Mengenal Gejala dan Ciri Ciri Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks – Leher rahim adalah bagian yang sempit di bawah rahim yang terbuka menuju ke vagina. Human papillomavirus (HPV) adalah penyebab hampir semua kasus kanker serviks yang terjadi. Data menunjukkan bahwa sekitar 14 juta infeksi baru terjadi setiap tahun. Kebanyakan orang yang mengalami infeksi HPV tidak mengalami gejala apapun dan hilang tanpa pengobatan. Namun, strain tertentu dari virus dapat menginfeksi sel dan menyebabkan masalah serius seperti kanker serviks.

Dahulu kanker serviks merupakan penyebab kematian akibat kanker paling umum untuk wanita. Untungnya sekarang dengan berkembangnya ilmu pengobatan medis, semakin mudah untuk mencegah penyakit kanker serviks. Tes rutin Pap Smear, vaksin HPV, dan pengujian HPV salah satu contoh langkah penting untuk mencegah kanker serviks. Mengetahui gejala kanker serviks juga berguna untuk deteksi dini dan pengobatan yang cepat.

Gejala dan Ciri Ciri Kanker Serviks

Pasien jarang mengalami gejala kanker serviks pada stadium awal. Sehingga sangat penting untuk melakukan tes Pap Smear secara teratur untuk deteksi dini dan pengobatan prakanker. Gejala biasanya baru muncul ketika sel-sel kanker sudah berkembang melalui lapisan atas jaringan serviks ke dalam jaringan di bawahnya. Hal ini terjadi ketika sel-sel prakanker tidak diobati dan sel kanker serviks telah berkembang. Berikut adalah gejala-gejalanya :

gejala kanker serviksPerdarahan Vagina

Perdarahan yang tidak normal adalah gejala yang paling umum dari kanker serviks invasif. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi dan setelah berhubungan intim. Kadang-kadang juga dapat berupa flek atau keputihan.

Perdarahan vagina juga dapat terjadi pada wanita menopause yang tidak lagi memiliki periode menstruasi. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak normal dan bisa menjadi salah satu tanda peringatan kanker serviks atau masalah serius lainnya. Anda harus pergi ke dokter jika hal ini terjadi.

Keputihan

Seiring dengan terjadinya perdarahan, banyak pasien juga mulai mengalami keputihan yang tidak biasa, yang biasanya berciri:

  • putih atau coklat
  • bening
  • berair
  • berbau busuk
  • bisa mengandung darah

Jika Anda mengalami gejala pendarahan yang tidak normal dan keputihan secara terus menerus, maka ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk deteksi dini kanker. Sehingga jika memang benar adanya kanker, maka pengobatan bisa lebih cepat dilakukan.

Lihat Juga : Obat Herbal Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Sementara perdarahan dan keputihan mungkin merupakan tanda-tanda awal kanker serviks, gejala yang lebih berat akan berkembang di tahap-tahap selanjutnya. Gejala kanker serviks stadium lanjut dapat mencakup:

  • nyeri punggung atau panggul
  • kesulitan buang air kecil atau buang air besar
  • darah dalam urine
  • pembengkakan salah satu atau kedua kaki
  • nyeri tulang
  • kelelahan
  • nafsu makan berkurang
  • penurunan berat badan

Jika Anda mengalami beberapa gejala kanker serviks diatas, kami sarankan untuk segera periksakan ke dokter. Karena penanganan kanker yang belum ganas akan lebih mudah untuk penyembuhannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.