Obat Herbal Ginjal Bocor Pada Anak dan Dewasa

Setiap orang terlahir dengan memiliki dua ginjal dimana setiap harinya ginjal menyaring 200 liter darah dan dalam prosesnya menyaring dua liter racun, limbah, dan air. Setiap orang bisa memiliki ginjal yang sehat dan berfungsi baik hingga usia tua. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kondisi ginjalnya. Ginjal sendiri memiliki peran penting didalam tubuh, dimana ginjal mampu mengatur kadar air dalam tubuh. Ginjal juga melepas hormon yang mengatur tekanan darah, produk sel darah merah, dan membantu memelihara kesehatan tulang.

Namun bagaimana jika tubuh mengalami kerusakan pada organ ginjal, tentu saja dapat menyebabkan berbagai gejala bahkan komplikasi penyakit lainnya. Seperti halnya gangguan pada ginjal yang dikenal dengan ginjal bocor, dimana tubuh kehilangan banyak protein didalam urin. Dalam kondisi normal seharusnya urin hanya mengandung limbah dan air.

Kerusakan pada ginjal biasanya berlangsung perlahan dan dalam waktu lama. Seperti halnya pada ginjal bocor, namun perlu kita ketahui bahwa ginjal bocor bukanlah penyakit, namun dapat diartikan sebagai peringatan bahwa ada kerusakan pada finjal yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, semestinya masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Mulailah melakukan pencegahan dan deteksi dini kerusakan pada  ginjal.

Amazon Berries merupakan obat herbal ginjal bocor yang sangat aman dan telah terbukti dapat menjadi solusi permasalahan ginjal Anda. Sebelum kita mambahas manfaat Amazon Berries ada baiknya bagi kita untuk mengetahui lebih jelas apa itu ginjal bocor dan bagaimana ginjal bocor dapat terjadi, berikut penjelasannya:

Ginjal Bocor atau Sindrom Nefrotik

Ginjal bocor atau sindrom nefrotik bukanlah penyakit tunggal, ini merupakan sindrom dimana ada beberapa gejala dan tanda-tanda yang cenderung terjadi bersama-sama dan yang dapat disebabkan oleh satu atau lebih penyakit yang berbeda. Gonjal bocor dapat disebabkan oleh banyak penyakit yang berbeda, beberapa bahkan dapat lebih serius daripada yang lain.

Ginjal bocor atau Sindrom nefrotik adalah kondisi yang menunjukkan adanya kerusakan pada ginjal yang menyebabkan tubuh manusia kehilangan terlalu banyak protein di dalam urine. Ginjal bocor dapat terjadi pada semua usia. Tetapi yang paling umum terjadi pada anak-anak antara usia 18 bulan sampai 8 tahun. Ginjal bocor dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan pada jaringan tubuh dan dapat memicu terjadinya infeksi, bahkan jika kondisi ini dibiarkan atau tidak diobati dapat menyebabkan gagal ginjal.

Penyebab Ginjal Bocor

Ginjal memiliki pembuluh darah kecil yang disebut glomeruli yang menyaring limbah dan air tambahan dari darah. Glomeruli juga dapat menjaga jumlah yang tepat dari protein di dalam darah. Ketika glomeruli rusak dapat menyebabkan kebocoran sehingga tubuh akan kehilangan protein secara berlebihan dan mengeluarkannya lewat urine. Hal ini juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di dalam jaringan dan menyebabkan pembengkakan.

Berikut ini beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, seperti:

  • Glomerulonefritis perubahan minimal

Jenis penyakit ginjal yang sering disebut penyakit perubahan minimal. Hal ini disebut ‘perubahan minimal’ karena sampel jaringan dari ginjal penderitanya akan tampak normal atau mendekati normal saat diperiksa di bawah mikroskop.. Penyebabnya diduga akibat perubahan sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Glomerulonefritis perubahan minimal menyebabkan sekitar 9 dari 10 kasus ginjal bocor pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, sedangkan pada orang dewasa menyebabkan sekitar 1 dari 5 kasus.

