Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

5 Faktor Utama Penyebab Kanker Otak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Kanker Otak

Dari beberapa kasus penyakit kanker otak, pada umumnya tidak diketahui apa yang dapat menyebabkan penyakit kanker otak, namun penyakit ini tidak menular. Kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian otak, dimana sel sel kanker tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi otak, apa bila fungsi otak mengalami kerusakan maka akan berdampak buruk bagi sistem kerja tubuh.

Kasus kanker otak relatif lebih sedikit dibandingkan dengan kasus penyakit kanker lainnya. DI Inggris terdapat sekitar 9400 orang terdiagnosis setiap tahunnya dengan kasus tumor yang dimulai di otak, atau di sistem saraf pusat (SSP) atau di dalam tengkorak. Sekitar setengahnya menderita tumor otak ganas (kanker) dan setengahnya lagi merupakan tumor jinak (non kanker) atau tumor yang belum diketahui apakah ganas atau jinak. Hal ini disebabkan karena tumor yang tumbuh pada otak atau SSP terlalu sulit untuk diambil sampelnya (biospi) untuk dilakukan diagnosis.

Tumor otak ganas (kanker) lebih sering terjadi pada kaum laki laki dibandingkan perempuan, sedangkan tumor otak jinak lebih sering terjadi pada perempuan. Tumor otak ganas (kanker) sangat sulit untuk disembuhkan, namun tidak perlu khawatir, yang perlu kita lakukan adalah menjauhkan diri dari kanker otak ini, caranya adalah dengan mengetahui penyebab penyebab dari penyakit ini.

Faktor utama penyebab Kanker otak

1. Usia

Kanker otak dapat terjadi pada orang dengan usia berapa pun, namun secara umum, seiring dengan bertambahnya usia maka resiko terkena kanker otak akan bertambah. Di Inggris terjadi kasus sekitar 400 anak dibawah usia 15 tahun didiagnosis dengan tumor otak setiap tahunnya. Tumor otak ini merupakan jenis kanker paling sering terjadi kedua pada anak anak. Terdapat sekitar 300 remaja dan dewasa ( usia 15 hingga 24 tahun) didiagnosis dengan tumor otak setiap tahunnya. Pada kelompok usia ini kanker otak merupakan jenis kanker paling sering terjadi keempat.

2. Paparan Radiasi Medis

Salah satu faktor penyebab kanker otak adalah paparan radiasi medis. Jenis penyakit tumor otak antara lain miningioma, kanker ganas glioma sering terjadi pada orang yang telah sering menjalani proses radioterapi, CT scan atau sinar-X untuk kepala. Sebisa mungkin untuk menerima paparan radiasi serendah rendahnya jika memang harus melakukan proses proses medis diatas.

3. Riwayat keluarga

Sebagian kecil faktor penyebab dari kanker otak adalah faktor genetik atau faktor riwayat keluarga. Apabila dikeluarga anda ada yang memiliki riwayat penyakit kanker otak maka kemungkinan anda pun dapat terkena penyakit ini.

4. Obat obatan dan kondisi medis lainnya

Orang dengan HIV AIDS (ODHA) memiliki resiko dua kali lipat lebih besar terkena penyakit tumor otak dibandingkan dengan orang lainnya. Wanita menopause yang menjalani terapi pergantian hormon (HRT) lebih beresiko terkena kanker otak meningioma dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah melakukan proses terapi HRT.

5. Obesitas dan malas berolahraga

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker otak. Bayi yang baru lahir dengan berat badan 4kg memiliki peningkatan resiko lebih tinggi terkena tumor otak dibandingkan dengan bayi yang lebih ringan.

Olah raga pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak, rutin berolah raga dapat menjaga kesehatan jantung, sehingga aliran darah keseluruh tubuh dapat berjalan dengan lancar, termasuk ke otak. Dengan demikian asupan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah terpenuhi dan otakpun tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Itulah kelima faktor penyebab dari kanker otak. Dengan mengetahui penyebab penyebab tersebut diharapkan penyakit ini tidak akan terjadi pada diri anda, dan populasi pengidap penyakit kanker otak semakin berkurang. Perlunya ditingkatkan kesadaran masyarakat akan berbahayanya penyakit ini sehingga keinginan untuk mencegah dan menghidarinya semakin tinggi. Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga dapat berguna bagi kesehatan kita khususnya dalam menghindari penyakit kanker otak.

Source : www.cancerresearchuk.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.