Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

Tanda dan Gejala Batu Empedu Yang Perlu Diwaspadai

GEJALA BATU EMPEDU – Batu empedu merupakan suatu kondisi tubuh dimana telah terjadi gangguan kesehatan dalam saluran empedu atau organ kecil yang letaknya berada di bawah hati.  Yang mana, gangguan ini diketahui bahwa di dalam saluran empedu tersebut terdapat sebuah batu. Sehingganya sering banyak kalangan yang menamainya sebagai gangguan kesehatan batu empedu.

Gejala Batu Empedu

Maksudnya, bahwa batu tersebut terbentuk dari suatu cairan yang telah mengeras. Yang mana cairan yang mengeras ini diduga dari kolesterol, garam kalsium dan pigmen empedu (bilirubin)  yang diproduksi oleh hati hingga kemudian kedua cairan ini memadat dan hingga membentuk partikel keras seperti potongan batu-batu kerikil.

Padahal yang kita ketahui cairan empedu ini bermanfaat dalam peresapan lemak dan sejumlah vitamin (A, D, E, K). Namun sangat disayangkan, dengan adanya kelainan batu empedu ini pastinya akan menimbulkan gangguan yang serius apabila sampai masuk ke saluran yang mengarah ke usus halus, yakni penghambatan serta infeksi pada saluran empedu.

Penghambatan ini tentunya dapat menginfeksi saluran, sebab diketahui dengan adanya bakteri yang tumbuh dan berkembang. Bakteri ini pun dapat meluas dengan melewati aliran darah, hingga bisa membuat infeksi terjadi di bagian tubuh lainnya. Ukuran batu empedu pada setiap orang bervariasi, adanya berukuran kecil menyerupai butiran pasir dan ada juga yang menyerupai bola golf.

Untuk itu perlu Anda ketahui bahwa kehadiran batu empedu tidaklah baik sebab bisa menyebabkan nyeri yang dirasa penderitanya dan pastinya juga akan ada dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Batu Empedu ini digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Batu Kolesterol

Jenis batu kolesterol merupakan jenis yang paling sering terjadi. Sebab batu kolesterol ini terbentuk dari gabungan kolesterol yang tidak bisa dicerna serta gabungan dari beberapa senyawa lainnya. Warna batu kolesterol ini terlihat kekuningan.

  • Batu Pigmen

Jenis batu pigmen ini cukup berbeda dengan batu kolesterol. Sebab, batu pigmen ini terbentuk dari bilirubin yang berlebih. Warna batu pigmen ini terlihat hitam kecoklatan.

Tanda dan Gejala Batu Empedu

Gejala batu empedu ini, sebagian besar awalnya tidak dirasakan adanya keluhan. Namun keluhan tersebut baru diketahui ketika batu telah masuk dan berada di ujung saluran empedu.

Untuk dapat mengetahui gejala yang ditimbulkan dari batu empedu, dengan Anda simak dan perhatikan baik-baik ulasan di bawah ini:

  • Nyeri perut yang amat sakit dengan menerus, atau tepatnya pada perut kanan atas, tengah dan dibawah tulang dada
  • Perut terasa kembung
  • Nyeri punggung yang menerus di sela tulang bahu
  • Nyeri pada bagian bahu kanan
  • Demam tinggi
  • Rasa mual dan muntah
  • Diare
  • Feses berwarna pucat
  • Sakit kuning, biasanya badan dan mata berwarna kuningg
  • Denyut jantung cepat
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Menurunnya selera makan

Gejala ini biasanya juga terjadi ketika Anda memakan-makanan tertentu yang mengandung lemak tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda merasakan gejala seperti di atas serta nyeri perut yang cukup hebat yang berlangsung hinga lebih dari delapan jam, untuk dapat segera memeriksakan diri Anda ke dokter agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

Dapat Anda ketahui juga bahwa batu empedu ini terjadi akibat dari beberapa faktor penyebab, seperti di bawah ini:

  1. Seseorang wanita dengan usia diatas 40 tahun. Hal ini diketahui karena hormon estrogen yang dimiliki dapat menambah kadar kolesterol dalam empedu.
  2. Obesitas
  3. Banyak memakan-makanan dengan kadar lemak tinggi, tinggi kolesterol rendah serat
  4. Faktor keturunan atau penyakit bawaan
  5. Seseorang yang menderita diabetes dan sirosis
  6. Berat badan turun drastis
  7. Kurang gerak atau melakukan aktifitas fisik
  8. Pengaruh efek obat-obatan, seperti penurun kolesterol, antibiotik ataupun obat yang mengandung estrogen

Baca juga info tentang 4 Fakta Menarik Seputar Penyakit Batu Empedu.

Itulah informasi tentang tanda dan gejala penyakit batu empedu yang dapat kami sharingkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Source : mayoclinic.org

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.