HAL-HAL PEMICU atau PENYEBAB KANKER HATI

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengetahui bahwa hatinya mengalami kerusakan sebelum ia merasakan gejala yang ditimbulkannya. Faktor ini dikarenakan ketidaktahuannya mengenai penyebab rusaknya hati. Organ hati memang termasuk organ yang cukup rentan dari berbagai ancaman virus jahat. Virus yang berasal dari penyakit organ lain maupun virus yang berasal dari luar tubuh. Virus  tersebut akan merusak sel-sel hati yang dengan cepat akan mengakibatkan hati melemah dan tumbuhnya penyakit seperti kanker hati.

Penyebab Kanker Hati

Kanker hati termasuk penyakit yang cukup serius apabila tidak ditangani dengan khusus. Gejala yang timbul akan memberikan efek yang tidaknyaman bahkan kematian. 30 tahun kebelakang penderita kanker hati dialami oleh mereka yang berusia 40 sampai 50 tahun ke atas, tapi sekarang penderita kanker hati dialami oleh kaum muda dibawah umur 25 tahun bahkan usia dini sekitar 3 tahun kebawah.

Kanker hati dikategorikan menjadi 2, kanker hati sekunder dan kanker hati primer. Kanker hati sekunder terjadi karena sel kanker yang menyerang hati berasal dari organ tubuh lainya yang mengalami kanker. Sedangkan kanker hati primer yakni sel kanker sejak awal memang tubuh dan membesar di organ hati. Banyak faktor yang menyebabkan semakin banyaknya penderita kanker hati, salah satu penyebabnya yakni karena makanan yang mengandung zat kimia.

Masih banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab tumbuhnya atau terjadinya kanker hati. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai beberapa hal yang bisa memicu hati mengalami kanker.

  1. Penyakit hepatitis. Adanya penyakit hepatitis yang dialami baik itu hepatitis B maupun hepatitis C akan memberikan efek buruk bagi hati. Persentase faktor luar yang menyebabkan kanker hati hanya 30 % selebihnya dikarenakan adanya penyakit hepatitis B dan hepatitis C. Virus hepatitis B dan hepatitis C akan cepat merusak jaringan sel dalam hati yang bisa menimbulkan tumbuhnya sel kanker.
  2. Makanan tidak sehat. Makanan yang tercampur dengan zat kimia akan memberikan efek buruk bagi kesehatan hati terutama alkohol. Kadar alkohol yang dikonsumsi dengan jumlah yang banyak selain bisa menghilangkan kesadaran juga bisa merusak sel hati.
  3. Makanan yang melalui proses penggorengan. Minyak yang banyak mengandung banyak kolestrol tidak baik apabila terlalu banyak pengonsumsiannya. Kolestrol dalam darah akan membuat hati lebih keras dalam melakukan tugasnya.
  4. Makanan rekayasa genetik. Sekarang telah banyak makanan yang telah melalui proses genetika seperti adanya penambahan zat kimia dengan tujuan bisa membuat makanan yang lebih produktif. Telah banyak makanan yang telah melalui proses rekayasa genetik seperti sayuran, buah-buahan bahkan makanan pokok (padi, gandrum). Baca juga : Obat Herbal Kanker Hati
  5. Asap rokok. Zat kimia yang terlalu banyak dalam rokok akan cepat memberikan dampak negatif pada hati. Hati yang bertugas menyaring setiap zat berbahaya dalam darah dan membuangnya melalui urin secara langsung zat tersebut akan merusak sel pada hati.
  6. Obesitas. Kegemukan atau obesitas secara tidak sadar memberikan kerusakan bagi hati dalam jangka panjang. Lemak yang terkandung dalam tubuh membuat hati harus berkerja lebih keras lagi dalam menjalankan tugasnya.
  7. Jenis kelamin. Faktor ini tidak selalu jadi indikator sebagai penyebab kanker hati tapi pria lebih tinggi resiko terkena kanker hati. Bahkan 3 kali lebih besar kemungkinan dari pada wanita. Yang mengakibatkan laki-laki lebih dominan terkena kanker hati karena laki-laki lebih sering berkegiatan diluar rumah sehingga lebih mudah terpapar langsung dengan polusi kota, radikal bebas dan virus penyebab infeksi hati.
  8. Penggunaan obat kuat. Jenis obat seperti steroid anabolic yang biasa digunakan para atlet untuk meningkatkan stamina selama kegiatan bertanding secara tidak sadar membuat hati mengalami penurunan fungsi karena zat obat tersebut sangat keras bagi sel hati.

Beberapa hal tersebut bisa membuat hati Anda mengalami kerusakan total karena adanya sel kanker yang tumbuh didalamnya, oleh karena itu mulailah dari sekarang untuk mengurangi atau berhenti melakukan beberapa hal penyebab tumbuhnya sel kanker dalam hati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.