MENGENAL GEJALA AWAL KANKER HATI

Kanker hati terjadi ketika adanya sel abnormal yang tumbuh dihati dan mampu merusak sel baik didalamnya. Sel kanker yang tumbuh bisa diakibatkan oleh 2 hal, pertama karena sel kanker yang berasal dari organ lain yang mengalami kanker dan kedua sel kanker dari awal memang tumbuh dihati akibat terjadinya pembaruan sel yang tidak sempurna.

Gejala Awal Kanker Hati

Dari bibit kecil hingga memperbanyak diri dan merusak jaringan saraf hati menimbulkan beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita. Gejala kanker hati biasanya terjadi pada tahapan stadium 2 karena kebanyakan kasus pada fase awal tidak ada gejala yang muncul pada penderita. Inilah yang menyebabkan banyaknya penderita mengalami kesulitan saat proses penyembuhan. Untuk itu diperlukan adanya pengetahuan mengenai penyakit kanker hati. selain untuk menambah wawasan juga dapat mengantisifasi tumbuhnya sel kanker.

Berikut ini ada beberapa gejala yang umum dijumpai pada penderita kanker hati. Apabila anda mengalami beberapa gejala berikut, jangan membiarkannya begitu saja. Karena penanganan yang cepat akan mempermudah penyembuhan sebab sel kanker belum sepenuhnya menyerang hati.

Adapun gejala-gejala karena kanker hati antara lain.

  1. Hati mengalami pertambahan ukuran yang cepat yang ditandai dengan timbulnya rasa kembung yang bukan disebab oleh masuk angin. Untuk melihatnya lakukanlah pemeriksaan ronsen.
  2. Air seni yang keluar berwarna kuning gelap hingga coklat yang bukan disebabkan oleh dehidrasi.
  3. Sering merasa mual bahkan muntah dan disertai nafsu makan yang berkurang.
  4. Warna feses tidak cerah
  5. Tubuh cepat mengalami lelah dan hilangnya gairah untuk melakukan aktivitas.
  6. Kekebalan tubuh melemah.
  7. Pencernaan mengalami gangguan dan rasa sakit yang timbul pada bagian perut kanan.
  8. Berat badan menurun secara drastis tanpa adanya usaha penurunan berat badan.
  9. Pembengkakan pada kelenjar getah bening.
  10. Kadar glukosa dalam darah mengalami penurunan
  11. Sering mengalami pingsan karena anemia.
  12. Sendi-sendi terasa ngilu dan rasa sakit yang cukup parah.
  13. Perubahan warna kulit dan bola mata (berwarna kuning).
  14. Bau badan maupun bau mulut meningkat. Hal ini tidak selalu diakibatkan hati yang terkena kanker. Tapi untuk lebih memastikanya lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut.
  15. Proses penyembuhan membutuhkan waktu yang lama pada iritasi kulit.
  16. Hidung sering mengeluarkan darah (mimisan).

Gejala tersebut di ambil dari pengalaman penderita kanker hati dan gejala yang timbul bisa saja berbeda dari penderita 1 dengan penderita lain karena dipengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Jangan sungkan atau malas untuk melakukan pemeriksaan apabila anda mengalami beberapa gejala dari ke 16 gejala yang disebutkan diatas.

Bagi anda yang sekarang mengalami kanker hati. Tidak perlu terlalu khawatir karena sudah banyak pengobatan kanker hati yang cukup ampuh untuk mengusir sel kanker dari tubuh. Pengobatan pun bervariasi, mulai dari obat herbal, obat medis, operasi, hingga terapi. begitupun dengan terapinya, ada banyak jenis terapi yang bisa disesuaikan dengan kemampuan materi penderita, seberapa parah sel kanker dalam hati dan kondisi penderita.

Tetap saja semua itu memperlukan kesabaran, materi dan mental yang kuat. Sebelum semua itu terjadi, mulai lah dari sekarang untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat, menjauhi faktor penyebab tumbuhnya sel kanker dan menjalankan kegiatan fisik secara rutin. Selain bisa membuat hati dan tubuh terhindar dari penyakit ganas, kesehatan dan kebugaran tubuh pun terjamin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.