Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

khasiat susu kedelai untuk kesehatanSemua orang pasti mengetahui susu kacang yang berasal dari kacang kedelai dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti protein nabati, asam lemak esensial, dan mineral lainnya seperti kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi yang berguna untuk metabolisme tubuh. Susu dari kacang kedelai ini juga dapat memberikan tambahan energi untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap susu hewani seperti susu sapi atau kambing dapat menggunakan susu dari kacang kedelai ini sebagai alternatif pengganti. Jadi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu tetap dapat mendapatkan manfaat dari susu yang alami.

Nah apa saja manfaat mengkonsumsi susu kedelai untuk kesehatan? Mari kita simak bersama sama penjelasan tentan manfaat mengkonsumsi susu kacang kedela di bawah ini dengan cermat.

Khaisat Susu Kedelai Untuk Tubuh Manusia

Sumber Protein Nabati

Susu kedelai mengandung protein nabati yang tidak hanya terdiri dari asam amino, tapi juga mengandung asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan proses metabolisme tubuh. Asam amino ini akan diubah oleh tubuh menjadi antibodi tubuh yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia, dan dalam proses pembentukan sel sel tubuh.

Di dalam susu kacang kedelai juga terkandung  enzim yang dapat memberikan tambahan energi untuk sel sel di dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi protein nabati yang terdiri dari asam amino dan asam lemak esensial.

Sumber Zat Kalsium dan Zat Besi

Kalsium di dalam susu kacang ini juga dapat menggantikan kalsium dari susu hewani untuk pertumbuhan tulang Anda ditambah zat besi yang penting untuk pembentukan sel sel darah merah di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi susu kacang kedelai maka tulang Anda akan semakin kuat, mencegah osteoporosis, dan tidak terancam oleh kondisi anemia atau kekurangan sel sel darah merah.

Sumber Multivitamin B dan Riboflavin

Vitamin B Kompleks yang ada di dalam susu kacang kedelai seperti vitamin B-2, B-12, dan riboflavin sangat penting untuk menjaga keutuhan DNA, melancarkan fungsi sel darah merah dan pembuluh darah, serta meningkatkan respon syaraf tubuh. Selain itu ditambah senyawa riboflavin yang dapat membantu produksi energi dalam sel tubuh dan mencegah kerusakan genetika DNA.

Memperkuat Dinding Pembuluh Darah

Senyawa omega-3, omega-6, ditambah phyto-anti oksidan yang ada di dalam susu kacang kedelai ini dapat melindungi dan mencegah pembuluh darah dari kerusakan. Kandungan ini akan melapisi dinding pembuluh darah dan menangkal radikal bebas seperti kolesterol yang menempel di lapisan pembuluh darah.

Selain itu senyawa ini juga dapat melancarkan peredaran darah dengan meningkatkan elastisitas dan fluiditas dari pembuluh darah yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu tekanan darah akan semakin stabil, darah tidak mudah mengental dan menggumpal, serta mempercepat pengeringan luka.

Menangkal Lemak Jenuh dan Kolesterol Jahat

Susu kacang kedelai termasuk susu yang rendah lemak, berbeda dengan susu hewani seperti susu sapi yang mengandung lemak dan kolesterol cukup tinggi. Kandungan lemak yang ada di dalam susu kedelai ini adalah lemak tak jenuh tanpa adanya kandungan kolesterol.

Dengan mengkonsumsi susu kacang kedelai secara rutin dapat menjauhkan penyakit kolesterol tinggi dan trigliserida yang berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah. Susu kacang kedelai dapat menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol jahat di dalam tubuh dengan menambah jumlah kolesterol baik di dalam tubuh Anda.

Menjaga Berat Badan yang Ideal Secara Alami

Susu kacang kedelai juga termasuk rendah karbohidrat bila dibandingkan dengan jenis susu hewani sehingga baik untuk dikonsumsi orang yang mengalami kegemukan atau diabetes. Dengan begitu susu kacang kedelai dapat menjadi media diet alami bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan atau gula darah yang diatas normal.

Baca juga artikel tentang Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Disaat Musim Hujan

Kandungan serat didalamnya juga dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menahan nafsu makan yang melonjak. Dengan begitu dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan yang ideal secara alami dengan mengkonsumsi satu gelas susu kacang kedelai di pagi hari tanpa tambahan gula secara rutin.

Source : www.webmd.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.