  • Nefropati membranosa

Nefropati membranosa merupakan penyebab umum dari ginjal bocor pada orang dewasa. dan sangat jarang terjadi pada anak-anak. Dalam kondisi ini ada beberapa penebalan membran dalam glomeruli yang menyebabkan kebocoran protein. Hal ini terjadi karena reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh untuk beberapa infeksi. Hal terkait lainnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu.

  • Glomerulosklerosis fokal segmental (FSGS)

Ini merupakan suatu kondisi dimana ada bekas luka kecil (sclerosis) pada glomeruli. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun, reaksi dari sistem kekebalan tubuh untuk berbagai hal tertentu dapat menjadi penyebabnya. FSGS menyumbang sekitar 1 dri 10 kasus ginjal bocor pada anak-anak.

  • Gangguan lain glomeruli

Ada berbagai gangguan ginjal lainnya yang tdapat mempengaruhi glomeruli, dan menyebabkan ginjal bocor. Seperti, glomerulonefritis membranoproliferative, mesangial glomerulonefritis proliferatif, fibrillary glomerulosklerosis, diffuse mesangial sclerosis, IgM mesangial nefropati. Penyebab beberapa kondisi ini tidak jelas. Namun, beberapa mungkin disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kerusakan pada bagian tertentu dari glomeruli atau sel terdekat.

  • Kondisi umum lainnya

Komplikasi dari beberapa kondisi yang lebih umum lainnya dapat menyebabkan kerusakan glomeruli, yang menyebabkan ginjal bocor. Misalnya, komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes, lupus eritematosus sistemik (SLE), rheumatoid arthritis, poliarteritis nodosa, Henoch-Schonlein, berbagai infeksi, beberapa jenis kanker dan amiloidosis. Hal ini juga dapat terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu dan dari berbagai racun atau toksin.

Gejala Ginjal Bocor

Retensi cairan  atau edema adalah gejala utama dari ginjal bocor. Retensi cairan dapat terjadi ketika ada kebocoran cairan dari pembuluh darah ke dalam jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan pembengkakan dari jaringan yang terkena. Pembengkakan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi jaringan yang bengkak akan terasa seperti tertekan. Pada anak-anak, pembengkakan biasanya dimulai pada wajah. Sedangkan pada orang dewasa, pembengkakan biasanya di mulai dari pergelangan kaki yang kemudian di susul pada bagian betis dan paha. Dalam kasus ginjal bocor yang parah, retensi cairan dapat terjadi pada punggung bawah, lengan, di rongga perut dan dirongga dada. Hal ini dapat menyebabkan nyeri perut dan sesak napas.

Gejala lain yang mungkin terjadi, seperti:

  • Urin biasanya akan berbuih atau berbusa, hal ini dikarenakan urin mengandung protein yang tinggi.
  • Menurunkan kondisi tubuh seperti kelelahan dan terlihat lesu
  • Nafsu makan yang berkurang
  • Diare dan / atau muntah, terutama pada anak-anak.
  • Jika ginjal bocor berlangsung pada waktu yang lama maka dapat menyebabkan berkurangnya tenaga dan kuku dapat menjadi putih.
  • Rasa pusing dapat terjadi ketika Anda berdiri dari duduk atau berbaring.

Komplikasi dari Ginjal Bocor

Hilangnya protein yang berbeda dari tubuh dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada orang dengan ginjal bocor. Hilangnya protein dapat menyebabkan terjadinya  gumpalan darah. Gumpalan darah dapat memblokir aliran darah dan oksigen yang melalui pembuluh darah. Protein immunoglobulin atau sistem kekebalan tubuh dapat membantu melawan penyakit dan infeksi, namun kehilangan protein ini dapat meningkatkan risiko terhadap infeksi. Infeksi ini termasuk pneumonia, infeksi paru-paru, infeksi kulit, infeksi perut dan  meningitis, infeksi otak dan tulang belakang. Komplikasi lain dari sindrom nefrotik termasuk

