5 Makanan Sehat Bagi Penderita Asma

makanan sehat untuk penderita asmaMakanan Sehat bagi Penderita Asma – Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya gangguan pada pernapasan. Seorang yang menderita asma akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Penyakit asma ini terjadi akibat dari penyempitan saluran pernapasan yang menyebabkan sulit bernapas, dada terasa sesak dan dada sering terasa nyeri.

Penyakit asma memang tidak mematikan namun harus menjadi perhatian karena mengganggu saluran pernapasan dan jika tidak mendapatkan perawatan yang serius maka dapat menjadi permanen seumur hidup anda. Untuk itu apabila anda merasakan gejala gejala di atas segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang intens dan baik. Bagi anda yang menderita asma anda juga dapat menjaga kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan makanan sehat.

Makanan makanan sehat untuk penderita asma

1.Buah Apel

Apel merupakan makanan sehat untuk penderita asma yang pertama. Sebuah penelitian yang dilakukan di negara Inggris terhadap orang orang yang mengkonsumsi 2 sampai 5 buah apel dalam seminggu memiliki resiko lebih rendah sebesar 32 % dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi buah apel. Para peneliti menyimpulkan yang dapat membuat apel menjadi makanan sehat untuk asma adalah kandungan flavonoidnya yang dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan.

2. Buah buahan

Sebuah riset menunjukan Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas, seperti diketahui radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari kerusakan paru paru. Sebuah study yang dilakukan terhada anak anak sekolah di jepang menunjukan bahwa mereka yang mendapatkan asupan Vitamin C yang tinggi memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit asma dibandingkan dengan anak anak yang hanya mendapatkan sedikit asupan Vitamin C.

Meskipun Vitamin C ini dapat ditemukan di sebagian besar buah buahan dan sayur sayuran, namun Vitamin C berlimpah terdapat pada buah jeruk, grapefruit, buah kiwi, brokoli dan tomat.

3. Wortel

Penelitian menemukan senyawa beta-karoten yang terdapat pada wortel, senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan alami. Hasil study menunjukan bahwa beta-karoten yang diolah tubuh menjadi Vitamin A dapat mengurangi dan mencegah terjadinya asma akibat olah raga. Selain untuk asma Vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu anda terhindar dari penyakit jantung, kanker dan alzheimer.

Senyawa beta-karoten ini tidak hanya terdapat dalam wortel namun terdapat pada buah dan sayuran berwarna cerah seperti paprika hijau, aprikot dan ubi jalar.

Baca Juga : Obat Herbal Asma Alami

4. Kopi
Banyak keuntungan dan kerugian kopi untuk kesehatan tubuh, dan kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan kopi untuk kesehatan tubuh anda. Salah satu riset menunjukan kafein yang terdapat pada kopi berfungsi meningkatkan kesehatan saluran pernapasan hingga empat jam setelah dikonsumsi. “Kafein merupakan bronkodilator yang dapat meningkatkan sistem saluran pernapasan,” ungkap Dr. Graham.

5. Bawang Putih

Menurut Dr. Graham, selain kopi, bawang putih dapat meningkatkan kesehatan saluran pernapasan. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Dimana sangat berpangaruh dalam mencegah peradangan terhadap saluran pernapasan.

Itulah 5 Makanan sehat yang sangat berguna bagi kesehatan penderita asma. Bagi penderita asma karena alergi debu sebisa mungkin menghindari tempat yang berdebu jika memang harus berada dilingkungan tersebut gunakan masker untuk meminimalisir masuknya debu ke saluran pernapasan. Dengan menghindari penyebab penyebab asma serta mengkonsumsi makanan sehat bagi penderita asma diharapkan asma anda tidak akan kambuh lagi.

Baca juga artikel tentang Cara Mudah Mencegah Asma Yang Ampuh

Semoga artikel ini dapat memberikan masukan dan informasi seakurat mungkin agar anda dapat segera mengatasi penyakit asma yang anda derita. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.health.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.