Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

6 Makanan Sehat Penambah Sel Darah Merah

makanan penambah sel darah merahSel darah merah atau biasa disebut dengan hemoglobin (Hb) di dalam tubuh merupakan komponen paling penting dalam metabolisme tubuh manusia untuk menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan. Tanpa adanya sel darah merah di dalam tubuh manusia maka ia akan mati karena sel sel tubuh tidak mendapat pasokan nutrisi dan oksigen yang merupakan tugas sel darah merah untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Nah seseorang juga dapat mengalami kekurangan sel darah merah karena mengalami perdarahan atau kekurangan nutrisi pembentuk sel darah merah yaitu zat besi sehingga tubuh mengalami kondisi anemia. Resiko terjadinya anemia biasa lebih tinggi terjadi pada ibu hamil dan wanita yang sedang menstruasi.

Oleh karena itu kadar sel darah merah di dalam tubuh harus dijaga jumlahnya dengan mengkonsumsi makanan penambah sel darah merah yang  mengandung banyak zat besi dan vitamin B. Dengan begitu tubuh kita akan terhindari dari resiko anemia yang beresiko menimbulkan gangguan metabolisme di dalam tubuh.

6 Makanan Untuk Menambahkan Sel Darah Merah

Nah apa saja makanan yang dapat digunakan untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh? Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini:

1. Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi ini mengandung zat besi dan vitamin B yang cukup tinggi ditambah nutrisi lain seperti vitamin E, beta karoten, dan serat. Oleh karena itu banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi bayam bagi orang yang diduga mengalam anemia.

2. Tomat

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi di dalam buah tomat matang sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi dan pembentukan sel darah merah. Kandungan di dalam tomat ini juga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan pembentukan enzim serta hormon penting di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

3. Kacang Kedelai

Asam folat yang tinggi di dalam kacang kedelai dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh semakin baik sehingga tubuh tidak kekurangan bahan pembentuk sel darah merah tersebut. Selain itu kacang kedelai juga mengandung kadar lemak yang rendah dan protein nabati yang tinggi.

4. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini terkenal akan kandungan vitamin B dan anti oksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari hari. Brokoli juga sering diolah menjadi jus sayuran sehat untuk dikonsumsi di kafe atau restoran yang baik untuk mencuci perut sehabis makan.

Vitamin C dan zat besi di dalam brokoli juga tentunya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan semakin baik. Brokoli juga dapat digunakan dalam makanan diet sehingga tubuh tidak kekurangan zat besi dan vitamin B dalam proses diet penurunan berat badan.

5. Kacang Polong

Kacang polong juga merupakan sumber vitamin B dan zat besi yang baik untuk dikonsumsi yang baik untuk mencegah kekurangan sel darah merah / anemia. Rasa manis alami yang ada di dalam kacang polong juga tidak beresiko meningkatkan gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

6. Kembang Kol / Kubis

Orang yang sedang menjalankan diet seringkali mengalami anemeia karena mengurangi porsi makan yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengalami kekurangan zat tertentu. Untuk itu Anda dapat menambah kubis ke dalam menu diet untuk mencegah hal tersebut karena mengandung kadar zat besi yang tinggi namun rendah kalori sehingga baik untuk Anda yang sedang melakukan diet.

Baca juga artikel terkatit tentang 7 Fakta Penting Tentang Penyakit Leukimia atau Kanker Darah

Dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan penambah sel darah merah yang ada di atas maka dapat meningkatkan dan menjaga sel darah merah di dalam tubuh tetap normal. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sebaiknya tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan sehingga terhindari dari kondisi anemia maupun malnutrisi lainnya.

Sumber : www.healthline.com

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.