  • Hipotiroidisme, merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
  • Anemia, yaitu suatu kondisi di mana sel-sel darah merah lebih sedikit atau dibawah ukuran normal, yang berarti lebih sedikit oksigen yang dibawa ke sel-sel tubuh. Hal ini disebabkan hilangnya protein yang membantu tubuh membawa zat besi di dalam aliran darah. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat sel-sel darah merah dan mencegah anemia.
  • Penyakit arteri koroner, yang disebabkan oleh penyempitan arteri yang memasok darah ke jantung.
  • Tekanan darah tinggi, kondisi di mana darah mengalir melalui pembuluh darah dengan kekuatan yang lebih besar dari yang seharusnya.
  • Tingkat kolesterol yang tinggi. Jika hal ini tidak ditangani, dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Peningkatan risiko kekurangan vitamin D yang dapat menyebabkan masalah pada tulang. Hal ini disebabkan hilangnya vitamin D yang menyatu pada protein dari aliran darah.

Mengurangi Gejala Ginjal Bocor dan Mencegah Masalah Kesehatan Lainnya

Gejala yang hadir akibat ginjal bocor tentu dapat mengganggu bahkan jika ginjal bocor dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan komplikasi atau masalah pada kondisi kesehatan lainnya, untuk itu kita perlu pencegahan dengan melakukan beberapa perubahan, seperti:

  • Mengurangi kadar garam dalam makanan, hal ini dapat membantu mengatasi retensi cairan didalam tubuh.
  • Memilih makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol. Hal ini dapat membantu mencegah dan mengurangi kolesterol yang tinggi.
  • Menjaga berat badan sehat atau dengan mengurangi berat badan jika Anda memiliki kelebihan berat badan.
  • Berhenti merokok, merokok bisa memperburuk penyakit dan kondisi ginjal.
  • Rutin berolahraga, dengan rutin berolahraga minimal 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko dari penyebab ginjal bocor itu sendiri.

Mendiagnosis Ginjal Bocor

Ada beberapa tes yang dapat digunakan untuk mendiagnosa ginjal bocor, seperti:

  • Untuk mengkonfirmasi Ginjal bocor

Sebuah tes sederhana yang disebut ‘dipstick’ urin dapat memastikan bahwa urin mengandung banyak protein. Protein dalam urin tidak selalu karena ginjal bocor akan tetapi sering merupakan penyebab penyakit ginjal yang mendasarinya. Jumlah protein yang hilang dapat diukur dengan urine dan tes darah yang lebih rinci. Untuk mengukurnya, maka Anda diharuskan  mengumpulkan semua urin yang dikeluarkan dalam waktu 24 jam, sehingga jumlah total protein yang hilang dalam satu hari dapat diukur. Tingkat darah rendah albumin dikombinasikan dengan banyak protein yang ditemukan dalam urin biasanya dapat menilai bahwa Anda memiliki ginjal bocor.

  • Untuk mengetahui penyebab ginjal bocor

Berbagai tes darah dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab ginjal bocor. Prosedur biopsi ginjal dapat dilakukan. Biopsi ginjal adalah prosedur yang mengambil sampel kecil jaringan dari ginjal, sampel kemudian diperiksa di bawah mikroskop, atau diuji dengan cara lain. Hal dari tes ini dapat memperjelas penyebab ginjal bocor pada orang dewasa. Namun, biopsi biasanya tidak dilakukan pada anak-anak di bawah usia 8 tahun.

  • Untuk memeriksa fungsi ginjal

Tes darah dapat digunakan untuk memeriksa fungsi ginjal. Dengan tes darah kita dapat mengetahui seberapa baik ginjal dapat membersihkan produk limbah dari aliran darah.

