Hotline : 0811 7231 093 | Terdapat Agen Resmi di Kota Anda | Melayani COD JABODETABEK | JAM KERJA : 06:00 – 22:00 WIB

TIPS MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA JANTUNG BENGKAK

Bila sudah terkena penyakit jantung semua hal dibatasi dari porsi kerja yang tidak boleh berlebihan, hingga beberapa pantangan makanan. Penderita harus bener-bener jeli dalam hal asupan makanan sehari hari, jika tidak bisa berakibat fatal yang cukup merugikan diri sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dimakan dan makanan yang cocok untuk penderita jantung bengkak. Karena makanan yang tidak sehat bisa menjadi faktor penyebab jantung bengkak.

Makanan Bagi Pasien Jantung Bengkak

Memang jantung bengkak tidak separah penyakit gagal jantung atau serangan jantung tapi bukan berarti jantung bengkak adalah penyakit yang biasa saja. Serangan jantung bisa saja terjadi apabila pembengkakan dijantung tidak teratasi. Bahkan tidak sedikit penderita jantung bengkak harus mengikuti operasi transplantasi hingga tidak bisa tertolong.

Penderita jantung bengkak mau tidak mau harus mulai mengontrol makanannya, tidak semua makanan cocok untuk pasien jantung bengkak. Seperti jenis daging dagingan yang boleh dikonsumsi tapi dengan sarat tidak ada lemak berlebih didalamnya dan dimasak dengan cara disayur atau dipanggang yang bertujuan menghilangkan lemak jenuh didalamnya. Selain daging dagingan masih banyak makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita jantung bengkak. Artikel ini khusus membahas tentang makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi bagi anda yang mengalami jantung bengkak dan lengkap dengan tips cara mengolah makanan yang tidak boleh dimakan menjadi boleh dimakan dan aman bagi jantung bengkak.

Inilah beberapa makanan sehat untuk anda penderita jantung bengkak.

  1. Makanan yang mengandung asam folat, asam folat sangat mudah anda jumpai seperti pada  sari jeruk, brokoli yang masih segar, kacang kacangan seperti kacang merah dan juga bayam yang tidak terlalu matang saat dimasak. Asam folat mampu meredakan berbagai jenis penyakit jantung termasuk jantung bengkak
  2. Buah apel dan buah anggur, kedua buah ini mempunyai senyawa flavonoid yang bagus untuk jantung bengkak. Selain apel dan anggur flavonoid juga ada terkandung diberbagai jenis bawang dan teh.
  3. Ikan yang mengadung banyak omega 3 seperti ikan tuna, sarden dan ikan makarel, tapi dengan sarat tidak dimasak dengan minyak goreng berlebih.
  4. Cemilan yang bagus untuk para penderita jantung bengkak disela sela waktu luang seperti jenis kacang almond dan kacang tanah. Usahakan direbus kalaupun ingin digoreng juga boleh tapi dengan minyak dengan kadar kolestrol rendah. Kedua jenis kacang ini dipercaya mampu mengurangi pembengkakan jantung.
  5. Mengonsumsi tomat setiap hari minimal 3 buah dalam sehari sangat membantu dalam memberikan asupan vitamin C yang cukup tinggi dan mampu meminimalisir inflamasi dalam jantung.
  6. Makanan dengan kandungan vitamin B6 dan Vitamin E. Kedua vitamin ini mampu menjadi antiinflamasi bagi jantung yang membengkak. Vitamin B6 dan vitamin E banyak tersedia dari makanan yang umum kita temui seperti bauh pisang dan buah alpukat, makanan pokok seperti beras merah dan gandum serta daging ayam dengan sedikit kolestrol.

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi seperti diatas tentu harus dibarengi dengan mengatur kadar lemak dan karbohidrat dalam jumlah total kalori. Tidak boleh melebihi batas atau kurang dari kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang pas kegiatan fisik juga diperlukan dalam membuat jantung kembali ke kedaan normal.

Usahakan Anda melakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu tapi tidak usah melakukan olahraga yang terlalu berat. Cukup dengan berjalan kaki selama 1 jam, bersepeda ataupun jogging. Gerakan-gerakan kecil akan membuat jantung berusaha menstabilkan  kembali detak jantungnya secara berkala. Dan yang pasti semua itu tidak akan berhasil apabila Anda masih mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Mulailah untuk beralih ke makanan sehat bagi penderita jantung bengkak yang kami sarankan diatas.

You may also like...

16 Responses

  1. yunie says:

    Terimakash infonya

  2. halim says:

    Terima kasih infonya

  3. Anonymous says:

    Sangat bermanfaat

  4. wati says:

    terima kasih…bermanfaat skl 🙂

  5. surti priska says:

    Trimakasih inpo nya

  6. gombloh says:

    Trimakasih infonya.

  7. febriadi says:

    Terima kasih atas infonya smoga penyakitku lekas sembuh. Amin

  8. Anonymous says:

    Trims atas ilmu nya mudah2an bermamfaat N sembuh total lg. . . ami n

  9. Rahmad amin says:

    TErimakaSih

  10. Anonymous says:

    Terima kasih atas ilmunya

  11. Anonymous says:

    Terima kasih admin ?

  12. Anonymous says:

    makasihhhhh banyKkk yahh

  13. Anonymous says:

    Terima kasiiih…untuk situs ini.

  14. eva says:

    apabila ada penyakit lain seperti asam urat apakah tidak mengapa mengkonsumsi sirup amazon plus dan apakah ada agenya didaerah kalimantan.syukron

Leave a Reply

Your email address will not be published.