Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

5 Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Penyakit Kanker Serviks

Makanan yang dapat mencegah kanker serviksSalah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita adalah kanker serviks yang merupakan jenis kanker paling tinggi dialami oleh kaum wanita dibanding kanker payudara. Kanker serviks ini juga sudah banyak membunuh penderitanya, salah satunya adalah artis terkenal dari Indonesia julia perez.

Sel kanker dapat berkembang pada makhluk hidup manapun karena aktivitas sel yang terus membelah dan diperbaharui, namun sel ini dapat tumbuh secara abnormal karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun. Termasuk munculnya kanker serviks pada manusia yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Penyakit kanker serviks sangat berkaitan dengan virus HPV (Human Papilloma Virus) yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan mengakibatkan 90% penyakit kasus kanker serviks di dunia. Virus ini akan menyerang sistem daya tahan tubuh sehingga tidak dapat menangkal pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di dalam tubuh.

Oleh karena itu semakin banyak korban berjatuhan akibat penyakit kanker serviks, baru baru ini pemerintah menggalakkan program vaksinasi virus HPV. Dengan melakukan vaksin terhadap virus HPV diharapkan tubuh semakin kebal dari virus ini sehingga resiko kanker serviks dapat ditekan serendah mungkin.

Ternyata sel kanker juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi setiap harinya, ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan resiko sel kanker berkembang semakin tinggi. Tetapi ada juga makanan yang dapat mencegah penyakit kanker serviks berkembang di dalam tubuh.

5 Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker Serviks

Makanan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik dan mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Berikut ada beberapa makanan mencegah kanker serviks yang berbahan alami dan bermanfaat untuk mencegah kanker serviks.

  1. Umbi Wortel

Makanan sehat yang dapat mencegah kanker serviks yang pertama adalah umbi wortel. Kandungan anti oksidan di dalam wortel sangat baik untuk mencegah sel kanker serviks berkembang di dalam tubuh yang dinamakan beta karoten. Anti oksidan ini dapat memerangi radikal bebas dan zat karsinogen penyebab sel kanker berkembang di dalam tubuh. Mengkonsumsi wortel juga sangat mudah dengan mengkonsumsinya langsung secara mentah atau dibuat menjadi salad dan sup.

  1. Teh Hijau

Berbagai jenis olahan minuman dari teh hijau telah banyak beredar di restoran atau cafe di sekitar Anda. Hal ini tentunya disebabkan selain cita rasa yang sedap dan khas, rupanya teh hijau juga sangat baik untuk menunjang kesehatan karena kandungan anti oksidan yang dimilikinya. Senyawa polifenol di dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang telah diuji secara klinis.

Cukup dengan mengkonsumsi secangkir teh hijau di pagi hari tanpa tambahan gula dapat menjauhkan tubuh Anda dari munculnya sel kanker dan infeksi virus. Teh hijau juga dipercaya dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga berat badan yang ideal.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan adalah salah satu makanan sehat yang sangat bagus untuk mencegah penyakit kanker serviks. Kacang merupakan salah satu sumber protein nabati yang dapat dengan mudah kita dapatkan di pasar / swalayan terdekat. Kacang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker karena kandungan senyawa phytochemical  yang hanya ada pada jenis sayuran dan kacang kacangan di dalamnya. Baca juga Obat Herbal Kanker Serviks Stadium Lanjut.

Efek kimia dari phytochemical ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan dapat memperkuat sel sel yang masih sehat dari invasi sel kanker. Tambahkan menu kacang ke dalam makanan harian Anda dan gantilah daging merah dengan kacang.

  1. Sayuran Selada Hijau

Sayuran merupakan makanan terbaik sebagai sumber serat, vitamin, dan nutrisi serta anti oksidan. Salah satu senyawa yang terkandung di dalamnya adalah anti oksidan jenis flavonoid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menguatkan dinding sel.

  1. Roti dari Biji Gandum

Biji gandum mengandung kadar serat dan karbohidrat yang tinggi untuk kebutuhan asupan tubuh. Serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan dapat diserap secara maksimal oleh sistem pencernaan. Mengkombinasikan roti gandum dengan susu yang bebas bahan kimia sangat baik sebagai makanan yang dapat mencegah kanker serviks.

Baca juga artikel terkait tentang Perlukah Vaksin Kanker Serviks Untuk Virus HPV.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 makanan sehat yang dapat mencegah kanker serviks di atas yang dapat dengan mudah kita dapatkan dan konsumsi sendiri di rumah masing masing. Makanan mencegah kanker serviks tersebut dapat Anda tambahkan ke dalam menu makan Anda sehari hari sebagai langkah pencegahan yang efektif dan hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat salam sehat!

Sumber : www.everydayhealth.com

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.