Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Komplikasi Yang Terjadi Akibat Penyakit Asam Urat

Komplikasi penyakit asam uratAsam urat merupakan penyakit yang umum terjadi pada siapa saja, namun lebih sering dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Jangan pernah meremehkan penyakit yang satu ini, memang benar tidak ada kasus pasien yang meninggal karena penyakit asam urat akan tetapi penyakit asam urat dapat menyebabkan komplikasi komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Nah pada kesesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat dari penyakit asam urat, tapi sebelum membahas lebih jauh mari di simak penjelasan singkat mengenai penyakit asam urat terlebih dahulu.

Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi akibat dari berlebihnya zat purin dalam tubuh yang kemudian akan mengendap pada persendian dan membentuk kristal-kristal. Penyakit asam urat ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya yang disertai pembengkakan pada persendian dan terasa panas. Bagian tubuh yang sering terserang asam urat adalah bagian sendi jari-jari tangan dan kaki. Lutut dan pergelangan kaki.

Asam urat dapat terjadi akibat dari mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat purin. Makanan tersebut antara lain jeroan, daging, makanan laut. Dll. Baca artikel terkait seputar 7 Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat.

Komplikasi Penyakit Asam Urat

Berikut beberapa komplikasi penyakit yang dapat terjadi akibat penyakit asam urat jika tidak segera diobati, antara lain :

1.Gagal Ginjal

Komplikasi pertama yang dapat terjadi akibat asam urat yang terlalu tinggi yaitu penyakit gagal ginjal. Seorang yang memiliki penyakit asam urat cenderung dapat mengalami kerusakan fungsi ginjal, ungkap National Kidney Foundation. Hal ini disebabkan karena adanya endapan kristal kristal pada ginjal, dimana endapan kristal ini memaksa ginjal harus bekerja lebih ekstra sebagai saluran pembuangan yang lama kelamaan ginjal akan mengalami kerusakan.

2. Batu Ginjal

Selain dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal, komplikasi penyakit asam urat dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Hal ini terjadi karena adanya endapan endapan kristal pada ginjal yang tidak dapat dibuang seluruhnya oleh organ ginjal yang nantinya akan menumpuk dan mengendap pada ginjal , endapan ini kemudian akan membentuk kristal-kristal yang disebut batu ginjal. Berdasarkan hasil penelitian tingkat peluang seorang penderita asam urat mengalami batu ginjal adalah sebesar 15% sampai 20%.

3. Cacat Permanen

Rasa sakit yang teramat sangat yang disebabkan oleh asam urat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari serta dapat menyebabkan gangguan fisik. Gangguan fisik yang terjadi berulang kali dapat menyebabkan kerusakan pada persendian, kerusakan pada persendian yang parah dapat membuat penderita mengalami cacat fisik yang permanen.

4. Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan salah satu penyakit paling mematikan dan dapat terjadi karena asam urat. Pada tahun 2013 jurnal Rheumatology Inggris mengemukakan, penumpukan asam urat pada pembuluh darah membuat peredaran darah menjadi tidak lancar, hal memberikan dampak yang tidak baik bagi organ jantung yang harus bekerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat jantung mengalami penurunan fungsi dan dapat menyebabkan gagal jantung ( jantung koroner ).

5. Penyakit Diabetes

Komplikasi berikutnya yang dapat terjadi akibat penyakit asam urat adalah diabetes. Penumpukan senyawa purin pada pembuluh darah dapat menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh terganggu. Hal ini dapat meningkatkan terjadinya penumpukan kadar gula dalam darah. Penumpukan kadar gula dalam darah yang berlebih dapat menyebabkan penyakit diabetes.

6. Reumatik

Salah Satu komplikasi yang dapat terjadi lainnya adalah penyakit reumatik. Banyak yang beranggapan asam urat dan reumatik adalah sama, namun faktanya asam urat dan reumatik berbeda. Reuamtik adalah gangguan pada bagian pinggang yang umumnya terjadi akibat persendian yang kaku, nyeri sendi  serta penumpukan cairan pada pergelangan tangan maupun kaki. Selain itu asam urat juga dapat menyebabkan reumatik. Kadar asam urat yang sangat tinggi dapat memicu penyakit reumatik. Baca artikel terkait tentang Hal – Hal Penyebab Penyakit Asam urat

Itulah beberapa komplikasi komplikasi penyakit asam urat. Penyakit asam urat memang tidak mematikan namun jika didiamkan maka dapat sangat menyiksa penderitanya, selain itu dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu pencegahan adalah jalan yang terbaik dari pada mengobati. Mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan zat purin yang rendah menjadi solusi terbaik untuk pencegahan penyakit asam urat.

Semoga artikel mengenai komplikasi  yang terjadi akibat penyakit asam urat ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.