PENYEBAB TUMBUHNYA SEL KANKER DI PARU-PARU

Semua kalangan bisa terkena penyakit ganas  ini karena faktor-faktor penyebabnya sangat umum dijumpai. Faktor luar hingga faktor keturunan penyakit dari orang terdahulu. Umumnya penderita berusia 30 tahun ke atas, tapi itu tidak berlaku untuk penyakit kanker paru-paru. Bayi yang masih berusia 1 tahun saja bisa terkena kanker paru-paru. inilah yang menyebab kanker paru-paru termasuk ke dalam penyakit yang cukup mematikan.

Penyebab Kanker Paru Paru

Kanker paru-paru terjadi ketika adanya pertumbuhan sel yang tidak biasa (abnormal) dengan pertumbuhan yang mengganggu jaringan saraf pada paru-paru. Sel kanker yang tumbuh membuat paru-paru mengalami inflamasi serta pembengkakan pembuluh darah yang mengakibatkan menurunnya fungsi paru-paru sehingga menimbulkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan penderita seperti sesak nafas yang berlebih, adanya rasa sakit pada bagian dada, tubuh cepat lelah, kepala terasa sakit dan lain sebagainya. Apabila ini dibiarkan begitu saja kondisi penderitaakan semakin memburuk bahkan bisa mengalami kematian.

Bibit kanker tumbuh karena adanya virus, bakteri maupun adanya zat kimia yang masuk dalam tubuh dan merusak sel sehingga memicu tumbuhnya sel baru yang tidak lazim. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dalam mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat sel kanker tumbuh atau masuk dalam tubuh. Dengan begitu anda bisa mengantisifasi penyakit ganas ini dengan menjauhkan diri dari kanker paru-paru.

Adapun faktor penyebab kanker paru-paru adalah.

  1. Merokok. Kandungan zat kimia didalam rokok sangat banyak dan mampu merusak organ paru-paru karena asap rokok akan langsung bertemu langsung dengan saluran pernafasan hingga masuk ke paru-paru. Secara tidak sadar paru-paru akan mengalami pelemahan fungsi sehingga lambat laun akan merusak jaringan sel saraf paru-paru dan bisa memicu pertumbuhan sel kanker.
  2. Alkohol. Memang alkohol mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, tapi akan memberikan efek buruk apabila dikonsumsi dengan kadar yang melebihi batas.
  3. Polusi lingkungan. Polusi udara yang mengakibatkan banyaknya radikal bebas dan racun hasil produksi industri atau pun dari kendaraan akan masuk dalam tubuh terutama paru-paru.
  4. Karena faktor penyakit turunan. Orang tua atau kerabat terdahulu yang mempunyai riwayat kanker paru-paru bisa menularkan ke generasi selanjutnya.
  5. Adanya penyakit paru-paru yang diderita seperti TBC akan memicu pertumbuhan sel abnormal (kanker).

Sekarang anda sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab tumbuhnnya sel kanker dalam tubuh. Maka berhentilah dari sekarang atau mengurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain menjauhkan diri dari kanker, penyakit lain pun tidak akan anda alami karena tubuh selalu dalam keadaan sehat yang secara otomatis kekebalan tubuh pun ikut meningkat.

Sebagian besar  penderita kanker paru-paru mengaku baru mengetahui bahwa ia menderita kanker paru-paru setelah melakukan pemeriksaan. Hal ini tentu akan menyulitkan proses penyembuhan, karena kondisi paru-paru sudah parah. Belum lagi ditambah sel  kanker telah menyebar keseluruh tubuh. Untuk mengatasi masalah seperti ini sebenarnya cukup mudah, selain dengan melakukan pemeriksaan ke rumah sakit penderita juga bisa mendiagosa sendiri apakah ada sel kanker tumbuh dalam tubuhnya atau tidak dengan mengetahui gejala awal kanker paru-paru. apabila yakin terkena kanker paru-paru maka lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut. Dengan mendiagnosa sendiri diupayakan akan mengurangi terjadinya keterlambatan pengobatan.

Selain dengan cara menjauhkan diri dari faktor-faktor penyebab kanker paru-paru lebih bagus lagi didukung dengan pola hidup yang lebih sehat. Seperti mengatur pola makan, rutin melakukan olah raga dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Usaha anda dalam menjauhi kanker paru-paru pun akan optimal. Bila anda terkena penyakit kanker paru-paru maka segeralah lakukan pengobatan kanker paru-paru yang ampuh.

Semoga pembahasan ini mampu memberikan wawasan lebih mengenai penyakit kanker paru-paru serta mampu meningkatkan kewaspadaan anda akan penyakit lain yang sama ganasnya dengan penyakit kanker paru-paru.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.