Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

9 Fakta Penting Seputar Kanker Paru Paru yang Perlu Diketahui

Penyakit kanker paru paruMeskipun di negara Amerika Serikat penyakit kanker paru paru merupakan pembunuh utama hingga saat ini, namun tingkat kesadaran dari masyarakat sekitar akan penyakit ini malah cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya. Seorang profesor onkologi radiasi dari University of Texas MD Anderson Cancer Center di Houston yang bernama Quynh-Nhu-Nguyen, MD, memaparkan fakta fakta tentang kanker paru paru yang penting untuk diketahui, berikut faktanya :

1. Penyakit kanker paru paru merupakan penyakit yang paling sering terjadi kasusnya di seluruh dunia serta paling sering kedua terjadi di Amerika Serikat. Menurut American Lung Association, Penyakit kanker paru paru merupakan penyebab kematian utama akibat kanker di negara Amerika Serikat. Dua dari tiga orang yang didiagnosis menderita penyakit kanker paru paru berumur diatas 65 tahun, dan usia rata rata penderita penyakit ini adalah sekitar 70 tahun. Sedangkan menurut American Cancer Society, hanya 2% dari keseluruhan kasus penyakit kanker paru paru terjadi pada orang yang berusia dibawah 45 tahun, namun bagi anda yang berusia di bawah 45 tahun tetap harus waspada terhadap penyakit ini.

2. Merokok merupakan penyebab utama dari penyakit kanker paru paru. Sekitar 85% dari semua kasus penyakit kanker paru paru di Amerika Serikat disebabkan oleh rokok.

3. American Cancer Society menyimpulkan kanker paru paru terjadi ketika terdapat perubahan sel sel jaringan yang terdapat pada paru paru termasuk otot otot bronkus, bronkiolus, dan alveolus, dimana sel sel tersebut mengalami perubahan genetik yang menyebabkan sel tersebut tumbuh abnormal. Pada tahap awal terbentuknya sel abnormal tersebut (sel kanker) tidak dapat didiagnosa melalui sinar-X, dan tidak menimbulkan gejala bagi penderitanya.

4. Biasanya sel sel kanker paru paru dapat menyebar sebelum terdeteksi. Seiring dengan berjalannya waktu, sel sel ini bertumbuh menjadi tumor kanker, yang semakin lama akan membentuk jaringan jaringan kanker yang dapat menyebar ke organ tubuh lainnya (metastasis) hingga pada akhirnya dapat menyebabkan gejala gejala yang sudah mulai dirasakan oleh penderita, dan sudah dapat dilihat dengan sinar-X. Salah satu yang membuat penyakit kanker paru paru ini sangat berbahaya adalah dapat bermetastasis bahkan sebelum si penderita merasakan gejala gejalanya.

5. Menurut Dr. Nguyen hampir 90 % orang yang terdiagnosis penyakit kanker paru paru akan berujung pada kematian. Terkecuali dapat diobati pada tahap awal terkena penyakit ini. Namun sayangnya pada umumnya penyakit ini dapat terdiagnosa apabila sudah menyebar dan sudah memasuki stadium lanjut. Baca juga artikel terkait : Mengenal Ciri Ciri Awal Kanker Paru paru

Pengobatan dapat dilakukan dengan operasi, radiaoterapi dan kemoterapi. Ataupun anda dapat menggunakan obat herbal kanker paru paru, yang terbuat dari 100 % bahan bahan alamiah yang sangat ampuh dalam menghambat sel kanker bahkan dapat mematikan sel kanker hingga tuntas.

6. Menurut Dr. Nguyen, Screening tidak dapat mencegah kasus kematian akibat penyakit kanker paru paru. Yang hanya dapat mencegahnya adalah dengan berhenti merokok. Menurut AS Preventive Service Task Force (USPSTF), mengungkapkan bahwa melakukan CT-Scan (LDCT) secara rutin setahun sekali dapat mengurangi tingkat kematian penyakit ini. Screening dapat dilakukan apabila :

– seorang perokok atau mantan perokok yang berhenti dalam 15 tahun terakhir

– berusia 55 hingga 80 tahun

– merokok minimal satu bungkus rokok dalam sehari selama 30 tahun, atau daun bungkus rokok sehari dalam 15 tahun.

7. Konsultasikan kepada dokter anda apabila penyakti kanker paru paru anda sudah memasuki stadium lanjut, apakah masih perlu di screening. Jika perlu, minta rujukan kepada dokter anda untuk mendapatkan fasilitas pengobatan modern dengan kualitas terbaik. Anda tidak perlu untuk melakukan screening jika usia anda diatas 81 tahun dan tidak merokok selama 15 tahun.

8. Sebuah terapi baru bagi orang orang yang masih memasuki tahap awal penyakit kanker paru paru, yaitu terapi proton, ungkap Seorang ahli onkologi radiasi dari MD Anderson Cancer Center. Dimana terapi ini hanya memfokuskan radiasi kepada sel kanker saja dan tidak mengenai sel sel jaringan sehat disekitarnya. Hanya terdapat 15 pusat kesehatan yang dapat melayani terapi proton di seluruh Amerika serikat.

9. Jika anda atau orang orang yang anda sayangi telah terdiagnosis penyakit kanker paru paru, sangat penting untuk mendapatkan diagnosis yang sangat akurat sedini mungkin untuk mengetahui telah berada pada tahap kanker yang mana, karena hal ini sangat mempengaruhi cara pengobatan yang akan dijlani, ungkap Dr. Nguyen.

Itulah 9 fakta mengenai penyakit kanker paru paru yang sangat penting perlu untuk anda ketahui. Informasi penting ini diharapkan dapat memberikan anda wawasan lebih lagi mengenai kanker paru paru sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan anda.

Source : www.everydayhealth.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.