Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

12 Langkah Mudah Agar Penyakit Asma Tidak Kambuh Kembali

12 langkah mudah agar asma tidak kambuh kembaliPenyakit asma merupakan suatu penyakit dengan adanya gangguan pada saluran pernafasan yang disebabkan saluran tersebut mengecil atau menyempit di dalam rongga tenggorokan sehingga menghasilkan banyak cairan dan mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa menimbulkan sesak napas, mengi, batuk dan mengalami kesulitan untuk bernafas. Tidak sedikit orang mengira kondisi tersebut adalah suatu gangguan kesehatan yang ringan, tetapi ada juga yang mengira kalau kondisi tersebut adalah masalah serius yang bisa mengaganggu kegiatan sehari-hari dan bisa menimbulkan penyakit asma yang berbahaya. Gangguan penyakit asma yang terjadi tidak bisa diobati, tetapi gejala yang muncul bisa diatasi. Untuk itu kita akan membahas mengenai langkah mudah yang dapat dilakukan agar penyakit asma tidak kambuh kembali.

12 Cara Agar Asma Tidak Kambuh Kembali

Penghindaran Penyakit Asma di Dalam Rumah

  1. Melindungi kebersihan di tempat tidur

Perlengkapan tidur misalnya sprei, bantal dan kasur adalah tempat tinggalnya tungau yang dapat memicu penyakit asma. Maka dari itu, lebih baik pakailah kasur atau bantal anti alergi dan selalu teratur untuk membersihkan peralalatan untuk tidur seperti mencuci sprei dalam waktu seminggu sekali. Kondisi ini bermanfaat untuk membantu menghindari timbulnya jamur dan menurunkan kelembaban.

  1. Hindari kebiasaan membiarkan hewan peliharaan berada di kasur dan perlengkapan lainnya

Jika bulu hewan peliharaan misalnya bulu anjing dan kucing masuk ke dalam saluran pernapasan dapat memicu timbulnya penyakit asma. Maka dari itu sebaiknya hindari kebiasaan tersebut.

  1. Jaga kebersihan mainan anak-anak dan karpet

Mainan anak-anak dan karpet bisa menjadi sarang untuk debu yang dapat memicu asma dan alergi. Untuk itu, langkah mudah untuk menghidari penyakit asma adalah dengan selalu menjaga kebersihan terhadap kedua jenis benda tersebut secara teratur.

  1. Melindungi sirkulasi udara

Jamur adalah salah satu penyebab gangguan penyakit asma yang sudah umum, untuk menurunkan kondisi tersebut, maka jagalah kebersihan kamar mandi serta sirkulasi udara yang berada di dalam rumah dengan membuka jendela.

  1. Jauhi produk pembersih yang memiliki kadungan bahan kimia

Bahan-bahan kimia yang bersumber dari peralatan pembersih rumah misalnya cairan pembersih kaca yang digunakan bisa memicu penyakit asma. Jauhi bahan kimia tersebut agar tidak terhirup hal ini merupakan langkah mudah menghindari asma yang disebabkan alergi.

Penghindaran Penyakit Asma Di Area Kantor

  1. Jauhi kebiasaan merokok

Selain dapat menyebabkan kanker, asap rokok adalah musuh besar terhadap pengidap penyakit asma, bahaya asap rokok bisa menyebabkan timbulnya gangguan penyakit asma. Maka dari itu jauhi kebiasaan untuk merokok dan menghirup asap rokok disekitar anda.

  1. Menjauhi stres

Rasa khawatir dan emosi yang tinggi bisa memperparah gejala penyakit asma. Untuk mejauhi stres disebabkan karena masalah pada pekerjaan, bisa melalukan refresing atau melakukan suatu hobi. Kondisi ini dapat mengurangi stres.

  1. Selalu siap siaga

Selalu membawa obat-obatan penanganan asmam hal ini merupakan cara yang efektif jika anda terserang penyakit asma. Kondisi ini bermanfaat apabila terjadi serangan penyakit asma misalnya di tempat kerja atau kantor, sudah mengenal bagaimana langkah menyembuhkan asma sebagai bantuan pertama. Seperti selalu mempersiapkan inhaler asma kemana saja anda pergi.

Baca juga info tentang Cara Penanganan Penyakit Asma Yang Tepat Pada Anak

Penghindaran Ketika Berada Di Luar Ruangan

  1. Menjauhi cuaca dingin

Udara yang sangat dingin dipercayai bisa memicu munculnya gangguan penyakit asma seperti apabila sudah mengalami masuk angin. Maka dari itu, sebelum mengalami pergantian cuaca dingin maka anda mempersiapkan diri dan lingkungan supaya tetap terasa hangat.

  1. Menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan alergi

Ada beberapa macam tumbuhan yang akan mengalami suatu proses penyerbukan. Kondisi ini akan membuat serbuk sari menyebar ke udara yang diyakini dapat menjadi pemicu alergi penyakit asma. Maka dari itu, lebih baik anda tetap berada di dalam rumah ketika masih dalam proses penyerbukan terjadi.

  1. Sering melihat kondisi cuaca

Cuaca yang sangat lembab, panas, dan kondisi udara yang buruk bisa memperparah gejala penaykit asma untuk beberapa orang. Maka dari itu, lebih baik kurangi kegiatan di luar ruangan saat kondisi tersebut berlangsung.

  1. Menjalankan aktivitas olahraga yang tidak berat di dalam ruangan

Menjalankan aktivitas fisik yang tidak berat sangat perlu bagi mereka yang mengidap gangguan penyakit asma. Untuk menjauhi resiko gangguan penyakit ini, lebih baik menerapkan aktivitas olahraga yang tidak berat di dalam ruangan yang tidak dingin atau hangat.

Selain itu pencegahan dan penanganan asma dapat dilakukan dengan obat herbal asma yang alami dan ampuh.

Walaupun sebenarnya penyakit asma termasuk jenis penyakit yang berbahaya, namun cara pencegahan bisa dilakukan untuk menjauhi timbulnya penyakit asma.

Sumber : www.health.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.