Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Fakta Menarik Seputar Penyakit Gagal Ginjal Yang Perlu Diketahui

Fakta menarik seputar penyakit gagal ginjal – Gagal ginjal merupakan penyakit yang menunjukkan bahwa kemampuan ginjal telah menurun atau tidak dapat lagi menyaring cairan dan kotoran dari zat sisa dari makanan ataupun sisa hasil metabolisme tubuh dalam darah.

Fakta Penyakit Gagal Ginjal

Akibatnya, menyebabkan cairan, kotoran hingga racunnya yang seharusnya dibuang malah menjadi terendap dan menumpuk didalam tubuh. Sehingganya hal ini bisa saja mengakibatkan kondisi buruk terjadi, yakni kondisi gagal ginjal untuk dialami seseorang.

Dapat Anda ketahui, bahwa seseorang yang telah terdeteksi gagal ginjal, harus menjalani perawatan cuci darah dengan rutin atau bahkan ada yang sampai seumur hidup.  Serta atau bisa juga dilakukannya pencangkokan ginjal.

Tujuan dilakukan cuci darah, yaitu untuk menggantikan fungsi ginjal yang telah rusak. Namun, bukanlah prosedur untuk menyehatkan ginjal, tetapi melainkan cuci darah ini diperuntukkan agar racun bisa dapat dibuang dari kegagalan fungsi ginjal yang terjadi.

Penyakit gagal ginjal yang diderita seseorang, bukan datang tiba-tiba begitu saja. Tetapi, gagal ginjal yang terjadi bisa saja merupakan akibat dari suatu kondisi yang sudah bertahun-tahun membuat ginjalnya harus terus bekerja lebih keras.

Yang mana kondisi ini dipicu oleh seseorang menjalani pola hidup yang tidak sehat, yakni seperti: seseorang yang terlalu sering mengonsumsi sejenis obat-obatan pereda rasa nyeri, baik itu pereda nyeri sakit kepala ataupun yang lainnya.

Fakta Tentang Penyakit Gagal Ginjal

Untuk dapat mengetahui fakta-fakta lainnya tentang gagal ginjal, dengan bisa Anda simak ulasan selanjutnya seperti di bawah ini.

1. Penyakit Gagal Ginjal Digolongkan Menjadi 2 Tipe, yaitu:

  • Gagal Ginjal Akut

Merupakan suatu kondisi dimana fungsi ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Yang mana hal ini terjadi karena disebabkan oleh adanya batu di kandung kemih, pengaruh obat-obatan ataupun dehidrasi berat.

Gejala yang ditimbulkan pada gagal ginjal akut seperti, pembengkakan pada kaki, merasa cemas, kejang, sesak nafas, dada nyeri dan menurunnya frekuensi urine serta terkadang mengalami kesulitan untuk buang urine.

  • Gagal Ginjal Kronis

Merupakan kondisi dimana ginjal telah memburuk dan terjadi dengan waktu yang cukup lama. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang membuat hilangnya fungsi ginjal secara permanen. Hal ini tentunya akan menimbulkan gejala, berupa: anemia, gangguan tidur, urine berwarna gelap, nafsu makan berkurang, otot kram, kulit gatal-gatal, tekanan darah tingga hingga penurunan berat badan yang drastis.

2. Penyebab gagal ginjal dikategorikan menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Gagal Ginjal Akibat Kerusakan Ginjal, disebabkan oleh:

– Diabetes

– Penyakit autoimun

– Banyaknya endapan racun

– Penyalagunaan obat-obatan terlarang serta minuman beralkohol

– Pengaruh dari obat-obatann kemoterapi

  1. Gagal ginjal akibat hilangnya aliran darah ke ginjal, dipengaruhi oleh:

– Penyumbatan pembuluh arteri ginjal

– Sirosis hati

– Serangan jantung

– Kolesterol

  1. Gagal ginjal karena sulit buang air kecil yang dipengaruhi oleh:

– Kanker prostat

– Kanker usus besar

– Kanker serviks

– Batu ginjal

3. Makanan Yang Harus Dipantang, diantaranya: produk olahan susu (yogurt, keju, mentega, krim) yang mengandung tinggi fosfor. Sebab, kandungan tinggi fosfor yang terkandung dalam darah dapat mengakibatkan pasien kekurangan kalsium. Umbi-umbian dan kentang juga harus dihindari karena mengandung pottasium dan kalium yang tinggi.

4. Seseorang yang telah cukup lama mengonsumsi obat dengan dosis tinggi, seperti suplemen herbal bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

5. Pasien penderita gagal ginjal umumnya lebih banyak terjadi pada usia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa orang muda juga bisa terderita, terlebih lagi apabila ia sering mengonsumsi obat pereda nyeri.

6. Untuk dapat mencegah penyakit ginjal caranya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi 2 liter air per hari. Namun, apabila seseorang terderita gagal ginjal untuk dengan maksimal mengonsumsi cairan 700cc per hari.

Baca juga info menarik tentang Hal hal Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Ginjal

Nah itulah fakta menarik tentang penyakit gagal ginjal yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Source : Kidney.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.