Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Komplikasi yang Disebabkan Penyakit Jantung Bengkak

KOMPLIKASI JANTUNG BENGKAKKomplikasi yang disebabkan penyakit jantung bengkak – Banyak orang yang tidak familiar dengan penyakit jantung bengkak dan hanya mengenali serangan jantung dan jantung koroner. Jadi apakah jantung bengkak itu? Jantung bengkak di dalam istilah kedokteran dikenal dengan sebutan kardiomegali yang memiliki arti membesarnya ukuran jantung melebih ukuran normal karena otot otot pada jantung mengalami stretching (tertarik) sebagai akibat dari kinerja pompa jantung yang berat, beberapa hal yang sering dikaitkan dengan kondisi ini ialah penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol atau tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu jantung bengkak dianggap sebagai hasil dari kondisi penyakit sebelumnya yang dibiarkan begitu saja tanpa ditangani dengan tepat sehingga organ jantung menjadi membengkak dan menimbulkan potensi komplikasi yang lebih berbahaya seperti, angina, aritmia, sulit bernafas, gagal jantung, sampai serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Perlu anda ketahui ada 5 komplikasi yang berbahaya mengancam kehidupan anda jika anda tidak menangani kondisi jantung bengkak yang dialami, berikut hal hal tersebut:

  1. Kerusakan katup jantung, pad aorgan jantung terdapat empat katup yang berfungsi sebagai pintu untuk mengalirkan darah di antara ruangan jantung. Tentu kondisi jantung yang bekerja dengan berat dan mengalami pembengkakan akan menyebabkan katup jantung tidak dapat bekerja dengan baik sehingga darah tidak mampu berpindah antar ruangan jantung. Selain pembengkakan jantung, katup jantung juga dapat mengalami disfungsi akibat demam rematik, cacat organ jantung, infeksi akibat virus (endokarditis infeksius), kerusakan jaringan ikat, konsumsi obat obatan tertentu, terapi radiasi kanker, yang berpotensi menimbulkan pembengkakan jantung.
  2. Kardiomiopati atau penyakit otot jantung, otot otot pada jantung juga dapat terkena penyakit yaitu menjadi kaku sehingga tidak mampu memompa darah secara maksimal keseluruh tubuh yang akan berakibat terjadinya penebalan pada otot jantung dan jantung menjadi membesar.
  3. Hipertensi pulmonal, tekanan darah tinggi ini terjadi secara lokal pada pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru paru sebagai akibat dari jantung yang bekerja berat untuk memompa dan memindahkan darah antara paru paru dan jantung, apabila dibiarkan maka jantung sebelah kanan akan membengkak.
  4. Anemia atau kekurangan sel darah merah, ketika jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal maka sel sel darah merah sehat kaya oksigen dan nutrisi untuk sel tubuh yang seharusnya dialirkan ke seluruh tubuh tidak mencukupi kebutuhan karena jantung yang membengkak tidak mampu memompa darah secara maksimal. Apabila anemia ini terus menerus dibiarkan maka akan menjadi kronis yang berpotensi menyebabkan detak jantung lebih cepat / tidak teratur karena jantung harus memompa lebih banyak darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh melalui sel darah merah.
  5. Gangguan kelenjar tiroid, detak jantung yang tidak teratur akibat jantung bengkak dapat menyebabkan fungsi kelenjar tiroid yang berfungsi mengatur detak jantung menjadi kurang aktif (hipotiroidisme) atau menjadi terlalu aktif (hipertiroidisme) yang berpotensi menimbulkan masalah pada jantung termasuk jantung bengkak itu sendiri.

Bagi anda yang memiliki kondisi jantung normal tentu haruslah bersyukur, sebab tidak semua orang lahir dengan jantung normal atau yang biasa dikenal dengan penyakit jantung bawaan / kelainan jantung / cacat jantung. Sebagai contohnya penyakit jantung bocor atau terdapat lubang dalam ruangan jantung tentu akan menyebabkan jantung harus bekerja lebih berat akibat tidak sempurnanya organ jantung itu sendiri. Lihat informasi tentang 11 Buah Untuk Mencegah Penyakit Jantung Bengkak.

Kondisi kerja berat jantung inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya pembengkakan jantung sehingga kita harus menjaga kesehatan jantung kita dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan jantung dan menjauhi musuh dari jantung yaitu kolesterol. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi multivitamin / food suplement untuk meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit kardiovaskular lainnya.

Sumber : www.mayoclinic.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.