Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

10 Makanan Sehat Untuk Penderita Miom

10 TIPS MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA MIOM – Miom atau nama lainnya mioma merupakan salah satu jenis tumor jinak yang berukuran kecil, dimana miom ini akan berkembang abnormal disekitar dinding rahim. Miom bukanlah penyakit ganas atau kanker. Namun, justru miom dapat berbahaya apabila miom dapat berkembang besar.

Makanan Sehat Untuk Penderita Miom

Miom yang membesar, diketahui memiliki ukuran yang serupa seperti buah anggur. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya bila miom menjadi besar. Berkembangnya miom dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab. Salah satunya yaitu miom dapat disebabkan dari pola makan seseorang.

Maksudnya pola makan seseorang tersebut yaitu tidak semua jenis makanan untuk dapat dikonsumsi oleh penderita miom. Sebab, terdapat beberapa jenis makanan tertentu yang diketahui dapat memicu perkembangan miom untuk semakin besar.

Oleh karena itu, penderita miom sangat ditegaskan untuk lebih berhati-hati dalam  mengonsumsi makanan tertentu. Sebab, dengan begitu ia mampu mengurangi resiko miom untuk tidak semakin membesar.

Mengingat cukup banyak penderita miom yang belum paham akan jenis makanan yang seperti apakah yang seharusnya dikonsumsi. Untuk itu kehadiran artikel kesehatan kali ini sangatlah tepat untuk menjawab semua kekhawatiran Anda.

Sebab, nantinya kami akan menguraikan beberapa ringkasan secara rinci mengenai rekomendasi makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita miom konsumsi, antara lain seperti di bawah ini:

10 Anjuran Makanan Sehat Untuk Penderita Miom

  1. Mengonsumsi sayur-sayuran segar, terutama sayuran yang memiliki warna hijau tua (brokoli) dan orange (wortel) . Sebab sayuran tersebut mampu mengurangi resiko miom. Beberapa sayur lainnya yang bisa dikonsumsi, seperti:
  • pare, buncis, kubis, bit dan leunca.
  1. Mengonsumsi buah-buahan, seperti:
  • belimbing manis, jeruk, pepaya, tomat, jambu biji, apel malang. Buah-buahan tersebut diketahui mampu menghambat perkembangan miom.
  1. Mengonsumsi kacang-kacangan beserta olahannya, seperti: tempe dan tahu. Sebab, kandungan dalam kacang-kacangan diketahui memiliki nutrisi serta serat yang tinggi. Kacang-kacangan juga diketahui mempunyai kadar rendah indeks glikemik yang mampu mengurangi resiko pertumbuhan miom. Tidak lupa juga bahwa faktanya tempe dan tahu memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker yang terkandung dalam senyawa isofalvon.
  1. Mengonsumsi makanan berserat, seperti:
  • agar-agar, rumputt laut, cincau, kolang-kaling dan lain-lain.
  1. Mengonsumsi makanan yang terkandung fitokimis, seperti:
  • bawang putih, bawang merah, susu kedelai, beras kencur, teh hijau, kunir asem dan yang lainnya. Hal ini diketahui kandungan tersebut mampu melenyapkan radikal bebas.
  1. Diperbolehkan mengonsumsi susu non fat atau susu segar dengan tidak terdapat kadar lemak.
  2. Mengganti konsumsi nasi putih dengan beralih dengan mengonsumsi nasi merah, sebab nasi merah baik untuk menghindari miom. Atau dengan Anda dapat juga mengonsumsi roti gandum dan oatmeal dibandingkan dengan roti putih ataupun sejenis bakmi.
  3. Mengganti konsumsi daging merah dengan beralih dengan mengonsumsi daging putih, yaitu: sejenis ayam ataupun ikan.
  4. Dalam mengonsumsi sayuran yang akan dimasak sendiri, bisa juga untuk dapat Anda tambahkan bumbu atau sejenis tumbuhan herbal seperti pegagan dan sambung nyawa.
  5. Mengurangi penggunaan MSG, bahan pengawet ataupun penyedap rasa dalam makanan. Selain itu, alangkah baiknya bila mengolah makanan dengan cara direbus atau dikukus daripada dengan digoreng ataupun dibakar.

Beberapa hal yang sebaiknya untuk Penderita miom hindari, yaitu:

  • Tidak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi. Sebaiknya untuk memilih jenis makanan dengan kadar lemak rendah.
  • Tidak mengonsumsi makanan cepat saji ataupun mie instan serta makanan kaleng.
  • Hindari mengonsumsi minuman bersoda

Baca juga info tentang Pantangan Makanan Bagi Pasien Miom.

Itulah rekomendasi makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita miom. Semoga jenis makanan yang telah dijabarkan seperti diatas, dapat Anda jadikan sebagai daftar menu makanan sehari-hari Anda. Dengan begitu, tentunya akan dapat membantu Anda dalam mengurangi resiko serta gejala yang ditunjukkan dari miom.

Source : healthline.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.