4 Fakta Menarik Seputar Batu Empedu Yang Perlu Diketahui

Fakta menarik tentang batu empeduHingga saat ini tingkat kesadaran masyarakat akan bahaya dari penyakit batu empedu ini masih sangat minim, pasalnya mereka beranggapan gejala yang timbul dari penyakit batu empedu adalah sakit maag biasa, memang gejala yang ditimbulkan seperti penyakit maag. Tidak sedikit pula yang mengabaikannya.

Penyakit batu empedu ini umumnya terjadi akibat dari mengendapnya cairan empedu dalam kantung empedu dan kemudian membentuk kristal-kristal. Penyakit empedu ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya. Gejala yang dialami oleh penderita batu empedu antara lain, merasakan nyeri pada tulang rusuk, rasa sakit di punggung, mual dan muntah, serta berkeringat.

Penyebab dari batu empedu sendiri belum dapat dipastikan, namun umumnya batu empedu dapat terjadi karena berlebihnya kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Sistem kerja cairan empedu adalah melarutkan kolesterol dalam tubuh yang kemudian diekskresikan oleh hati, namun apabila jumlah kadar kolesterol terlalu banyak maka tidak dapat dilarutkan secara keseluruhan, kolesterol yang berlebih akan membentuk krisltal-kristal dan mengendap di kantung empedu.

Fakta Menarik Mengenai Penyakit Batu Empedu

Nah pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai fakta seputar penyakit batu empedu yang perlu diketahui.

  1. Tidak sedikit yang mempercaya pengobatan alami dengan jus apel, alang-alang, kumis kucing dapat mengobati penyakit batu empedu. Faktanya belum terdapat penelitian yang membuktikan bahwa tanaman-tanaman tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit batu empedu. Umumnya pengobatan dengan bahan alami tersebut hanya asumsi dari pengalaman orang yang sudah pernah menggunakannya. Baca juga Obat Herbal Penghancur Batu Empedu Alami Tanpa Operasi
  2.  Orang jaman dahulu percaya batu emepdu dapat diobati dengan bantuan paranormal. Pernyataan tersebut tidak benar. Paranormal tidak dapat mengeluarkan batu yang terdapat kantung empedu. Kasusnya tidak sedikit pasien yang sudah berobat ke paranormal, setelah di lakukan usg kembali ternyata masih terdapat batu pada kantung empedu. Untuk itu proses pengobatan yang tepat melalui pengobatan medis atau alternatif dengan obat herbal yang tepat.
  3. Masyarakat beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi obat-obatan diet dalam jumlah besar dapat mengakibatkan penyakit batu empedu. Faktanya penyakit batu empedu dapat terjadi bukan karena dari banyaknya mengkonsumsi obat-obatan diet tersebut, melainkan akibat dari diet keras dalam waktu cepat. Hal ini dapat membuat cairan pada kantung empedu mengental sehingga resiko terkena penyakit batu empedu lebih tinggi.
  4. Ada yang berpendapat bahwa menghilangkan batu empedu dapat dilakukan dengan cara ditembak dengan laser. Faktanya, pengobatan batu empedu dengan laser tidak sembarang dilakukan, penembakan laser dilakukan untuk batu tunggal yang berukuran kecil dimana sudah tersangkut dan terfiksasi pada ujung saluran.

Karena dampak dari pengobatan laser tersebut cukup besar, maka pengobatan ini tidak sembarangan dianjurkan sebab saluran empedu berukuran kecil. Selain itu batu pada empedu relatif lebih mudah berpindah-pindah sehingga sulit diterka. Jika salah melakukan tindakan maka akan berdampak cukup fatal bagi pasiennya. Baca juga artikel tentang Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Empedu.

Itulah beberapa fakta yang sering disalah artikan oleh sebagian orang. Semoga artikel mengenai fakta fakta penting tentang batu empedu ini dapat memberikan informasi sebaik-baiknya dan seakurat-akuratnya.

Source : www.mayoclinic.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.