan. Memang hal ini tidak selalu berkaitan dengan gagal ginjal tapi besar kemungkinan karena ginjal mengalami kerusakan yang mengakibatkan otak mengirimkan sinyal tidak nafsu makan.
  2. Tubuh mengalami gatal-gatal yang penyebabnya bukan karena alergi hewan atau makanan.
  3. Timbulnya pembengkakan pada daerah tertentu pada bagian tubuh.
  4. Tubuh cepat lelah bahkan tidak mampu berjalan kaki lama. Hal ini karena hemoglobin dalam darah berkurang karena fungsi ginjal yang menurun.
  5. Timbulnya rasa malas yang sering terjadi, ini terjadi karena hermoglobin yang berkurang tadi. Tubuhpun terasa berat sekali untuk melakukan beberapa pekerjaan ringan.
  6. Ketika buang air kecil kuantitas air seni yang dikeluarkan hanya sedikit dan jarang sekali buang air kecil.
  7. Tubuh mengalami peningkatan tekanan darah karena terlalu banyaknya vasoaktif yang dihasilkan.
  8. Jantung terasa berdebar dimalam hari atau saat anda mengalami kedinginan.
  9. Tingkat kadar gula dalam darah meningkat. Biasanya kadar gula akibat gagal ginjal diatas 130.
  10. Nafas anda menjadi pendek dan disertai mual.
  11. Berubahnya suasan hati. (Cemas tak menentu).
  12. Pada kasus tertentu dengan gagal ginjal yang sudah parah penderita akan mengalami koma atau sering pingsan.

Baca Juga : Pencegahan Gagal Ginjal

Apakah anda merasakan hal-hal seperti diatas? Coba rasakan dan samakan, apabila anda merasakan lebih dari 5 gejala seperti poin2 diatas, maka segeralah lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gagal ginjal tidak selalu menyerang orang yang sudah lanjut usia karena ginjal sudah lelah untuk melakukan fungsinya, remaja dengan umur dibawah 20 tahun juga beresiko mengalami gagal ginjal bahkan pada kasus tertentu balita dari umur 3 tahun ke bawah juga ada yang mengalami gagal ginjal. Selain karena faktor usia, makanan dan pola hidup adanya faktor penyakit keturunan juga menjadi penyebab banyaknya penderita di usia balita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.