Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Faktor Penyebab Batu Empedu Yang Perlu Diperhatikan

Penyebab Batu Empedu

Faktor penyebab batu empedu yang perlu diperhatikan – Bila diperhatikan, saat ini cukup banyak masyarakat yang jarang memperhatikan kesehatannya. Hal ini diketahui dari jarangnya mereka untuk menerapkan pola makan yang sehat.

Terlebih lagi dengan jaman yang semakin modern ini yang menghadirkan berbagai hidangan makanan cepat saji yang mengunggah selera. Padahal makanan tersebut tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh. Dimana kandungan didalamnya yang terkandung kadar lemak atau kolesterol yang tinggi.

Tentunya hal yang akan sangat ditakutkan kemudian yaitu apabila banyak kalangan yang mengalami suatu permasalahan penyakit, seperti contohnya penyakit batu empedu. Bisa Anda ketahui bahwa penyakit batu empedu ini terjadi karena adanya suatu endapan lemak jenuh atau kolesterol yang memadat dan mengeras hingga membentuk batu kecil.

Yang dimaksudkan batu kecil disini yaitu karena diterka oleh adanya kolesterol, garam kalsium dan pigmen bilirubin yang diproduksi oleh hati. Cairan-cairan inilah yang kemudian memadat hingga membentuk suatu partikel keras seperti potongan-potongan batu kecil.

Ukuran batu empedu yang berada di gejala awal mungkin akan terlihat seperti butiran pasir. Namun semakin lama penyakit batu empedu ini diderita seseorang, maka resikonya juga yang bisa membuat ukurannya menjadi bertambah besar, yakni hingga mencapai ukuran bola pingpong.

Sebab itulah, sangat penting untuk Anda ketahui apa penyebab kemunculan batu empedu ini dapat terjadi, yakni dengan simak ulasannya baik-baik sebagai berikut.

Penyebab Batu Empedu Terbentuk, yaitu karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang kerap dikaitkan dengan pola hidup dan beberapa faktor lainnya yang tidak terkendali, seperti: usia, jenis kelamin dan faktor keturunan penyakit dari keluarga.

Faktor Penyebab Batu Empedu

Adapun faktor pemicu batu empedu yang dipengaruhi oleh gaya hidup yaitu, seperti:

  1. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  2. Penurunan berat badan yang drastis juga beresiko untuk terderita batu empedu
  3. Kerap mengonsumsi makan-makanan dengan mengandung kadar lemak atau kolesterol yang tinggi serta kadar serat yang rendah
  4. Pengaruh efek obat-obatan, seperti antibiotik ataupun penurun kolesterol
  5. Mengonsumsi obat peningkat hormon estrogen
  6. Faktor Usia

Resiko penyakit batu empedu ini meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Terlebih lagi pada wanita yang tengah berusia 40 tahun keatas, yang mana akan memicu hormon estrogen yang dimiliki atau yang diproduksi menjadi meningkat sehingga dengan begitu kadar kolesterol dalam empedu menjadi bertambah.

  1. Jenis kelamin

Resiko penyakit batu empedu semakin meningkat untuk terjadi pada kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria. Sebab, wanita yang lebih banyak memproduksi hormon estrogen.

  1. Efek dari melahirkan

Wanita yang pernah melahirkan juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk terderita batu empedu. Sebab, hal ini diketahui dengan semakin bertambahnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon estrogen yang terjadi pada semasa kehamilan.

  1. Riwayat penyakit keluarga, yang mana hal ini beresiko besar untuk keluarga lainnya juga terderita penyakit yang sama (faktor penyakit bawaan atau penyakit keturunan)
  2. Mengalami sirosis dan diabetes
  3. Jarang berolahraga atau melakukan aktifitas fisik

Itulah beberapa penyebab yang diketahui menjadi faktor beresiko munculnya batu empedu. Ketahuilah juga bahwa penyakit batu empedu ini dapat terbentuk dalam kantong empedu  dengan dibedakan menjadi 2 jenis, antara lain:

  • Batu empedu kolesterol
  • Batu empedu pigmen

Penting untuk Anda ketahui juga bahwa penyakit batu empedu ini akan menimbulkan beberapa gejala, berikut tanda dan gejala batu empedu. seperti:

  • Nyeri perut
  • Perut kembung
  • Nyeri punggung
  • Nyeri pada bagian bahu (kanan)
  • Demam tinggi
  • Rasa mual dan muntah
  • Diare
  • Feses berwarna pucat
  • Sakit kuning, kulit dan bagian putih mata terlihat berwarna kuningg
  • Menurunnya selera makan

Demikian, informasi mengenai penyebab dan gejala yang telah kami sampaikan diatas, semoga bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda dalam mewaspadai penyakit batu empedu ini. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.