Penyebab Kista Ovarium Pada Wanita yang Perlu Diketahui

Penyakit Kista OvariumPada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyakit kista serta apa penyebab penyakit kista ovarium pada wanita. Informasi ini sangat penting bagi kaum wanita, karena penyakit kista hanya terjadi pada kaum wanita saja, namun sangat perlu diperhatikan juga bagi kaum pria untuk menambah wawasannya agar dapat menjaga wanita yang disayanginya agar terhindar dari penyakit ini.

Penyakit Kista
Kista merupakan suatu benjolan seperti kantung yang berisi cairan akibat dari pertumbuhan sel sel yang abnormal. Kista dapat tumbuh dimana saja seperti pada organ rahim, payudara, dan lain lain. Anda dapat merasakan kista dengan cara merabanya, misalnya anda merasakan terdapat benjolan yang abnormal disekitar kelenjar susu (payudara), atau pun benjolan yang terdapat di bawah kulit yang dapat dilihat dan dirasakan. Beda halnya dengan kista yang tumbuh pada rahim, ginjal dan hati, anda hanya dapat mengetahuinya dengan cara CT Scan, USG, X-Ray dan MRI.

Menurut seorang ahli yaitu Dr. dr. T. Z. Jacoeb, SpOG-KFER, mengungkapkan kista dapat tumbuh di luar ovarium, seperti pada organ usus, paru paru ataupun otak. Dr. Jacoeb menambahkan kista dapat terjadi akibat dari polusi udara. Zat Dioksin yang berasal dari polusi pabrik ataupun dari asap kendaraan bermotor dapat memicu pertumbuhan kista dalam tubuh.

Selain faktor polusi udara terdapat faktor lainnya seperti makanan. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang berlemak yang tidak dapat seutuhnya diolah pada saat proses metabolisme maka dapat mengendap pada tubuh dan dapat meningkatkan hormon testosteron. Hormon testosteron ini yang dapat memicu resiko penyakit kista.

Baca juga : makanan yang dapat memicu penyakit kista.

Apa yang dapat menyebabkan penyakit kista ovarium?

Untuk menghindari penyakit kista ovarium, Anda perlu mengetahui faktor faktor apa saja yang dapat memicunya, berikut faktor faktor penyebab tumbuhnya kista ovarium dalam tubuh:

  • Pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak
  • Perokok aktif dan sering mengonsumsi minuman beralkohol
  • Polusi udara
  • Stress
  • Faktor keturunan
  • Infeksi, tumor, peradangan kronis
  • Sel embrio yang abnormal
  • Malas berolahraga

Sangat penting untuk mengetahui penyebab kista ovarium diatas, sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya penyakit kista ovarium pada diri anda. Pencegahan adalah solusi terbaik untuk menghindarinya. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Yang paling penting dengan menghindari makanan makanan yang berlemak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Lalu mulailah hidup sehat dengan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara, serta atur jadwal olah raga yang baik dan rutin sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda.

Bahaya Penyakit Kista Ovarium

Kista memang termasuk penyakit yang tidak ganas, namun tidak menutup kemungkinan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika didiamkan dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan serius. Kista pada rahim dapat membuat kondisi perut seseorang merasakan sakit yang teramat sakit seperti terpelintir. Beberapa gejala yang terjadi seperti rasa nyeri pada saat haid, frekuensi buang air besar dan kecil meningkat, terasa nyeri pada perut bagian bawah. Dan yang harus anda perhatikan, kista dapat menyebabkan kemandulan serta pada kondisi ibu hamil dapat menyebabkan keguguran.

Baca juga info penting mengenai : Obat herbal Kista Ovarium

Penyakit kista memang sangat tidak disukai oleh kaum wanita, untuk itu hal yang paling penting adalah dengan mencegahnya dan menghindari penyebab kista diatas. Menerapkan pola hidup yang sehat sangat penting agar penyakit kista ini menjauh dari anda, sayangi diri Anda dan orang orang disekitar anda.

Source : www.medicinenet.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.