Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Gejala Penyakit Kista Yang Perlu Diwaspadai

Gejala dari kista yang perlu diwaspadai – Penyakit kista ovarium banyak mengenai seseorang wanita yang masih memiliki masa subur, dari penyakit kista banyak di takuti oleh kaum perembuan karena dapat menggangu fungsi lain yang berada pada organ tubuh seperti memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar dan keluar secara berlebihan seperti mengalami pendarahan.

Gejala Kista

Kista pada ovarium ini sebenarnya tidaklah berbahaya, tergantung dari jenis dan ukuran pada kista tersebut. Pada kista ini akan berubah menjadi ganas bila ukurannya sangat besar dan menggangu pasokan darah yang menuju ke ovarium.

Kista ini memiliki bentuk seperti kantung yang dapat berisikan seperti material gas, maupun cairan. Dari jenis kista non neoplastik ini termasuk jenis kista yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya sekitar 2 bulang hingga 3 bulan. Dari gejala pada kista ini memiliki ciri yang lebih dominan memiliki perubahan atau bentuk di sekitar ovarium.

Perlu diwaspadainya benjolan yang berada pada tubuh tidak kunjung hilang, malah kian hari malah kian membesar, dan mengalami perpecahan benjolan tersebut di dalam tubuh. Dari munculnya penyakit kista ini memiliki 2 jenis yaitu jenis kista non neoplastik dan juga kista neoplastik. Jenis kista non neoplastik ini termasuk jenis kista yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, bila jenis kista neoplastik ini termasuk jenis kista yang cukup terbilang berbahaya karena pada jenis kista neoplastik ini dapat mengundang seseorang dalam menderita sel kanker, hal ini dapat di lihat dari ukuran dan jenisnya.

Gejala dari penyakit kista

Kenali gejala kista yang dapat menolong seseorang agar tidak memasuki tahap yang sangat para pada penyakit kista. Dari kebanyakan seorang wanita telat mengetahui bahwa adanya kista yang telah berkembang pada tubuh mereka. Berikut adalah termasuk gejala gejala yang dapat mengarah pada pertumbuhan kista pada ovarium yang harus segera diperhatikan, yaitu seperti.

  1. Memiliki rasa nyeri pada bagian payudara
  2. Rasa mual dan ingin muntah
  3. Memiliki rasa nyeri pada bagian panggul hingga sampai kebahian paha serta punggung bagian bawah
  4. Memiliki perubahan dari mestruasi yang tidak lancar dan mengeluarkan darah kotor secara berlebihan
  5. Merasa sakit saat melakukan hubungan suami istri
  6. Memiliki gangguan pada pencernaan
  7. Memiliki bejolan yang berada pada perurt bagian bawah
  8. Perut terasa kembung
  9. Sering membuang air kecil
  10. Sulit untuk membuang air kecil maupun besar

Seseorang yang memiliki penyakit kista ini biasanya kurang menjaga pola asupan dan juga dapat di akibatkan dari seseorang yang memiliki keturunan saudara sekandung yang mengidap penyakit kista. Seorang wanita akan mudah terserang oleh penyakit kista ini bila seseorang memiliki ciri ciri seperti bi bawah ini, yaitu seperti :

  1. Pernah hamil dan tidak pernah menyusui
  2. Merokok dan mengkonsumsi minuman keras
  3. Memiliki penyakit kanker payudara
  4. Belum pernah hami
  5. Mengkonsumsi obat untuk memberikan ketingkatan pada kesuburan
  6. Saat ingin memasuki meopause
  7. Memiliki usia yang cukup terbilang tua seperti 50 tahun hingga 60 tahun
  8. Memiliki keturunan gen mutasi BRCA 1 dan BRCA 2.
  9. Pernah melakukan hormon terapi setelah menopause
  10. Memiliki inveksi pada bagian kelamin yang dapat memicu pertumbuhan sel yang tidak normal pada tubuh atau dapat memicunya tumor jinak

Baca juga informasi tentang Perbedaan Kista dan Miom.

Itulah gejala dan tanda penyakit kista yang perlu diwaspadai, sehingga risiko kista semakin membesar akan berkurang.

Source : www.medicalnewstoday.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.