7 Makanan Pemicu Penyakit Asam Urat

Makanan Pemicu Asam UratMakanan memang menjadi kebutuhan pokok bagi manusia untuk bertahan hidup. Makanan dapat memberikan tenaga serta dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh manusia. Namun tidak semua makanan dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Namun sebelum membahasnya lebih jauh mari kita simak informasi singkat mengenai penyakit asam urat.

Seputar Asam Urat

Asam urat umumnya terjadi pada persendian, dimana persendian mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri atau bahkan menimbulkan rasa sakit yang sangat terhadap penderitanya. Titik titik yang sering terjadi pada penderita asam urat antara lain persendian jari kaki, tangan, pergelangan tangan ataupun lutut.

Penyebab penyakit asam urat ini dapat disebabkan akibat dari penumpukan zat purin dalam tubuh manusia yang kemudian mengendap pada persendian dan membentuk kristal kristal. Faktor utama peningkatan zat purin ini berasal dari makanan yang sehari hari kita makan. Semakin banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar zat purin yang tinggi maka resiko terkena asam urat akan semakin tinggi. Untuk itu harus menjaga pola makan yang sehat dan tepat agar terhindar dari resiko penyakit asam urat ini.

Berikut 7 Makanan Yang Dapat Memicu Penyakit Asam Urat

  1. Jeroan ( Hati )

Makanan yang dapat meningkatkan resiko asam urat adalah makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi salah satunya adalah hati. Hati ayam atau sapi memang bagus untuk kesehatan manusia karena sebagai sumber vitamin B12m zat besi dan protein, namun juga mengandung kadar zat purin yang tinggi. Bagi pasien asam urat sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini.

  1. Daging

Makanan berikutnya dengan kandungan zat purin yang tinggi adalah daging, terutama daging merah. Daging yang berasal dari kambing, sapi, domba dan kuda memliki kandungan zat puring yang lumayan tinggi. Konsumsi daging tersebut dalam jumlah banyak tentunya  dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh anda salah satunya penyakit asam urat.

  1. Makanan Laut

Memang makanan laut sangat sehat untuk tubuh manusia karena mengandung protein yang tinggi. Akan tetapi jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan salah satunya asam urat. Makanan laut seperti kerang, kepiting, lobster, udang, sarden, tuna, cumi-cumi sebaiknya dihindari maka anda yang memiliki keluhan asam urat. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh anda.

  1. Kacang-kacangan

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu penyakit asam urat. Kacang-kacangan seperti tempe, tahu, kacang hijau, kacang tanah dapat meningkatkan resiko asam urat dan menyebabkan rasa sakit pada persendian. JIka anda ingin terhindar dari penyakit asam urat sebaiknya hindari makanan yang satu ini.

  1. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti dendeng dan abon memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi untuk itu sebaiknya dihindari. Selain itu termasuk makanan kaleng seperti kornet, ikan sarden mengandung zat purin yang cukup tinggi.

  1. Kafein dan Soda

Selain makanan makanan di atas dapat meningkatkan resiko asam urat, minuman seperti kafein dan soda dapat menjadi salah satu faktor pemicu penyakit asam urat.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik bagi kesehatan dan memang sebaiknya dihindari. Selain merusak organ tubuh manusia minuman beralkohol juga dapat memicu terjadinya peradangan pada persendian. Jika anda menyayangi tubuh anda dan ingin terhindar dari penyakit asam urat sebaiknya berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol sekarang juga. Baca informasi menarik lainnya tentang Top 8 Makanan Penurun Asam Urat Dengan Cepat.

Itulah 7 faktor makanan dan minuman yang dapat memicu penyakit asam urat. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Source : www.health.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.