Pengobatan Ginjal Bocor

Jenis pengobatan sangat tergantung pada penyakit yang menyebabkan ginjal bocor, oleh sebab itu penanganan ginjal bocor dapat berbeda-beda bagai tiap penderitanya. Berikut ini beberapa pengobatan yang dapat dilakukan, seperti:

  • Pengobatan untuk retensi cairan atau edema – diuretik adalah obat yang biasanya digunakan untuk membantu tubuh membuang cairan yang berlebih dari dalam tubuh melalui urin. Diuretik bekerja dengan mengembalikan cairan yang berlebih didalam jaringan tubuh untuk kembali ke dalam aliran darah dan menjaga volume darah pada keadaan normal.
  • Pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi – banyak penderita gangguan ginjal memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini karena ginjal membuat bahan kimia yang terlibat dalam pengendalian tekanan darah. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi maka pengobatan biasanya menggunakan obat darah tinggi, untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Obat pengencer darah – obat ini hanya diberikan kepada orang yang mengembangkan bekuan darah.
  • Steroid atau obat-obatan lain yang disebut imunosupresan – biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan dan sistem kekebalan tubuh yang tidak normal.
  • Obat statin – diberikan untuk menurunkan kolesterol.
  • Vaksin pneumokokus – merupakan vaksin yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap bakteri yang sering menyebabkan infeksi.

Obat Herbal Amazon Berries Solusi bagi Ginjal Bocor

 Amazon Berries merupakan obat herbal ginjal bocor terbaik yang menkomposisikan Acai Berry, Manggis, buah Anggur Merah, Black Pulm, Guarana dan Serat Akasia. Amazon Berries sangat bermanfaat dalam mengembalikan kesehatan ginjal seperti semula dan memperbaiki setiap kerusakan yang terjadi pada glomeruli, sehingga ginjal dapat menyaring limbah dan air dengan benar.

Didalam Amazon Berries terdapat beberapa senyawa yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa gejala ginjal bocor yang terjadi serta mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi yang biasnya terjadi pada ginjal bocor. Berikut manfaat dari masing-masing kandungan yang terdapat pada Amazon Berries, seperti:

  • Acai Berry

Didalam Acai berry terdapat beberapa senywa yang dapat mengobati ginjal bocorseperti senyawa antosianin yang merupakan antioksidan terbaik yang dapat meregenerasi sel-sel yang telah rusak serta dapat mencegah terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah. Acai berry juga banyak mengandung serat yang sangat baik dalam membantu melancarkan sistem pencernaan. Didalam Acai Berry juga terdapat lemak sehat, dimana lemak sehat ini dapat menjaga sistem karrdiovaskular, sehingga mencegah terjadinya jantung koroner yang merupakan hasil komplikasi dari penyakit jantung bocor.

  • Manggis

Kandungan Xanthone yang melimpah didalam buha manggis dapat digunakan untuk mengatasi radikal bebas, hal ini danagat penting dimana Xanthone dapat membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya yang menyebabkan ginjal bocor. Dengan adanya senyawa Xanthone maka dapat membantu kesembuhan ginjal serta dapat mengurangi beberapa gejala yang disebabkan. Buah manggis juga dapat bermanfaat untuk melancarkana peredaran darah, menurunkan tingkat kolesterol dan membantu mengontrol tingkat trigliserida.

Anggur merah

didalam Anggur merah terdapat senyawa yang bernama Rresveratol yang juga merupakan antioksidan yang kuat yang bermanfaat dalam meregenerasi ssel-sel yang telah rusak seperti sel glomerulus pada  ginjal. Ketika sel-sel glomerulus mengalami regenerasi maka dapat mempercepat proses kesembuhan.

  • Black Plum

Merupakan sumber Vitamin C yang tinggi. Selain itu didalam buah pulm terdapat senyawa aktif yang disebut diphenylisation yang merupakan senyawa yang dapat mengatasi gejala diare, yang merupakan gejala dari ginjal bocor.

  • Serat Akasia

Serat akasia berasal dari pohon akasia yang, dimana serta akasia dapat membantu tubuh mengatasi permasalahan sistem pencernaan, menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif dan optimal maka Amazon Berries harus dikomsumsi secara rutin, yaitu dengan ketentuan:

  • Dewasa : 2 x 1 sachet sehari sebelum makan
  • Anak-anak : 1 sachet sehari setelah makan

Harga:

  • 1 inner box Amazon Berries Rp. 450.000,00 (isi 10 sachet)
  • 1 box Amazon Berries Rp. 1.200.000,00 (isi 30 sachet)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.