7 Makanan Pencegah Kanker Prostat yang Alami dan Baik Untuk Dikonsumsi

kanker prostatMakanan Pencegah Kanker Prostat – Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan didunia, salah satunya adalah kanker prostat. Penyakit yang satu ini hanya menyerang kaum pria saja, karena terjadi pada kelenjar prostat. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak dari kaum pria, sungguh menakutkan bukan. Untuk itu kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita khususnya kelenjar prostat.

Makanan yang kita konsumsi sehari hari dapat menjadi faktor utama untuk menunjang kesehatan kelenjar prostat. Utamakan makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi serta dilengkapi dengan kandungan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal radikal bebas penyebab kanker prostat.

Makanan yang dapat Mencegah Kanker Prostat

1.Berries

Jenis buah berries seperti Acaiberry dan Blueberry sangat baik dalam mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh manusia. Keluarga berries ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan Vitamin K, mangan, serta sumber serat yang sangat tinggi. Selain itu senyawa Phytochemical yang terkandung pada berries memiliki antioksidan super yang dapat menghambat dan mematikan sel sel kanker pada kelenjar prostat.

2. Buah Tomat

Salah satu makanan yang sangat baik bagi penderita kanker prostat adalah buah tomat. Beberapa hasil penelitian yang dilakukan terhadap buah tomat membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada buah tomat yaitu senyawa Lycopene sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker prostat agresif.

Penggunaan tomat dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti saus tomat, bahan tambahan untuk sup, pasta dan lain lain, dengan diolah demikian penyerapan senyawa lycopene oleh tubuh akan lebih mudah dibandingkan dengan dimakan langsung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sup tomat setiap harinya, sehingga dapat meminimalisir perkembangan sel kanker pada prostat.

3. Kacang Kedelai

Hasil study terhadap kacang kedelai mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan yaitu kandungan senyawa yang terdapat pada kedelai mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker bahkan dapat mencegah sel kanker untuk tumbuh kembali. Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam berbagai cara seperti, susu kedelai, yoghurt kedelai, tahu tempe, roti kedelai dan lain lain. Diusahakan dalam pengkonsumsian kacang kedelai tanpa menambahkan garam ataupun gula.

4. Teh Hijau
Teh hijau merupakan salah satu makanan penangkal kanker prostat. Hasil study menunjukan bahwa kandungan senyawa yang terdapat pada teh hijau dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat. Cara penyajiannya cukup mudah dengan menyeduh selama 5 menit untuk mendapatkan nutrisi yang baik.

5. Sayur sayuran
Jenis sayur sayuran seperti kembang kol, brokoli, kubis, bok choy, kangkung dan bayam sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa study yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa sayuran dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat serta dapat meminimalisir resiko terjadinya penyakit kanker prostat.

6. Buah Delmia

Beberapa study yang dilakukan terhadap buah delima membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada buah delima sangat baik dalam mengatasi kanker prostat. Sebuah study kecil yang dilakukan terhadap pria yang terdiagnosa kanker prostat kemudian sudah melakukan operasi ataupun radioterapi. Mengkonsumsi satu gelas jus buah delima rutin setiap harinya, mendapatkan hasil perkembangan sel kanker prostat terhambat dan sudah mulai berkurang. Dalam penyajian jus buah delima ini disarankan tanpa menggunakan tambahan gula. Baca juga : obat herbal kanker prostat

7. Buah apel

Makanan tearkhir yang dapat menghambat perkembangan sel kanker prostat adalah buah apel. Beberapa study menunjukan buah ampel merupakan salah satu sumber serta terbaik dari buah buahan, memiliki kandungan vitamin C dan Quercetin. Selain itu kandungan senyawa flavonoid menjadikan buah apel sebagai antioksidan super dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Itu lah beberapa makanan yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Makanan makanan diatas dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme sehingga sangat baik bagi kesehatan anda. Selain itu cara untuk menghindari penyakit ini adalah dengan melakukan diagnosa kanker prostat sejak dini, dengan demikian lebih cepat dan mudah dilakukan penanganannya.

Penyakit kanker memang sulit disembuhkan, untuk itu mulailah untuk menumbuhkan kesadaran dari diri anda dengan menerapkan pola hidup sehat disertai dengan pola makan yang sehat, niscaya penyakit kanker prostat tidak akan terjadi pada diri anda. Semoga artikel mengenai makanan makanan untuk mencegah kanker prostat ini dapat memberikan wawasan bagi kita semua.

Source : www.prostatecanceruk.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.