Pola Makan dan Pantangan Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal

Diet atau pola makan bagi penderita gagal ginjal adalah untuk mengontrol jumlah protein dan fosfor yang akan masuk ke dalam tubuh. Anda juga mungkin harus membatasi kalsium, natrium, dan kalium.

Diet gagal ginjal memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah limbah yang dibuat oleh tubuh Anda, sehingga membuat kerja ginjal semakin baik.

Diet yang benar juga dapat membantu untuk menghindari gagal ginjal kronis menjadi gagal ginjal stadium akhir. Diet ini harus disesuaikan dan berubah seiring dengan perkembangan kondisi kesehatan Anda.

Lihat Juga : Obat Herbal Gagal Ginjal Kronis

pantangan makanan penderita gagal ginjalPola Makan atau Diet Yang Benar Untuk Penderita Gagal Ginjal

  • Batasi Jumlah Protein – Mengkonsumsi protein secara berlebihan akan menyebabkan produksi limbah tubuh menjadi berlebih, yang akan semakin memberatkan fungsi ginjal. Makanan tinggi protein yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan adalah : daging, unggas, telur, dan susu (serta beragam produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yoghurt).
  • Awasi Jumlah Asupan Fosfor – Pasien gagal ginjal akan kesulitan untuk membuang kelebihan fosfor dari dalam tubuh, berdampak pada kehilangan kalsium yang akan melemahkan tulang. Pantangan makanan yang mengandung tinggi fosfor adalah produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Fosfor juga banyak terdapat di dalam minuman cokelat, bir serta cola.
  • Batasi asupan natrium (sodium) – Pasien gagal ginjal yang juga memiliki tekanan darah tinggi juga harus membatasi asupan natrium, untuk menghindari kelebihan cairan dalam tubuh. Jangan makan lebih dari 1500 mg natrium setiap harinya. Produk yang mengandung tinggi natrium adalah garam meja, makanan kaleng, dan daging olahan (sosis).
  • Batasi Kalium Jika Kadar Potasium Terlalu Tinggi – Kalium dapat ditemukan dalam sejumlah buah-buahan dan sayuran. Anda mungkin harus membatasi buah-buahan dan sayuran yang tinggi kalium seperti: kentang, rebung, buncis, ubi jalar, tomat (khususnya saus tomat), sukun, pisang, alpukat, dan markisa.
  • Perhatikan Asupan Cairan – Jika tubuh Anda kelebihan cairan, maka akan terjadi pembengkakan tubuh, dan yang membahayakan bila cairan terakumulasi di dalam paru paru Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti sesak napas. Umumnya dokter akan menyarankan jumlah asupan cairan yang boleh diminum perhari. Jumlahnya berbeda-beda antara satu pasien dengan yang lain, tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Baca Juga : Makanan Sehat Bagi Penderita Ginjal

Selain dengan perubahan pola makan yang di jabarkan di atas, penderita gagal ginjal juga harus menjauhi makanan yang mengandung banyak zat kimia seperti pengawet, pengembang, perasa dan pewarna. Jauhi makanan cepat saji dan produk produk instan dari supermarket (mie instan, makanan kaleng, dll) karena zat kimia tersebut akan semakin memberatkan kinerja ginjal.

Itulah diet dan pantangan makanan yang pasien gagal ginjal harus perhatikan, untuk mencegah penyakit ini menjadi semakin parah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.