Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Kenali Penyakit-penyakit Yang Dapat Memicu Kanker Paru Paru

Penyakit pemicu kanker paru paruKenali penyakit penyakit yang dapat memicu kanker paru paru – Organ paru paru merupakan alat pernafasan dalam sistem kehidupan manusia yang berfungsi untuk menyerap oksigen yang akan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh. Paru paru juga menjadi tempat pertukaran gas oksigen (O2) dengan karbondioksida (CO2) sebagai hasil metabolisme di dalam tubuh.

Oleh karena itu paru paru memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sebab jika tidak ada paru paru maka manusia tidak dapat bernafas dan akan mati. Penyakit pun dapat menyerang saluran pernafasan termasuk paru paru, dan yang paling berbahaya adalah pertumbuhan kanker pada paru paru.

Kanker paru paru biasanya sebagai akibat penyakit paru paru yang pernah diderita sebelumnya, oleh karena itu bagi Anda yang pernah mengalaminya akan memiliki resiko lebih besar daripada yang belum pernah mengalami. Beberapa pemicu yang dapat menyebabkan masalah pada organ paru paru ini antara lain:

  • Merokok merupakan sumber segala penyakit di dalam tubuh karena kandungan CO2 dan zat berbahaya lainnya terutama untuk organ paru paru yang dilewati asap rokok.
  • Tinggal di lingkungan atau bekerja di lokasi yang terkena polusi tinggi seperti asap kendaraan, asap pabrik, dan bahan kimia.
  • Tidur bersama hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, dan jenis hewan yang berbulu lainnya.
  • Kondisi rumah atau kamar yang lembab dan banyak kuman / bakteri berkembang.
  • Bencana alam seperti ledakan gunung berapi yang menyebabkan hujan abu dan gas berbahaya.
  • Tinggal di lingkungan yang bersuhu ekstrim (dingin).

Penyakit Pemicu Kanker Paru Paru

Sebagai akibat dari pemicu pemicu di atas maka paru paru dapat mengalami masalah pada sistem pernafasannya dan terjadi penyakit pada paru paru yang dapat memicu pertumbuhan kanker. Apa saja penyakit ini? Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini:

1. Asma

Penyakit asma ditandai dengan saluran nafas atau bronkus yang sensitif terhadap alergen seperti bulu hewan, tungau debu, udara dingin, emosi yang melonjak, dan makanan atau obat tertentu sehingga mengalami penyempitan yang membuat kesulitan bernafas. Penderita asma biasanya harus menyediakan inhaler untuk pertolongan pertama jika serangan asma terjadi.

2. Pneumonia

Penyakit ini berawal dari peradangan paru paru yang disebabkan infeksi bakteri atau virus seperti mycoplasma dan streptococus pneumoniae yang akhirnya menyebabkan paru paru basah yang ditandai banyaknya cairan di dalam paru paru. Kondisi ini biasanya dialamim oleh anak anak karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna, tetapi juga dapat dialami oleh orang dewasa jika daya tahan tubuhnya lemah.

3. Bronkitis

Infeksi yang terjadi pada bronkus oleh kuman dan bakteri juga dapat menyebabkan peradangan yang disebut penyakit bronkitis dengan gejala batuk tidak kunjung sembuh dan berhenti. Bronkitis ini biasanya disebabkan oleh asap rokok dan polusi akibat bahan kimia atau debu.

4. TBC

Infeksi bakteri mycobacterium  tuberculosis pada organ paru paru akan menimbulkan penyakit TBC paru paru yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan batuk berdarah. Hal lainnya yang perlu diwaspadai adalah TBC ini dapat menular ke orang lain melalui udara yang dihembuskan lewat bernafas, batuk, bersin, ataupun air liur.

Nah itulah beberapa penyakit dan pemicu yang dapat berkembang menjadi kanker paru bila tidak segera ditangani atau diobati, oleh karena itu sebagai langkah pencegahan yang pertama adalah berhenti merokok jika Anda seorang perokok, dan menghindari polusi udara. Kanker paru paru adalah pertumbuhan sel abnormal pada organ paru paru yang merusak jaringan normal di sekitarnya yang beresiko menimbulkan kematian pada penderitanya. Baca juga artikel tentang Makanan Sehat Untuk Menyembuhkan Kanker Paru paru.

Oleh karena itu mulai hari ini ubahlah kebiasaan buruk yang dijalani selama ini dan mulailah menerapkan gaya hidup sehat supaya kita terhindar dari penyakit penyakit mematikan yang sudah dijelaskan di atas. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi obat herbal dari bahan bahan alami untuk menjaga paru paru tetap sehat.

Sumber : www.mayoclinic.org

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.