Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

5 Fakta Seputar Penyakit Stroke Yang Perlu Diketahui

Fakta penyakit strokeInformasi seputar penyakit stroke banyak sekali beredar di dunia maya, tetapi ternyata tidak semua informasi tersebut benar adanya. Mitos dan fakta tentang penyakit stroke memang terkadang sulit dipisahkan sehingga dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang fakta penyakit stroke yang harus dipahami.

Stroke itu sendiri adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf dan fungsi otak karena pembuluh darah di otak mengalami sumbatan / pecah pembuluh darah. Hal ini tentu akan berdampak langsung terhadap fungsi otak yang tidak mendapatkan suplai nutrisi dan oksigen sehingga otak akan mengalami kerusakan.

Kerusakan otak akibat stroke dapat berlangsung hanya dalam beberapa jam, mulai dari matinya sel sel otak, kelumpuhan, kehilangan keseimbangan, berkurangnya kesadaran, penglihatan terganggu, dan kesulitan untuk berkomunikasi. Stroke juga dapat menyebabkan kecacatan secara permanen sampai kematian penderitanya.

Oleh karena itu dengan memahami fakta tentang penyakit stroke kita dapat segera mendeteksi secara dini gejala stroke dan melakukan tindakan pengobatan & penanganan yang tepat. Dengan begitu kerusakan otak dan kondisi yang lebih parah dapat kita cegah.

Fakta Tentang Kasus Penyakit Stroke yang Terjadi Pada Manusia

  1. Usia Tidak Menjadi Faktor Resiko

Banyak yang beranggapan bahwa stroke adalah penyakit usia lanjut di atas 50 tahun, namun pada kenyataannya penyakit stroke ini dapat menyerang usia muda juga. Fakta tentang penyakit stroke yang baru diungkap ini berdasarkan kasus yang terjadi pada usia muda karena adanya kelainan genetik  ditambah gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi yang menyebabkan tekanan darah tinggi, jarang olahraga, kurang istirahat, banyak mengkonsumsi gula, dan sering mengalami stress.

  1. Penyakit Stroke adalah Penyakit CVA (Cererbrovascular)

Stroke sering dikaitkan dengan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan serangan jantung, faktanya stroke adalah penyakit otak karena terganggunya pembuluh darah di otak sehingga menyebabkan kerusakan otak. Fakta tentang penyakit stoke dan jantung sangat berkaitan dari gejalanya tetapi dampaknya berbeda karena stroke menyerang sistem syaraf dan jaringan di otak.

  1. Stroke Dapat Menyerang Kapanpun Tanpa Gejala

Tidak seperti penyakit lainnya yang  ditandai dengan gejala gejala khusus tertentu, stroke dapat menyerang kapan pun tanpa ada tanda atau gejala gejala yang jelas. Dalam hitungan menit atau jam serangan stroke dapat merubah hidup Anda secara drastis.

  1. Stroke Tidak Cuma Mengancam Orang dengan Darah Tinggi

Penyakit stroke memang sangat berkaitan dengan tekanan darah tinggi, namun fakta tentang penyakit stroke yang terjadi di tengah masyarakat adalah multi faktor atau banyak faktor.

Hipertensi memang merupakan faktor yang paling mempengaruhi, tetapi tidak hanya itu masih ada faktor lain seperti gaya hidup, riwayat keturunan, usia, ras, dan jenis kelamin, serta faktor penyakit lain seperti penyakit jantung, diabetes dan kolesterol tinggi juga dapat mempengaruhi seseorang terkena stroke.

  1. Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik Tidak Sama Penanganannya

Stroke iskemik disebabkan sumbatan pada pembuluh darah otak yang terjadi dalam beberapa menit atau jam saja yang dikenal TIA (transient ischemic attack) dan dapat terjadi lagi dalam waktu 24 jam. Pemberian obat untuk mengencerkan darah dan menghilangkan sumbatan akan dilakukan pada TIA ini.

Sedangkan stroke hemoragik adalah pecahnya pembuluh darah di otak karena tekanan darah tinggi yang tidak stabil akibat terjadinya penyumbatan / penggumpalan darah. Stroke ini membutuhkan pertolongan segera untuk menghentikan pendarahan dengan pemasangan stent atau klep pada pembuluh darah yang pecah. Pemberian obat untuk menghilangkan penggumpalan / mengencerkan darah dapat memperparah perdarahan pada stroke hemoragik. Baca juga informasi terkait tentang Langkah langkah Pemulihan Penyakit Stroke

Itulah fakta tentang penyakit stroke yang perlu Anda ketahui, dengan memahami informasi penting ini diharapkan kita dapat melakukan respon yang cepat terhadap serangan stroke dan lebih waspada lagi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua pembaca setia artikel kesehatan yang ada di website kami.

Sumber : www.everydayhealth.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.