Kenali Gejala dan Penyebab Jantung Koroner Sejak Dini

gejala jantung koronerJantung koroner merupakan penyakit paling mematikan didunia. Jantung koroner terjadi akibat dari tersumbatnya pembuluh arteri koroner sehingga aliran darah yang membawa suplai oksigen ke janutng terhambat. Tersumbatnya pembuluh arteri koroner tersebut disebabkan oleh plak plak yang semakin menumpuk. Berikut gejala penyakit jantung koroner :

– Angina (nyeri pada bagian dada)

Angina merupakan sesak pada bagian dada serasa ada yang menekannya sehingga menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat. Angina berhubungan dengan kegiatan bergerak badan dan kemudian dapat hilang dengan beristirahat. Biasanya terjadi pada dada bagian tengah atau kiri. Angina pada umumnya dipicu oleh pikiran stres atau emosional. Rasa nyeri pada angina biasanya dapat hilang dalam beberapa menit setelah merileksasi pikiran. Pada beberapa orang, khususnya perempuan, rasa nyeri tersebut mungkin hanya sekilas dan terasa pda bagian leher, lengan atau punggung.

– Sesak Nafas
Jika organ jantung tidak dapat maksimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh maka anda dapat mengalami sesak nafas dan kelelahan akibat tidak terpenuhinya asupan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

– Serangan jantung

Pembuluh arteri koroner yang tersumbat dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Tanda dan gehala serangan jantung meliputi dada terasa nyeri, rasa sakit pada bahu dan lengan, terkadang disertai dengan sesak nafas dan berkeringat.

Jika anda mengalami gejala gejala diatas maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena penanganan yang cepat dan tepat akan berdampak positif bagi kesembuhan penyakit yang anda derita. Baca juga artikel terkait : penyakit yang menimbulkan jantung koroner

Penyebab Jantung Koroner

Penyebab dari jantung koroner yang pasti adalah menyempitnya pembuluh arteri koroner. Selain itu penyakit jantung koroner dapat disebabkan oleh :

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol yang tinggi
  • Merokok
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Riwayat keluarga
  • Gaya hidup yang tidak sehat

Penyebab penyebab tersebut dapat merusak pembuluh darah arteri, menimbulkan terjadinya penumpukan lemak (plak) yang disebabkan kadar kolesterol yang tinggi serta produk limbah lainnya yang dapat menumpuk pada pembuluh arteri koroner yang biasa dikenal dengan istilah aterosklerosis.

Faktor risiko untuk penyakit jantung koroner

  • Usia. Semakin tua usia seseorang maka faktor penyempitan dan kerusakan pembuluh arteri koroner semakin tinggi.
  • Jenis kelamin. Pada umumnya pria lebih beresiko terkena penyakit jantung koroner dibandingkan wanita. Namun pada wanita tingkat resiko akan meningkat setelah masa menopause.
  • Riwayat keluarga. Apabila keluarga anda pernah mengalami penyakit jantung koroner, maka anda pun beresiko terkena juga.
  • Merokok. Baik perokok aktif maupun perokok pasif memiliki tingkat resiko yang tinggi terkena penyakit jantung koroner.
  • Tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi membuat otot jantung bekerja ekstra sehingga menimbulkan kerusakan dan penebalan pada otot otot pembuluh arteri koroner. Dengan demikian aliran darah pun akan terhambat.
  • Kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat membentuk plak plak pada pembuluh darah yang disebut aterosklerosis. Kolesterol tinggi ini dapat disebabkan oleh tingginya kadar Low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat, serta rendahnya tingkat high-density lipoprotein (HDL) atau yang disebut kolesterol baik.
  • Diabetes atau kencing manis. Diabetes selalu dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung koroner.
  • Obesitas. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh arteri koroner, sehingga suplai darah ke jantung akan terhambat.
  • Kurang berolahraga. Malasnya berolah raga sangat berpengaruh pada tingkat obesitas dan kolesterol yang dapat menyebabkan resiko jantung koroner.
  • Stres. Stres yang tidak kunjung hilang dapat merusak pembuluh arteri dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Itu lah beberapa info mengenai gejala dan penyebab jantung koroner yang harus diketahui. Penyakit jantung koroner memang penyakit paling mematikan di dunia, namun kita tidak perlu takut asalkan dapat menghindari faktor faktor penyebab dari penyakit ini.

Dan yang paling penting terapkan pola hidup yang sehat, apa bila merasakan gejala gejala diatas maka segera periksakan ke dokter. Dengan demikian dapat lebih mudah untuk disembuhkan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang kesehatan jantung.

Source : www.mayoclinic.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.