Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

HAL-HAL PENYEBAB PENYAKIT ASAM URAT

Sebelum membahas apa saja hal-hal penyebab timbulnya asam urat, alangkah lebih baiknya Anda juga tahu asam urat itu apa. Sehingga cukup mudah untuk anda memahami kenapa hal-hal berikut bisa memicu asam urat.

Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah zat yang dihasilkan oleh pemecahan zat purin yang diolah dialam ginjal. Terlalu banyak asam urat dalam tubuh maka semakin lama asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal yang cukup tajam. Kristal itu akan berhenti disetiap persendian yang akan membuat rasa sakit. Persendian yang sering sakit antara lain persendian kaki dan tangan bahkan pada kebanyakan kasus kebanyakan penderita mengeluh lutut kaki dan sikut tangan terasa sangat sakit.

setiap makanan atau kegiatan yang kita lakukan secara tidak sadar menyumbangkan asam urat yang stiap hari akan terus meningkat. maka dari itu diperlukan perhatian penuh dari diri sendiri untuk ada niatan menjauhkan diri dari beberapa hal berikut pemicu terjadinya penumpukan zat asam urat.

  1. kurangnya hormon esterogen. hormon ini bertugas untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh. kurangnya hormon esterogen dalam tubuh maka asam urat pun akan terus bertambah dari hari ke hari karena setiap hari manusia selalu membutuhkan makanan, dan pasti makanan itu memiliki zat purin didalamnya.
  2. pola hidup tidak sehat. yang dimaksud dengan pola hidup tidak sehat yakni sering merokok, suka meminum minuman berlakohol. zat kimia yang terdapat dalam kedua bahan ini mampu merusak organ ginjal dalam tubuh. alhasil metabolismenya tidak akan lancar dan mengakibatkan penumpukan zat asam urat dalam darah. semakin hari maka semakin banyak zat asam urat dalam darah yang mengakibatkan penumpukan yang terus membesar.
  3. sering meminum minuman dengan kadar gula melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh. sekarang telah banyak sekali minuman instan yang mudah untuk dijumpai diberbagai tempat yang memungkinkan anda selalu meminum minuman dengan kadar gula berlebih. glukosa yang terlalu banyak dalam tubuh akan membuat zar purin dalam tubuh juga meningkat. selain itu kemasan yang digunakan pun akan memberikan efek buruk dalam jangka waktu yang lama, bahan plastik atau sterofhome yang digunakan akan bercampur dengan air yang diolah. belum juga bahan pengawet yang tidak bagus untuk kesehatan.
  4. suka mengonsumsi makanan yang di pantang penderita asam urat. beberapa makanan banyak diperkaya zat yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh seperti daging babi, daging sapi, daging kambing dan makanan laut (kerang, cumi-cumi dan ikan ikan tertentu).
  5. mengonsumsi obat-obatan yang memicu timbulnya asam urat. banyak masyarakat yang hanya meminum obat-obatan begitu saja dengan alasan penyakit yang dideritanya bisa sembuh tanpa memperhatikan kandungan apa saja yang ada didalamnya. beberapa obat mampu membuat kadar asam urat meningkat seperti obat niacin, aspirain dan obat-obatan lainya yang sering digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  6. adanya penyakit turunan dari orang tua. sebagian besar dari penderita mengaku bahwa mereka memiliki riwayat penyakit asam urat. hal ini bisa dikurangi apabila anda menganut pola hidup yang lebih sehat.
  7. karena adanya penyakit yang diderita sebelumnya. sisa dari penyakit yang diderita penderita asam urat sebelumnya juga turut ikut campur dalam memberikan peningkatan asam urat dalam tubuh. penyakit yang dimaksud seperti Osteoartritis atau pengapuran sendi, tekanan darah, darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes type 1 maupun type 2 dan kolestrol yang tidak seimbang.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Setelah Anda mengetahuinya kini tinggal ada niatan dari diri sendiri untuk menjauhinya dan memulai hidup yang lebih sehat. Mulailah dengan menjadwalkan kembali kegiatan fisik seperti olahraga secara rutin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.