Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Komplikasi Yang Terjadi Akibat Dari Infeksi Virus HIV AIDS

komplikasi akibat infeksi virus HIVInfeksi virus HIV dalam tubuh manusia akan menyebabkan seseorang kehilangan daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit berbahaya lain yang disebabkan virus atau bakteri. Tentunya kondisi ini sangat beresiko dan mengancam nyawa seseorang karena berbagai penyakit menginfeksi di saat yang bersamaan.

Oleh karena itu perawatan dan penanganan kesehatan pada orang yang HIV positif sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi oportunitis ini.

Komplikasi yang Di Timbulkan Akibat Virus HIV AIDS

Apa saja resiko komplikasi akibat infeksi HIV pada seseorang? Mari lihat bersama penjelasannya di bawah ini:

1. Infeksi Virus Pada Kulit (Herpes)

Komplikasi pertama yang terjadi akibat infeksi virus HIV adalah herpes. Biasanya virus herpes ini disebarkan dengan bentuk cairan tubuh misalnya air susu ibu, air mani, urin, darah dan air liur. Sistem imun tubuh yang sehat sebenarnya bisa mematikan virus, akan tetapi virus masih aktif dalam tubuh pengidap. Bila sistem imun tubuh menurun, maka virus timbul kembali dan akan menimbulkan kerusakan di paru paru, saluran pencernaan, mata atau organ lain pengidap.

2. Infeksi Bakteri TBC

Komplikasi berikutnya yang disebabkan akibat virus hiv adalah penyakit TBC. TBC merupakan infeksi yang berbahaya sangat banyak dihubungkan dengan HIV dan adalah pemicu utama kematian pengidap AIDS. Banyak orang sekarang ini terkena infeksi TBC dan HIV, serta tidak sedikit penelitian mengatakan bahwa kombinasi kedua penyakit ini bisa menjadi wabah yang mengancam suatu wilayah yang terjangkit.

3. Gangguan Syaraf Otak

Herpes simpleks ensefalitis (HSE) merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang menyerang sistem kinerja syaraf otak sehingga tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini akan ditandai dengan timbulnya gejala sakit kepala, kebingungan, perubahan perilaku, dan demam tinggi

4. Tumbuhan Sel Tumor atau Kanker

Kanker kelenjar getah bening timbul sebagai benjolan ungu, merah dan merah muda pada area leher atau ketiak.  Kanker kelenjar getah bening bersumber dari sel darah putih dan umumnya gejala awal timbul untuk kelenjar getah bening pengidap

5. Berat Badan Menurun Secara Drastis

Infeksi HIV dalam tubuh akan membuat daya tahan tubuh melemah sehingga tubuh akan memecah otot untuk mempertahankan kondisi daya tahan tubuh yang normal. Kondisi ini sering dialami bagi penderita HIV AIDS, yang kerap diikuti dengan demam, kelemahan kronis dan diare, penderitanya dapat mengalami kekurusan yang ekstrim karena suplai nutrisi yang terganggu di dalam tubuh.

6. Infeksi Peradangan Saraf Pusat

Meningitis merupakan peradangan terhadap cairan dan selaput yang mengelilingi sumsum tulang belakang (meninges) dan otak. Meningitis kriptokokal merupakan infeksi sistem saraf pusat, penyakit ini kerap timbul karena terhubung langsung dengan HIV, penyakit tersebut diakibatkan dari jamur yang terdapat di dalam tanah. Meningitis kriptokokus pun bisa diakibatkan dari fases kelelawar dan fases burung.

7. Infeksi yang Diakibatkan dari Jamur (Kandidiasis)

Kandidiasis merupakan suatu infeksi yang berhubungan dengan HIV umum. Kondisi ini menimbulkan inflamasi dan terjadinya dinding putih tebal di selaput lendir pada kerongkongan, lidah, mulut bahkan di dalam kemaluan wanita. Pengidap anak-anak kemungkinan mempunyai tanda terburuk khususnya di dalam kerongkongan atau mulut, yang bisa menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan saat makan. Baca juga info tentang Nutrisi Untuk Penderita HIV AIDS.

8. Infeksi Pada Saluran Pencernaan (Cryptosporidiosis)

Komplikasi terakhir yang dapat terjadi akibat infeksi virus HIV adalah infeksi saluran pencernaan. Infeksi ini diakibatkan dari parasit di dalam usus yang terdapat di dalam daging hewan yang dikonsumsi. Pengidap akan terkena kriptosporidiosis saat pengidap mengkonsumsi makanan yang telah tercampur dengan parasit tersebut yang dapat menganggu metabolisme pencernaan di dalam tubuh termasuk organ yang terlibat di dalamnya seperti kerongkongan, lambung, usus, hati, dan ginjal.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang komplikasi akibat infeksi virus HIV dalam tubuh manusia yang dapat menyebabkan AIDS sehingga terjadin komplikasi berbahaya seperti di atas. Oleh karena itu langkah pencegahan HIV AIDS adalah hal yang penting untuk dilakukan sedari dini.

Source : www.webmd.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.