Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

7 Makanan Sehat Yang Dapat Menghancurkan Batu Ginjal

7 makanan yang dapat menghancurkan batu ginjalGinjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Dimana fungsi ginjal untuk menyaring limbah-limbah atau kotoran-kotoran hasil metabolisme tubuh manusia yang kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Peran penting dari organ ginjal ini membuat kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal. Tidak dapat dibayangkan apabila fungsi ginjal mengalami gangguan, limbah-limbah dalam tubuh tidak dapat dibuang dan menumpuk dalam tubuh, pastinya sangat membahayakan tubuh manusia.

Organ ginjal dapat mengalami beberapa gangguan salah satunya adalah batu ginjal. Batu ginjal sering terjadi dan dapat dialami oleh siapapun baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Batu ginjal dapat terjadi akibat dari pembentukan kristal-kristal yang kemudian mengendap pada organ ginjal. Kristal-kristal tersebut berasal dari limbah-limbah yang terdapat pada darah yang tidak dapat tersaring oleh ginjal.

Gejala dari penyakit batu ginjal yang umumnya terjadi adalah rasa nyeri pada bagian perut, pinggang, punggung bagian bawah, serta mengalami rasa sakit pada saat buang air kecil. Penyebab umum dari batu ginjal adalah pola makan yang tidak sehat serta pola hidup yang buruk. Selain itu kurangnya mengkonsumsi air putih dapat menjadi salah satu penyebab penyakit batu ginjal. Untuk itu sangat penting mengkonsumsi makanan makanan yang sehat sehingga ginjal terbebas dari gangguan batu ginjal.

Berikut 7 Makanan Sehat Penghancurkan Batu Ginjal

  1. Minyak Zaitun

Sejak zaman dahulu minyak zaitun sudah digunakan untuk menjaga kesehatan. Salah satu khasiat ampuh dari minyak zaitun ternyata dapat untuk mengobati penyakit gagal ginjal. Senyawa yang terkandung pada minyak zaitun ini sangat ampuh dalam melarutkan batu ginjal.

  1. Buah Berry

Buah berry memiliki rasa yang nikmat. Selain dibalik kenikmatan rasanya ternyata buah berry juga mengandung segudang manfaat kesehatan alami. Buah berry yang dapat mengobati penyakit batu ginjal adalah blueberry. Blueberry mengandung senyawa antosianin yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

  1. Buah Anggur

Buah anggur menjadi salah satu makanan yang dapat mengobati penyakit batu ginjal. Buah anggur mengandung senyawa resveratol yang sudah teruji klinis dapat mengancurkan batu-batu pada ginjal secara alami.

  1. Buah Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang nikmat. Tidak sedikit masyarakat yang menyukai buah yang satu ini. Seperti yang umumnya sudah diketahui, buah apel mengandung vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain mengandung vitamin A ternyata didalam buah apel mengandung antioksidan yang tinggi dimana dapat berfungsi sebagai penghancur batu ginjal. Jadi konsumsi buah apel ini dapat membantu mengobati penyakit batu ginjal.

  1. Buah Semangka

Buah semangka dikenal merupakan buah yang segar karena rasanya manis dan mengandung banyak air. Buah semangka dapat dijadikan alternatif bagi anda yang sulit minum. Dengan mengkonsumsi buah semangka dengan kandungan air yang tinggi maka dapat membantu mengancurkan batu yang terdapat pada ginjal.

  1. Sayuran Asparagus

Asparagus termasuk jenis sayuran bertunas. Sayuran yang satu ini belum banyak diketahui oleh masyarakat di Indonesia, namun siapa sangka ternyata sayuran ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Senyawa yang terkandung pada sayuran asparagus ternyata dapat membantu proses pengeluaran batu ginjal dari saluran kemih.

Baca juga Cara dan Langkah Diagnosis Batu Ginjal

  1. Buah Cerry

Buah berwarna merah ini bisa menjadi salah satu makanan yang dapat membantu mengobati penyakit batu ginjal.

Itulah 7 makanan yang dapat membantu mengobati penyakit batu ginjal. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat untuk kita semua.

Source : www.kidney.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.