Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

12 Makanan Yang Dapat Membantu Menyehatkan Paru-Paru

Makanan yang dapat menyehatkan paru paruParu-paru merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting. Bila paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka kondisi ini dapat mengganggu sistem pernapasan. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan organ paru-paru ini sehingga paru-paru dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mejaga kesehatan paru paru adalah dengan tidak merokok dan menjauhi tempat-tempat dengan udara yang tidak sehat / polusi udara. Seperti yang sudah diketahui zat nikotin yang terdapat pada rokok sangat berbahaya salah satunya adalah dapat merusak organ paru-paru. Selain itu apabila anda bukan perokok aktif, Anda bisa disebut juga sebagai perokok pasif dimana Anda tetap mengisap asap rokok jika sering berada didekat orang yang sedang merokok dan penelitian membuktikan perokok pasif akan mendapatkan dampak yang lebih buruk dibandingkan dengan perokok aktif, untuk itu hal yang paling baik adalah jangan merokok dan menjauh dari orang yang sedang merokok demi kesehatan paru paru Anda.

Selain menjauhi rokok, untuk menjaga kesehatan paru paru dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa makanan yang dapat membantu menyehatkan organ paru paru. Mari kita simak lebih lanjut.

12 Makanan Untuk Kesehatan Organ Paru Paru

Berikut ini jenis-jenis makanan sehat yang dapat menyehatkan paru-paru, yaitu :

  1. Buah Delima

Makanan pertama yang dapat menyehatkan organ paru paru adalah buah delima. Buah delima memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi, dimana senyawa ini dapat mengikat radikal bebas sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit paru seperti gangguan saluran pernapasan, tbc, dan tumor paru. Lihat juga 20 Khasiat Delima Merah

  1. Buah Anggur

Makanan berikutnya yang dapat membantu menyehatkan paru paru adalah buah anggur. Buah Anggur memiliki kandungan zat flavanoid yang disebut narigin. Zat ini memiliki fungsi dalam menghindari terbentuknya tumor  pada paru-paru. Sehingga buah anggur dianggap ampuh dalam menyehatkan paru-paru. Lihat 10 Khasiat Anggur

  1. Buah Apel

Buah apel dipercaya dapat meningkatkan kesehatan paru paru. Buah apel memiliki kandungan vitamin B, C, E dan flavanoid di mana keseluruhan nutrisi tersebut sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan paru-paru.

  1. Bawang Merah

Bawang Merah bukan hanya dapat digunakan sebagai pelengkap makanan atau bumbu dapur. Ternyata bawang merah memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti menjaga kesehatan organ paru-paru.

  1. Sayuran Wortel

Selain dapat menyehatkan mata wortel juga dapat menjaga kesehatan paru paru. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh yaitu vitamin C dan vitamin A, serta bisa membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Mengkonsumsi buah jeruk pun bisa meningkatkan fungsi sistem saluran pernapasan.

  1. Kacang Panjang

Kancang panjang memiliki sifat sebagai anti-kanker, selain itu kacang panjang pun memiliki kandungan senyawa magnesium yang tinggi. Mineral ini sangat berguna dalam menjaga kesehatan organ paru-paru.

  1. Kacang Kenari

kacang kenari kaya akan kandungan zat antioksidan, protein dan juga asam lemak omega 3. Sehingga kacang kenari dapat membantu meningkatkan kesehatan organ paru paru.

  1. Kunyit

Kunyit dapat menjadi salah satu makanan yang dapat menyehatkan organ paru paru, dimana kunyit memiliki kandungan senyawa curcumin yang dianggap bisa mencegah sel kanker dan menghindari pertumbuhan sel tumor di dalam paru-paru.

  1. Bawang Putih

Selain berfungsi sebagai penyedap makanan ternyata bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan yaitu salah satunya dapat membantu menyehatkan organ paru paru. Di dalam bawang putih mengandung zat allicin yang bisa mencegah terjadinya peradangan pada paru-paru. Zat ini akan sangat bagus bagi penderita infeksi paru-paru dan asma.

  1. Buah Berry

Buah berry memiliki kandungan senyawa zeaxanthin, lutein, karotenoid dan flavonoid yang bisa menghilangkan karsinogen dari organ paru-paru. Beberapa jenis buah berry yang dapat Anda konsumsi seperti blackberry, raspberry dan bluberry.

  1. Konsumsi Air Putih

Tidak dapat dipungkiri tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk menunjang metabolisme sehari-hari. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan sehingga konsumsi air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu air merupakan komponen terbaik yang dapat menjaga serta meningkatkan fungsi organ paru paru sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Menjaga kesehatan organ paru-paru sangat penting karena organ ini lah yang mengatur masuk dan keluarnya okisgen dalam tubuh manusia. Dengan mengetahui makanan-makanan yang dapat menyehatkan organ paru paru ini diharapkan kita semua dapat menjaga kesehatan paru paru kita. Selain itu hindari rokok dan jauhi asap rokok jika ingin paru paru Anda tetap sehat.

Baca juga info penting seputar Obat Herbal Kanker Paru Paru

Demikianlah 12 makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru Anda, setelah mengetahui beberapa jenis makanan sehat untuk organ penting Anda maka tidak ada salahnya Anda membiasakan diri untuk mengkonsumsinya dengan teratur agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Source : www.healthyandnaturalworld.com

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.