Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Penderita Stroke

Jika Anda telah selamat dari serangan stroke, sekarang adalah saatnya untuk memulai perubahan dalam pola makan/diet Anda. Untuk mencegah serangan stroke datang kembali, Anda harus menjauhi pantangan makanan dan minuman untuk penderita stroke, yang akan dijelaskan di artikel ini.

Selain itu juga penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bagi sistem kardiovaskular dan yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian terbaru terhadap 11.862 penderita stroke mengungkapkan bahwa hanya 62 persen dari mereka yang mengerti ataupun mendapatkan bimbingan tentang pola makan yang sehat dan apa saja pantangan makanan yang harus dijauhi. Selain itu sangat penting untuk menjaga berat badan yang normal serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Menurut American Heart Association pola makan yang benar akan mengurangi risiko serangan stroke sekaligus risiko terkena penyakit jantung.

Pola Makan Yang Benar

1. Lemak Jenuh

Prinsipnya adalah untuk tidak mengkonsumsi lemak jenuh secara berlebihan, untuk itu Anda harus menghindari:

  • Hindari produk susu dengan lemak tinggi
  • Ganti daging dengan ikan
  • Makan ayam tanpa kulit, karena bagian kulit mengandung lemak jenuh tinggi.

2. Lemak Total

Anda hanya boleh konsumsi lemak sebanyak 30% dari jumlah kalori yang masuk per hari.

Praktikan tips berikut:

  • Dibanding memasak dengan cara menggoreng, ganti cara seperti memanggang atau steam.
  • Menghindari penambahan lemak tinggi untuk makanan – seperti mentega
  • Hindari produk-produk berlemak tinggi seperti kue tart

3. Asupan Kolesterol

Selama pemulihan stroke, jauhi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Berikut caranya:

  • Mengurangi konsumsi daging dan produk susu.
  • Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.
  • Hindari kuning telur dan hati (jeroan).

4. Asupan Garam

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke. Dan konsumsi garam berlebihan secara langsung berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Salah satu cara untuk membantu mengurangi risiko stroke adalah untuk membatasi asupan garam Anda. Coba gunakan bumbu jenis lain untuk pengganti garam seperti rempah-rempah ataupun lemon untuk rasa makanan.

Selain dengan mengaplikasikan pola makan yang benar di atas, Anda juga bisa mencegah serangan stroke dengan mengkonsumsi obat herbal Stroke Amazon Plus.

Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Pasien Stroke

Ketika pasien stroke sedang menjalani pemulihan akibat serangan stroke, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan. Solusinya pasien stroke bisa mencoba makanan yang lebih lunak, seperti bubur, nasi tim, yoghurt dll.

Pantangan Makanan Penderita StrokeSelanjutnya mereka juga harus menjauhi beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya serangan stroke kembali. Berikut pantangan makanan dan minuman untuk penderita stroke yang harus Anda perhatikan.

  1. Makanan dengan lemak jenuh tinggi. Muffin, donat, keripik, kerupuk, kue, cookies dan makanan cepat saji seperti onion ring, kentang goreng, dan ayam goreng mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, jadi harus dihindari oleh penderita stroke. Karena lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu juga bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah arteri koroner.
  2. Daging olahan dan daging asap seperti ham, sosis, hot dog, bacon, kornet, dendeng dll. Mengapa harus dihindari? Karena proses pembuatan daging olahan biasanya menggunakan natrium, bahkan yang lebih buruk adalah pengawet yang digunakan untuk menjaga daging olahan tetap bisa dikonsumsi dalam waktu lama. Natrium yang berlebihan menurut penelitian dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan pembuluh arteri mengeras dan menyempit.
  3. Minuman Bersoda. Orang yang minum soda setiap hari maka risiko stroke akan meningkat drastis. Sebuah studi pada Tahun 2011 yang dipublikasikan pada Konferensi Internasional American Stroke Association menemukan bahwa peminum soda setiap hari memiliki kemungkinan terkana stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner .
  4. Daging merah. Harus menjadi pantangan makanan selanjutnya karena mengandung lemak jenuh yang tinggi. Daging merah seperti daging sapi, kerbau, kambing, domba dan babi merupakan makanan yang sangat berisiko bagi penderita stroke. Solusinya sebagai pengganti sumber protein, pasien stroke bisa konsumsi ikan dan ayam tanpa kulit.
  5. Makanan Kalengan
    Apapun jenis makanan kaleng yang Anda temukan di rak supermarket sebaiknya harus di jauhi. Karena ini merupakan pantangan makanan bagi penderita stroke selanjutnya. Makanan kaleng mengandung natrium tinggi untuk menciptakan rasa yang nikmat, serta mengandung bahan pengawet agar bisa tahan lama.

Itulah pantangan makanan dan minuman untuk penderita stroke yang harus dihindari agar Anda jauh dari serangan stroke berikutnya. Selain menghindari makanan dan minuman di atas, Anda juga harus tetap memiliki pola makan yang sehat. Yakni perbanyak makan sayuran segar dan buah segar untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber : mercola.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.