Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Hal Hal Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Ginjal

Pemicu Kerusakan Pada GinjalGinjal yang rusak akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa pemicu kerusakan ginjal yang berasal dari makanan yang dikonsumsi ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Selain liver atau hati, ginjal adalah organ yang berfungsi untuk membuang semua zat racun yang berada di dalam tubuh tujuannya agar tubuh tidak terkena racun.

Kinerja ginjal yang berkurang kemungkinan tidak dirasakan bagi pengidapnya. Sehingga perlu untuk menangani ginjal ketika masih dalam kondisi yang sehat dengan memahami apa pemicu ginjal rusak dan tidak ada salahnya mencoba untuk mencegah penyebabnya.

Penyebab Kerusakan Pada Ginjal

1. Mengkonsumsi Makanan yang Tinggi Kadar Garam

Tubuh memang memerlukan zat zat penting dan nutrisi seperti natrium dan garam. Namun, tidak sedikit masyarakat sangat percaya kalau orang yang terlalu banyak mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga mempengaruhi fungsi ginjal. Tekanan darah yang tinggi akan memberatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah.

2. Kebiasaan Buruk Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Apabila anda sering mengonsumsi minuman alkohol dalam jumlah yang berlebihan dan menjadi suatu kebiasaan, maka organ ginjal akan mengalami kerusakan. Khususnya di indonesia sekarang ini banyak jenis minuman alkohol oplosan yang menyebabkan kematian dikarenakan dari bahan pengolahan yang tidak baik. Kondisi tersebut perlu diperhatikan bagi para pencandu minuman alkohol. Maka organ ginjal dan liver akan mendapatkan suatu beban yang tinggi yang wajib anda jauhi dan diwaspadai. Baca juga Pola Makan dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

3. Efek Dari Obat Obatan Kimia Seperti Painkiller atau Obat Tidur

Saat mengalami rasa sakit di area tubuh dan tidak mengganggu, tidak sedikit orang akan mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit. Dengan mengonsumsi obat penurun rasa sakit akan menyebabkan kerusakn pada organ ginjal dan liver. Sebab kedua jenis organ tersebut sangat penting untuk dijaga dengan baik dengan cara tidak menggunakan obat sembarangan.

4. Sering Mengalami Dehidrasi

Kurangnya minum air putih atau sering disebut dengan istilah dehidrasi dapat menyebabkan peran ginjal tidak bekerja dengan benar. Maka, ancaman bagi yang kurang minum air putih yaitu racun yang terdapat dalam tubuh akan mengalami pengendapan sehingga timbulnya gangguan yang sangat buruk bagi ginjal.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan timbulnya masalah pada ginjal. Apabila mengonsumsi minuman manis dalam sehari dua gelas atau lebih akan menguatkan resiko untuk tubuh anda memproduksi protein dalam air seni. Jika air seni memiliki kandunga protein adalah suatu gejala utama yang menandakan kalau ginjal tidak berfungsi dengan normal.

6. Mengalami Malnutrisi dan Gizi yang Tidak Seimbang

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang akan selalu melindungi tubuh menjadi sehat, khususnya makanan yang telah terpercaya kualitas kebersihannya. Jika mengalami banyak kekurangan vitamin dan mineral akan meningkatakan resiko terkena penyakit batu ginjal serta gagal ginjal.

Untuk mengurangi risiko dari penyakit batu ginjal yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium dan vitamin B6 yang disertai banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar. Dengan mengonsumsi jenis makanan sehat yang seimbang akan membuat fungsi ginjal tetap terlindungi dengan baik dan penyakit kerusakan pada ginjal pun dapat terhindar.

7. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Teh dan Kopi

Selain gula dan garam saja yang dapat menimbulkan dampak tidak baik untuk ginjal, namun zat kafein yang terdapat pada minuman kopi dan teh akan mengakibatkan tekanan darah bisa bertambah naik. Dan saat kondisi ini ginjal bisa memperoleh beban tambahan yang akan mendapat keadaan ginjal bertambah parah saat menjalankan fungsinya. Apabila sering mengonsumsi teh dan kopi serta dalam takaran yang tidak wajar akan menyebabkan ginjal menjadi cepat rusak. Jika mengonsumsi kopi dengan porsi yang benar akan menghasilkan keuntungan untuk tubuh.

8. Tidak Mencukupi Jam Istirahat

Apabila anda sering mengalami kurang istirahat atau tidur pada malam hari dapat berpengaruh pada kesehatan ginjal, jadi sangat perlu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan benar. Jika anda kurang tidur pada malam hari akan berdampak pada jaringan utama di tubuh akan rusak. Perlu diketahui tidur di malam hari merupakan hal yang tepat untuk ginjal meregenerasi sel selnya.

Itulah beberapa faktor pemicu yang dapat merusak ginjal baik dari gaya hidup ataupun makanan tertentu. Oleh sebab itu dengan mengetahui beberap faktor di atas diharapkan kita dapat lebih waspada dalam menjaga kesehatan ginjal untuk terhindari dari penyakit serius seperti batu ginjal ataupun gagal ginjal.

Sumber : www.healthline.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.