Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

7 Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Makanan yang wajib dihindari penderita diabetesDiabetes atau kencing manis masih menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti saat ini, pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kompilaksi lainnya salah satunya adalah penyakit gagal ginjal. Penyakit diabetes ini dapat terjadi pada siapapun dan dimana pun tanpa terkecuali dengan orang yang tidak mempunyai riwayat diabetes di dalam keluarganya. Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat diobati akan tetapi memang dapat dicegah dan diatasi dengan menjalankan pola hidup yang sehat serta pola makan yang sehat agar penyakit ini tidak terjadi pada tubuh Anda.

Bagaimana jika Anda sudah terkena penyakit diabetes ini? Solusi yang paling tepat adalah dengan menjaga pola makan yang sehat serta rutin berolah raga atau melakukan aktivitas ringan yang dapat menyehatkan tubuh. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai pantangan makanan yang wajib dihindari penderita diabetes, dengan demikian proses pengobatan yang dijalani akan lebih optimal.

7 Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Inilah beberapa pantangan makanan yang wajib di hindari bagi pasien diabetes, yakni :

  1. Hindari Nasi Putih

Nasi putih merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi pengidap diabetes. Sebab nasi putih mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan gangguan metabolisme dan juga mengandung kadar gula tinggi yang membuat sistem resistensi insulin akan meningkat sangat pesat. Apabila pengidap diabetes tetap ingin mengkonsumsi nasi maka usahakan memilih jenis nasi dari beras hitam atau beras merah.

  1. Hindari Jus Buah Dengan Gula Tambahan

Pengidap diabetes sebenarnya dapat mengkonsumsi jus. Akan tetapi hindari jus buah yang diolah dengan gula tambahan, karena hal ini dapat menambah kadar gula di dalam darah dan dampaknya pun sangat cepat. Maka untuk itu jika Anda mempunyai penyakit diabetes lebih baik mengkonsumsi jus buah tanpa menggunakan gula tambahan sama sekali.

  1. Hindari Daging Berlemak Jenuh

Lemak jenuh yang ditemukan dari daging hewan seperti sapi, bebek, dan ayam sangatlah berbahaya bagi penderita diabetes. Lemak jenuh sangat susah untuk dihancurkan saat tubuh mempunyai kadar gula yang tinggi, yang nantinya lemak tersebut pun akan membuat kadar kolesterol semakin meningkat dan dapat menyebabkan resiko penyakit berbahaya lainnya seperti stroke atau jantung. Lihat Obat Herbal Diabetes Melitus Paling Ampuh

  1. Hindari Gorengan

Makanan gorengan memang menjadi favorit masyarakat indonesia. Namun terlalu banyak mengkonsumsi gorengan bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang diolah melalui digoreng dan makanan ini sangat tidak baik bagi penderita diabetes. Sebab setiap makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah berulang kali digunakan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga berdampak pada kadar lemak di dalam tubuh menjadi meningkat, hal ini akan membuat tubuh tidak dapat mencerna dengan lancar.

  1. Hindari Minuman Soda

Minuman yang bersoda merupakan salah satu pantangan yang patut dihindari bagi penderita diabetes karena minuman bersoda memiliki kandungan bahan pengawet dan gula sehingga membuat penyakit diabetes menjadi lebih buruk dan sistem resistensi insulin menjadi lebih parah. Tubuh membutuhkan insulin yang sangat besar sedangkan kelenjar pankreas tidak dapat menghasilkan insulin dengan baik.

  1. Hindari Kafein

Minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh dan kopi juga tidak baik bagi penderita diabetes sebab setiap proses pengolahannya kerap digunakan dengan gula. Dan minuman ini juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain menyebabkan kadar gula meningkat, kafein juga memiliki efek samping lain seperti gangguan deuretik, tekanan darah tinggi, dan denyut jantung lebih cepat.

  1. Hindari Coklat

Coklat sebenarnya diperbolehkan bagi pengidap diabetes akan tetapi dengan porsi yang sangat di batasi. Karena coklat memiliki kandungan kafein, teobromindan, lemak jenuh, kalori tinggi, bahan pemanis makanan, garam, dan mentega. Kandungan lemak jenuh yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan resiko kolesterol sedangkan kafein dapat menyebabkan diuretik dan dehidrasi ( kekurangan cairan dalam tubuh ).

Baca juga artikel mengenai 10 Buah Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus

Itulah makanan makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Pola makan yang sehat serta pola hidup yang sehat wajib diterapkan oleh penderita diabetes agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai 7 pantangan makanan yang wajib dijauhi bagi penderita diabetes. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Source : www.everydayhealth.com

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.