Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

11 Makanan Sehat yang Menakjubkan Bagi Penderita Diabetes

makanan sehat bagi penderita diabetes11 Makanan sehat bagi penderita diabetes mungkin merupakan solusi yang tepat, karena bagi orang yang menjalani diet diabetes tentunya makanan tersebut memiliki rasa yang kurang sedap. Ketika anda memikirkan untuk mengontrol kadar gula darah anda, maka anda harus benar benar mengontrolnya melalui makanan yang anda makan.

Yang dapat anda lakukan adalah dengan membatasi makanan yang berbahan dasar seperti roti putih, pasta, nasi putih, makanan dengan olahan digoreng, makanan berlemka dan makanan instan, itu hanya sebagai salah satu cara terpenting dalam mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Kami menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti serat, omega-3, kalsium, dan vitamin. Makanan tersebut dapat dimasukan ke dalam menu diet anda.

Makanan makanan yang baik untuk mengontrol gula darah

  1. Kacang

Makanan sehat bagi penderita diabetes yang pertama adalah kacang. Kacang memiliki kandungan serat yang tinggi. Kacang dapat memberikan anda rasa kenyang yang cukup lama, mengontrol gula darah tetap stabil bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukan kacang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Selain itu kacang juga merupakan sumber protein yang sangat baik, dan memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, lemak jenuh ini adalah salah satu pemicu penyakit jantung.

Cara memakannya : dapat ditambahkan pada salad, sup, cabai, dan lain lain.

  1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium dna vitamin D yang baik bagi penderita diabetes. Sebuah study menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 1200 mg kalsium dan lebih dari 800 IU vitamin D per hari memiliki resiko 33% lebih kecil kemungkinan untuk terkena diabetes dari pada mereka yang kurang mengkonsumsi kalsium dan vitamin D tersebut. Anda dapat mendapatkan nutrisi dari makanan lain, namun tidak ada yang mengandung kedua nutrisi tersebut seperti susu.

  1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber yang kaya akan omega-3 asam lemak (3 ons ikan salmon memberikan sebanyak 1800mg), lemak sehat ini dapat berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi ukuran pinggang, mengurangi peradangan, dan meningkatkan resistensi insulin. Salmon juga merupajan salah satu sumber vitamin D terbaik.

  1. Tuna

Sekain ikan salmon, ikan tuna juga sangat baik bagi kesehatan. 3 ons ikan tuna memiliki kandungan 1300 mg omega-3 dan vitamin D.  Namun ikan tuna dapat mengandung kadar merkuri yang tinggi (senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan neurologis dalam dosis besar). Untuk amannya batasi asupan tuna 12 ons seminggu.

Baca Juga : Obat Herbal Diabetes Melitus Ampuh

  1. Oats

Gandum dapat dibilang sebagai makanan pokok pengganti nasi bagi penderita diabetes. Setengah cangkir oat instan memberikan 4g serat. Penelitan menunjukan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi gandung memiliki rendah lemak dan kolesterol jahat/LDL serta meningkatkan resistensi insulin. Serat larut pada gandung dapat memperlambat tingkat dimana tubuh anda dapat memecah dan menyerap karbohidrat, yang artinya kadar gula darah anda akan tetap stabil.

7. Berries

Berries mengandung senyawa polifenol dan antioksidan. Antioksidna pada buah berry sangat baik untuk jantung anda. Sebuah study di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2008 menemukan bahwa orang dengan faktor resiko penyakit jantung yang mengkonsumsi buah berry selama 8 minggu mengalami penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat/LDL dalam keadaan normal.

8. Sayuran

Sayuran hijau seperti lobak, mustard, bit hijau memiliki kandungan serat dan kalsium yang tinggi. Sayuran hijau mungkin baik bagi jantung anda karena terdapat kandungan folat didalamnya. Vitamin B yang terkandung pada sayuran hijua juga dapat menurunkan kadar homosistein, asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Penelitian menunjukan dengan menerima asupan  400mcg folat sehari dapat menurunkan homosistein sebesar 25%.

Baca artikel terkait tentang 4 Jenis Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Dihindari

9. Kenari

Hanya sebanyak 1 ons kenari dapat memberikan hampir 2g serat ditambah dengan 2,6 g ALA, Omega-3 prekursor. Tapi anda mendapatkan 185 kalori dalam jumlah ons yang sama, sehingga harus menghitung porsi yang tepat jika anda juga ingin mengontrol berat badan anda.

  1. Selai kacang

Percaya atau tidak, bahwa beberapa penelitian telah menghubungkan selai kacang dengan berkurangnya seseorang terkena diabetes. Kandungan serat (2 sendok makan hampir 2g) mungkin salah satu penyebabnya. Selain itu karena selai kacang ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyehatkan jantung.  Namun disamping mengandung serat dan lemak tak jenuh, selai kacang juga mengandung kalori yang tinggi, untuk itu harus diperhatikan porsi penggunaannya.

  1. Dark Chocolate

Dark chocholate kaya akan kandungan flabonoid dan antioksidan. Dark chocolate meskipun memiliki rasa yang manis namun dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan buruk dan dapat mengurangi tekanan darah anda. Satu ons dark chocholate mengandung 136 kalori dan 8,5 g lemak.

Itulah 11 makanan sehat menakjubkan yang dapat dimasukan kedalam menu diet bagi penderita diabetes, sehingga terdapat variasi rasa yang nikmat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Source : www.livestrong.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.